ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO BENGKEL JHON GARAGE & SPAREPART

Penulis

  • Harry Novenlie Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Website, Content Management System (CMS), E-commerce, Business Model Canvas, Fishbone Diagram

Abstrak

Internet merupakan suatu sarana informasi dan komunikasi yang cepat dan akurat. Hal ini membuat banyak pihak memanfaatkan media internet untuk berbagai macam kepentingan salah satunya kepentingan bisnis. Internet juga dapat digunakan sebagai media jual beli dan informasi yang disebut E-Commerce. Kehadiran E-Commerce menjadi media transaksi baru ini menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen, dan pihak penjual. Toko Bengkel Jhon Garage & Sparepart merupakan sebuah toko di bidang otomotif yang berada di Jl. Lingkungan 3 RT03/RW03 NO.44, Kel. Tegal Alur, Kec. Kalideres, Jakarta Barat 11820. Adapun beberapa masalah pada Bengkel Jhon Garage & Sparepart yaitu pelanggan kesulitan mengetahui informasi produk karena belum memiliki media untuk mengetahui informasi produk, potensi mendapatkan pelanggan baru berkurang, karena belum memiliki media promosi, pemilik mengalami kesulitan dalam melihat ketersediaan stok barang, dan melakukan pembukuan penjualan karena belum memiliki media rekapitulasi pembukuan penjualan dan stok barang. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa model pengembangan bisnis. Fishbone Diagram untuk menganalisa masalah pada sistem berjalan, Diagram UML untuk perancangan sistem informasi, dan Content Management System (CMS) Wordpress serta plugin Woocommerce untuk implementasi website E-Commerce. Hasil dari penelitian ini berupa website E-Commerce yang dapat memperluas jangkauan pemasaran serta membantu proses bisnis pada Toko Bengkel Jhon Garage & Sparepart.

Referensi

Aseprudin, M., & Gata, G. (2020). Penggunaan content management system wordpress pada toko Redsoul untuk penerapan aplikasi e-commerce. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 3(1), 322-327.

Bias, Z., Gata, G., dan Yuliazmi. (2021). Penjualan Daring (Online) Menggunakan E-Commerce Pada ROB’STaRS. Indonesia Journal Information System (IDEiALIS), 4 (1), pp 63-72.

Dharmawan, R., & Gata, G. (2020). Penerapan Aplikasi Penjualan Online (E-Commerce) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Jaksquare. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 3(1), 132-138.

Wulandari, E., & Gata, G. (2020). Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande. IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System, 3(1), 545–551. https://doi.org/10.36080/idealis.v3i1.1717

Hakim, H. L. (2019). Analisa Dan Rancangan E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Umi Collection. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 2(2), 63-71.

Coccia, M. (2018). The Fishbone Diagram to Identify, Systematize and Analyze the Sources of General Purpose Technologies. Journal of Social and Administrative Sciences, 4(4), 291–303.https://ssrn.com/abstract=3100011Electroniccopyavailableat:https://ssrn.com/abstract=3100011Electroniccopyavailableat:https://ssrn.com/abstract=3100011

Halilintar, R. B., & Ariyus, D. (2018). Implementasi Seo (Search Engine Optimization) Pada Website Agc (Auto Generated Content) Untuk Meningkatkan Serp (Search Engine Result Page) Studi Kasus: Website Gallery. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 6(1), 1-3.

Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technoiloigy Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 22-37.

Putra, A. V. P., & Kurniawati, D. A. (2019). Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine Pada Bag Transfer System Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (Ftal), Failure Mode And Effect Analysis (Fmeal), Dan Fishbone Analysis. CIEHIS Prosiding, 1(1), 125-132.

Sutrisno, J. (2019). Implementasi E-commerce Dengan Content Management System (CMS) Untuk Meningkatkan Penjualan Distro Rotasi Store. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 2(6), 358-362.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Novenlie, H., & Novita, I. (2023). ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO BENGKEL JHON GARAGE & SPAREPART. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1603–1612. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1012

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>