Implementasi Algortma Kriptografi Advanced Encryption Standard Dengan Counter Mode Pada RC Cafe

Penulis

  • Muchammad Agung Saputra mahasiswa
  • Pipin Farida Ariyani

Kata Kunci:

Kriptografi, keamanan, Keamanan Data, advance encryption standar (AES)

Abstrak

Saat mengirimkan data atau informasi sensitif melalui internet, keamanan harus selalu menjadi prioritas utama. Dalam industri jasa makanan, RC Cafe adalah usaha mikro, kecil, atau menengah (UMKM) yang membantu banyak tenant dan food court bekerja sama untuk menjual produk mereka. Karena RC Cafe menggunakan mesin kasir terpusat dan membagi pendapatan mereka di antara staf, bisnis ini harus menjamin keamanan dan keandalan semua transaksi keuangan dan informasi rekan kerja mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan teknologi yang mencegah kejahatan dunia maya, yang biasa dikenal pencurian, peretasan, dan eksploitasi informasi keuangan yang sifatnya sensitif, terjadi pada pemilik RC Cafe. Berbagai metode ataupun algoritme telah banyak digunakan, untuk kali ini penulis menggunakan teknik kriptografi dengan algoritme Advanced Encryption Standard-Counter (AES-CTR). Sudah banyak dikenal algoritme AES ini tapi masih sedikit yang membahas ataupun menggunakan mode mode yang ada pada AES ini. Dari 5 mode yang ada pada AES ini penulis memilih menggunakan mode counter karena bentuk enkripsinya yang unik, berlapis, dan juga sangat terjamin keamanannya Dipilihnya metode ini juga karena tujuannya adalah agar pemilik café ataupun pengguna aplikasi ini dapat dengan cepat dan efisien mengenkripsi dan mendekripsi data keuangan ataupun arsip file lain yang penting untuk RC Café. Dan juga tampilan untuk user interfacenya dibuat agar memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang penulis rancang dan buat

Referensi

H. Irsyad, A. Taqwiym, and N. Wijaya, “Implementasi Algoritma Rivest Code 4 (Rc4) Untuk Penyandian Sms Pada Telepon Selular,” Kurawal - J. Teknol. Inf. dan Ind., vol. 5, no. 1, pp. 16–30, 2022.

W. K. Lee, H. J. Seo, S. C. Seo, and S. O. Hwang, “Efficient Implementation of AES-CTR and AES-ECB on GPUs With Applications for High-Speed FrodoKEM and Exhaustive Key Search,” IEEE Trans. Circuits Syst. II Express Briefs, vol. 69, no. 6, 2022.

S. Setti, I. Gunawan, B. E. Damanik, S. Sumarno, and I. O. Kirana, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard dalam Pengamanan Data Penjualan Ramayana Department Store,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 1, p. 182, 2020.

S. J. H. Pirzada, A. Murtaza, T. Xu, and L. Jianwei, “Initialization Vector Generation for AES-CTR Algorithm to Increase Cipher-text Randomness,” in 2019 2nd International Conference on Information Systems and Computer Aided Education, ICISCAE 2019, 2019.

Y. Kim and S. C. Seo, “Efficient Implementation of AES and CTR_DRBG on 8-Bit AVR-Based Sensor Nodes,” IEEE Access, vol. 9, 2021.

K. E. Y. Sha-, “Enkripsi File Dalam Zip Dengan Aes Ctr Menggunakan Derivation Key Sha-256,” no. January 2020, 2019.

U. P. Indonesia, T. Informatika, and I. Email, “PENGAMANAN DATA AKTA DENGAN METODE AES BERBASIS CLOUD COMPUTING Kahfi Fadhlil Khaliq,” J. Teknol. Dan Ilmu Komput. …, vol. 4, no. April, pp. 2019–2022, 2021.

K. Kim, S. Choi, H. Kwon, H. Kim, Z. Liu, and H. Seo, “PAGE-Practical AES-GCM encryption for low-end microcontrollers,” Appl. Sci., vol. 10, no. 9, 2020.

R. Saidi, T. Bentahar, N. Cherrid, A. Bentahar, and H. Mayache, “Evaluation and analysis of interferograms from an insar radar encrypted by an AES-based cryptosystem with the five encryption modes,” Int. J. Electr. Eng. Informatics, vol. 12, no. 4, 2020.

K. Kim, S. Choi, H. Kwon, Z. Liu, and H. Seo, “FACE–LIGHT: Fast AES–CTR Mode Encryption for Low-End Microcontrollers,” in Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 2020, vol. 11975 LNCS.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Agung Saputra, M., & Farida Ariyani, P. (2023). Implementasi Algortma Kriptografi Advanced Encryption Standard Dengan Counter Mode Pada RC Cafe. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 314–323. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1023