Penerapan Metode Finite State Machine Untuk Pergerakan Musuh Pada Permainan Platformer "Awas Ada Covid"

Penulis

  • Mahlil Alwi Wijaya Universitas Budi Luhur
  • Alexander JP Sibarani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

COVID-19, 2D platformer, kampanye, pola hidup sehat, GDLC, Finite State Machine, ISO 9126

Abstrak

Pada akhir tahun 2019 ditemukan wabah baru yang bernama Covid-19. Virus Covid-19 ini menyebar sangat cepat dan mematikan, Berbagai pihak berupaya untuk mengkampanyekan pola hidup bersih untuk mengurangi persebaran virus Covid-19. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat adalah game edukasi. Industri game di Indonesia saat ini sangat menjanjikan dimana jumlah pengguna game di Indonesia tiap tahunnya menunjukkan tren kenaikan. Berdasarkan masalah yang melatar belakangi penelitian ini, dikembangkan sebuah game edukasi sebagai media kampanye pola hidup sehat bergenre 2D platformer sehingga masyarakat dapat lebih peduli terhadap penerapan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap COVID-19. Game edukasi kampanye pola hidup sehat ini dikembangkan menggunakan game engine Unity3D dengan metode pengembangan Game Development Life Cycle (GLDC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Initation, Pre-Production, Production, Testing, Beta, Release. Agar tantangan dalam permainan lebih menarik dibutuhkan sebuah karakter musuh yang memiliki perilaku dan dapat berinteraksi dengan sesuai dengan apa yang dilakukan pemain, maka dibuat karakter musuh berupa COVID yang menggunakan algoritma Finite State Machine (FSM) yang terdiri dari dua state yaitu state Idle (diam) dan state follow (mengejar pemain). Berdasarkan hasil pengujian kuesioner dengan menggunakan ISO 9126 sebagai tolak ukur yang melibatkan sebanyak 32 responden mendapatkan nilai pada poin usability sebesar 86,7% atau (sangat baik), dan poin functionality sebesar 86,2% atau (sangat baik). Perbedaan yang terdapat pada penelitian sebelumnya banyak yang menggunakan algoritma FSM dengan mengangkat tema edukasi sedangkan pada penelitian ini mengangkat isu sosial yang ada yaitu pandemi covid.

Referensi

S. Al-fatih and F. I. Aulia, “The State ’ s Responsibility in the Case of COVID-19 As a Realization of the Protection of Human Rights,” J. HAM, vol. 12, no. 3, pp. 349–366, 2021.

A. Bahtiar, R. R. Muhima, and A. Rachman, “Penerapan Model Spiral Pada Rancang Bangun Game Platformer,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. VII - , pp. 601–606, 2019.

A. Maulana, R. Firmansyah, P. Studi, S. Informasi, U. Adhirajasa, and R. Sanjaya, “Pembangunan Game Petualangan Platformer Ivira,” vol. 2, no. 2, pp. 164–172, 2021.

D. S. Hormansyah, A. R. T. H. Ririd, and D. T. Pribadi, “Implementasi Fsm (Finite State Machine) Pada Game Perjuangan Pangeran Diponegoro,” J. Inform. Polinema, vol. 4, no. 4, p. 290, doi: 10.33795/jip.v4i4.222, 2018.

E. Yulsilviana and H. Ekawati, “Penerapan Metode Finite State Machine (Fsm) Pada Game Agent Legenda Anak Borneo,” Sebatik, vol. 23, no. 1, pp. 116–123, doi: 10.46984/sebatik.v23i1.453, 2019.

S. Nasution, A. H. Nasution, and A. L. Hakim, “Pembuatan Plugin Tile-Based Game Pada Unity 3D,” It J. Res. Dev., vol. 4, no. 1, pp. 46–60, doi: 10.25299/itjrd.2019.vol4(1).3517 , 2019.

M. Khaerudin, D. B. Srisulistiowati, and J. Warta, “Game Edukasi Dengan Menggunakan Unity 3D Untuk Menunjang Proses Pembelajaran,” JSI (Jurnal Sist. Informasi) Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 263–272, 2021.

M. Mustofa, J. L. Putra, and C. Kesuma, “Penerapan Game Development Life Cycle Untuk Video Game Dengan Model Role Playing Game,” Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 27–34, doi: 10.31294/coscience.v1i1.158, 2021.

“Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle ( GDLC ) Berbasis Android,” vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2022.

R. A. Krisdiawan, M. F. Rohmana, and A. Permana, “Pembuatan Game Runaway From Culik Dengan Algoritma Fuzzy Mamdani,” Buffer Inform., vol. 6, no. 1, pp. 33–40, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Wijaya, M. A., & Sibarani, A. J. (2022). Penerapan Metode Finite State Machine Untuk Pergerakan Musuh Pada Permainan Platformer "Awas Ada Covid". Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 839–846. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/107