MODEL APLIKASI PENYEWAAN DAN PENJUALAN ALAT OUTDOOR BERBASIS WEB

Penulis

  • Saefuddin Saefuddin STMIK Banjarbaru
  • Siti Aulia STMIK Banjarbaru
  • Wahyudi Ariannor STMIK Banjarbaru

Kata Kunci:

Transaksi online, Manajemen stok, Pencarian produk, Industri penyewaan, Aplikasi berbasis web

Abstrak

Aplikasi berbasis web telah menjadi alat penting dalam dunia bisnis, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses ke informasi dan layanan secara fleksibel melalui berbagai perangkat terhubung internet. Industri penyewaan dan penjualan alat outdoor berkembang pesat, dan aplikasi berbasis web dapat membantu perusahaan mengelola inventaris, pesanan, dan pelanggan lebih baik. Penelitian ini berfokus pada masalah dalam proses transaksi dan pendataan di toko atau penyewaan alat fisik. Dalam penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa banyak pelanggan menghadapi kesulitan dalam proses sewa alat camping karena kurangnya informasi tentang ketersediaan alat. Beberapa penelitian serupa telah merancang sistem penyewaan alat outdoor yang membantu pelanggan melakukan pencarian, memudahkan petugas dalam pembuatan laporan, serta memfasilitasi pemesanan dan transaksi online. Metode waterfall dan Prototyping digunakan dalam tahapan perancangan, analisis kebutuhan sistem, dan pengujian fungsionalitas. Antarmuka pengguna yang dikembangkan memungkinkan pencarian produk, pemesanan, manajemen stok, dan pengelolaan transaksi. Pengujian sistem dengan metode blackbox menunjukkan bahwa semua fitur berfungsi sesuai rencana. Dalam kondisi simulasi, sistem berhasil diimplementasikan dan mampu mengatasi permasalahan pendataan dan transaksi yang ditemukan di toko fisik. Kesimpulannya, aplikasi penyewaan dan penjualan alat outdoor berbasis web berhasil dirancang untuk memperbaiki efisiensi dan layanan. Rekomendasi pengembangan di masa depan termasuk integrasi pembayaran digital dan pengembangan versi mobile. Penelitian ini menyumbangkan pandangan tentang penerapan sistem informasi daring dalam industri penyewaan dan penjualan, dengan potensi pengembangan lebih lanjut.

Referensi

S. A. P. Said, B. Priyambadha dan F. Amalia, “Pembangunan Sistem Aplikasi Penyewaan pada DO-RENT berbasis Web (Studi Kasus: DO-RENT Malang),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, pp. 8098-8103, 2019.

F. A. Artanto dan N. M. Dwi, “Sistem Informasi Penyewaan Alat Camping pada Dahlia Adventure Kota Pekalongan Berbasis Android,” SATESI (Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 1-5, 2023.

N. P. Akra dan S. Syukhri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan Alat Camping,” Jurnal Voteteknika, vol. 11, no. 1, pp. 48-57, 2023.

S. Rukiastiandari, H. Sulaiman dan M. A. Ghani, “Perancangan Sistem Informasi Rental Alat Gunung Adventure Clotingdi Mangun Jaya,” Jurnal Infortech, vol. 3, no. 1, pp. 94-99, 2021.

F. Ramadhan, S. Saputra dan A. Fitriansyah, “Sistem Penyewaan Alat-Alat Selam Berbasis Website Pada Fisheries Diving Club Universitas Hasanuddin,” JRAMI (Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika), vol. 01, no. 02, pp. 245-252, 2020.

A. Nugroho, R. Rachmatullah dan T. H. T. Artadi, “Aplikasi Penyewaan Alat Outdoor Pada Camel Adventure Surakarta Berbasis Android,” Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, vol. 25, no. 2, pp. 71-81, 2019.

Z. Furqon dan J. Pramono, Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Otomotif. Kompetensi Keahlian Teknik Bodi Otomotif, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2019.

H. Herlina, A. D. P. Rusman, M. Marlina dan U. Suwardoyo, Penerapan Sistem Informasi Berbasis IT Pengolahan Data Rekam Medis untuk Peningkatan Pelayanan di Rumah Sakit, Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2022.

R. Destriana, S. M. Husain, N. Handayani dan A. T. P. Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase "Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah", Yogyakarta: Deepublish, 2021.

R. Parlika, T. A. Nisaa’, S. M. Ningrum dan B. A. Haque, “Studi Literatur Kekurangan dan Kelebihan Pengujian Black Box,” TEKNOMATIKA, vol. 10, no. 02, pp. 131-140, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Saefuddin, S., Aulia, S., & Ariannor, W. (2023). MODEL APLIKASI PENYEWAAN DAN PENJUALAN ALAT OUTDOOR BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1668–1677. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1070