MENGEMBANGKAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT E-CRM DENGAN FRAMEWORK OF DYNAMIC CRM PADA INTI JAYA MART

Penulis

  • Randa Ferdyansah Universitas Budi Luhur
  • hendri irawan Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Perancangan E-CRM, PHP, MySQL

Abstrak

Setiap perusahaan didirikan dengan tujuan mendapatkan keuntungan jangka panjang, maka dari itu diperlukan loyalitas pelanggan yang tinggi terhadap perusahaan, agar transaksi terus berlangsung. Salah satu upaya perusahaan untuk dapat menjaga loyalitas pelanggan adalah dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM). CRM merupakan strategi bisnis yang komperhensif memadukan proses, manusia dan teknologi dalam upaya mendapatkan pelanggan baru hingga mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Toko Inti Jaya mart adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan makanan hewan, aksesoris hewan, dan juga obat-obatan. Perusahaan ini berdomisili di Ciputat, Tanggerang Selatan. Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan ini masih memiliki beberapa permasalahan yang diantaranya adalah sulit mengidentifikasi pelanggan mana yang sering bertransaksi, belum memiliki sarana untuk menampung keluhan dan testimoni dari pelanggan, serta sulit mendapatkan pelanggan baru. Analisis permasalahan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi, serta pemodelan Unified Modeling Language (UML) sebagai bahasa visualisasi. Hasilnya, telah dikembangankan sebuah sistem e-CRM berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya, serta penggunaan metode framework of Dynamic CRM sebagai panduan tahapan penerapannya. Fitur utama yang dikembangkan untuk memberikan solusi permasalahan yaitu fitur top pelanggan yang sering melakukan transaksi,  fitur keluhan pelanggan dan testimoni produk pada transaksi, serta halaman utama dan laman produk yang memiliki wadah untuk melakukan promosi sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan serta mendapatkan pelanggan baru.

Referensi

R. Wahyuni and H. Irawan, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Terhadap Pelanggan Studi pada Bengkel Yamaha Inti Mas Motor,” IDEALIS, vol. 1, no. 1, pp. 489–496, 2018, [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1051%0Ahttps://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/download/1051/276

K. Banarto, Rahasia Sukses Bisnis Modern. Deepublish, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=zB91EAAAQBAJ

D. K. Sawlani, I. Gautama, A.Furinto, and M.Hamsal, competitive advantage: e-CRM, project innovation, project organizational culture, dynamic capabilities. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=QIdAEAAAQBAJ

J. Hutahean, “Penjualan Menggunakan Metode Customer Relationship Management (CRM),” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 98–104, 2018.

S. Erniwati and Zaeniah, “Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management ( E-CRM ) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital SMAN 1 Sakra,” IDEALIS, vol. 10, no. 1, pp. 70–78, 2020.

A. Sutikno, “Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pt Metagra Menggunakan Metode Waterfall,” J. Publ. Ilmu Komput. dan Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 100–110, 2022, doi: 10.55606/jupikom.v1i2.326.

D. Sukrianto and A. Gunawan, “Implementasi Sistem Informasi Penjualan pada Pet Shop Mulya PS,” J. Intra Tech, vol. 6, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/108

I. S. Tiyani and H. Irawan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Guna Meningkatkan Pelayanan Serta Loyalitas Pelanggan Studi Kasus: PT Djaya Bersama Putra Prima,” J. Idealis, vol. 2, no. 4, pp. 118–124, 2019, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1337/641

I. M. Lina, “Rancangan Aplikasi Penitipan Hewan Berorientasi Objek pada Juanda Petshop and Clinic Depok,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 2, no. 3, p. 265, 2018, doi: 10.30998/string.v2i3.2435.

N. Muslihah, I. Fahmi, A. R. Maulidiana, and I. Y. Habibie, Prinsip dan Aplikasi Metodologi Penelitian Gizi. Universitas Brawijaya Press, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=xqFgEAAAQBAJ

A. Ariesta, S. Samsinar, and Y. Santoso, “Desain E-CRM Dengan Rapid Application Development Pada Urip Jaya Bird Untuk Meningkatkan Penjualan,” Pros. Semin., vol. 2, no. April, pp. 650–658, 2023, [Online]. Available: http://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/508%0Ahttp://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/download/508/318

A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 11, no. 1, pp. 102–111, 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677.

R. F. Ahmad and N. Hasti, “Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web,” J. Teknol. dan Inf., vol. 8, no. 1, pp. 67–72, 2018, doi: 10.34010/jati.v8i1.911.

N. A. Maiyendra, “Perancangan Sistem Informasi Promosi Tour Wisata Dan Pemesanan Paket Tour Wisata Daerah Kerinci Jambi Pada Cv. Rinai Berbasis Open Source,” Jursima, vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.47024/js.v7i1.164.

S. Mulyani, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML).” Bandung: Abdi Sistematika 2018, pp. 1–11, 2018.

M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, p. 70 halaman, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/240

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Ferdyansah, R., & irawan, hendri. (2023). MENGEMBANGKAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT E-CRM DENGAN FRAMEWORK OF DYNAMIC CRM PADA INTI JAYA MART. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1659–1667. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1059

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama