IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128) UNTUK PENGAMANAN FILE DALAM LINGKUNGAN KERJA INDUSTRI

Penulis

  • kevin roy Universitas Budi Luhur
  • pipin farida ariyani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Algoritma Kriptografi, advance encryption standar (AES-128)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) dalam bahasa pemrograman HTML dan PHP sebagai sistem keamanan web. Sistem ini ditujukan untuk melindungi data sensitif seperti gaji karyawan dan data Key Performance Indicator di PT. MSP Advertising. Data sensitif tersebut sering kali tersimpan tanpa perlindungan memadai, meningkatkan risiko serangan siber di lingkungan administrasi perusahaan. Metode yang digunakan adalah AES-128, sebuah metode enkripsi yang kuat dan teruji Enkripsi dan dekripsi data dilakukan menggunakan kunci yang dihasilkan oleh sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem keamanan web yang dikembangkan mampu melindungi data sensitif dengan efektif, termasuk data gaji dan data KPI. Performa sistem juga terbukti baik dalam hal kecepatan proses enkripsi dan dekripsi data.Dengan demikian, implementasi AES dalam bahasa pemrograman HTML dan PHP berhasil menciptakan sistem keamanan web yang efektif dalam mengamankan data sensitif di PT. MSP Advertising. Langkah ini akan membantu mengurangi risiko serangan cyber dan melindungi integritas data perusahaan.

Referensi

W. Pramusinto, N. Wizaksono and A. Saputro, "Aplikasi Pengamanan File Dengan Metode Kriptografi AES 192, RC4 Dan Metode Kompresi Huffman," JURNAL BIT, vol. 16, no. 2, pp. 47-53, 2019.

I. Gunawan, "Peningkatan Pengamanan Data File Menggunakan Algoritma Kriptografi AES Dari Serangan Brute Force," TECHSI, vol. 13, no. 1, pp. 14-25, 2021.

H. S. Djong and S. Siswanto, "Implementasi Kriptografi Dengan Menggunakan Metode RC4 dan AES-256 Untuk Mengamankan File Dokumen pada PT Varnion Technology Semesta," SENAFTI, vol. 1, no. 1, pp. 149-158, 2022.

M. Syahril and H. Jaya, "Aplikasi Steganografi Pengamanan Data Nasabah di Standard Chartered Bank Menggunakan Metode Least Significant Bit dan RC4," SENSASI, vol. 1, no. 1, pp. 505-509, 2019.

M. Azhari, D. I. Mulyana, F. J. Perwitosari and F. Ali, "Implementasi Pengamanan Data Pada Dokumen Menggunakan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES)," Pendidikan Sains dan Komputer, pp. 163-171, 2022.

D. Hulu, B. Nadaek and S. Aripin, "Implementasi Algoritme AES (Advanced Encryption Standard) Untuk Keaman file Hasil Radiologi di RSU Imelda Medan," KOMIK, vol. 4, no. 1, pp. 78-86, 2020.

L. A. Indrayani and I. M. Suartana, "Implementasi Kriptografi dengan Modifikasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) untuk Pengamanan File Document," JINACS, vol. 1, no. 01, pp. 42-47, 2019.

A. Prameshwari and P. N. Sastra, "Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen," Eksplora Informatika, p. 52, 2018.

D. R. Saragi, J. M. Gultom, J. A. Tampubolon and I. Gunawan, "Pengamanan Data File Teks (Word) Menggunakan Algoritma RC4," JSON, vol. 1, no. 2, p. 114, 2020.

F. Muharram, H. Aziz and A. R. Manga, "Analisis Algoritma Pada Proses Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Advanced Encryption Standard (AES)," Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, pp. 1-4, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

roy, kevin, & ariyani, pipin farida. (2023). IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128) UNTUK PENGAMANAN FILE DALAM LINGKUNGAN KERJA INDUSTRI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 350–359. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1047

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>