APLIKASI E-VOTING PEMILIHAN KEPALA DESA BERBASIS WEBSITE

Penulis

  • Ruliah Ruliah STMIK Banjarbaru
  • Erwin Arry Kusuma STMIK BANJARBARU
  • Mina Mina STMIK Banjarbaru

Kata Kunci:

Pemilihan Kepala Desa, Calon Kepala Desa, Aplikasi E-Voting, Berbasis Website

Abstrak

Pemilihan kepala desa merupakan salah satu proses demokratisasi yang penting dalam tata kelola pemerintahan di tingkat desa. Namun, dalam konteks globalisasi dan perkembangan teknologi informasi, proses pemilihan seringkali masih menghadapi kendala terkait efisiensi, partisipasi masyarakat, serta transparansi. Dalam upaya mengatasi hambatan-hambatan tersebut, penelitian ini mengusulkan pengembangan aplikasi E-Voting berbasis website untuk pemilihan kepala desa. Dalam pengembangan aplikasi e-voting pemilihan kepala desa dengan menggunakan metode Waterfall, langkah-langkah melibatkan perencanaan, analisis persyaratan, desain antarmuka dan basis data, serta pengujian fitur, dan kinerja. dibuatlah suatu aplikasi yang akan berperan dalam mendukung proses promosi yang dilakukan oleh para calon kepala desa. Dari berbagai rangkaian pengujian yang telah dijalankan, terlihat bahwa fitur-fitur utama aplikasi, seperti calon kepala desa, registrasi pemilih, dan pelaksanaan pemilihan, beroperasi sesuai rencana. Pengujian validasi input dan tanggapan sistem terhadap masukan pengguna juga terbukti efektif dalam menghindari kesalahan dan memastikan keutuhan data. Penggunaan aplikasi ini bisa memberikan solusi dalam hal kegiatan promosi calon kepala desa, yang tidak hanya terbatas pada metode tradisional seperti pemasangan spanduk, tetapi juga diperluas ke platform website yang disediakan. Selain itu, aplikasi ini juga menghadirkan kemudahan dalam proses penilaian oleh masyarakat. Dengan cara ini, warga yang sibuk atau tidak dapat hadir dalam kegiatan fisik dapat memberikan suara mereka melalui situs web yang telah disediakan.

Referensi

M. Liantifa, “Peran Kepercayaan Memediasi Hubungan Promosi Politik Dan Citra Kandidat Terhadap Keputusan Pemilihan Kepala Desa,” BENEFITA, vol. 4, no. 2, pp. 269-281, 2019.

S. S. F. U. Feri Fariyanto, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 52-60, 2021.

K. Afifah, L. M. Kolopaking and Z. A. Barlan, “E-Voting Kepala Desa dan Media Sosial,” Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], vol. 2, no. 6, pp. 759-772, 2020.

M. Assahur, F. and T. D. Purwanto, “istem Informasi e-Voting Pemilihan Kepala Desa Berbasis SMS Gateway (Studi Kasus Desa Talang Seleman),” JUSIFO, vol. 3, no. 1, pp. 15-28, 2017.

C. S. Wahyuni and M. , “Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Di Kecamatan Gandapura Menggunakan Sms Gateway Dan E-Voting,” Jurnal TIKA, vol. 6, no. 1, pp. 16-22, 2021.

W. C.S and M. Munar, “Android, E-Voting Pemilihan Kepala Desa Berbasis,” Jurnal Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 1-7, 2020.

Z. Satrio, H. and I. , “Rancang Bangun Sistem E-Voting Pada Pemilihan Kepala Desa Bangkali Barat,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, vol. 1, no. 3, pp. 158-165, 2020.

M. Risqiwahid, “Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Berbasis Website Pada Pemilihan Kepala Lingkungan (Studi Kasus : Kelurahan Loloan Timur),” Fakultas Teknologi Dan Informatika Universitas Dinamika, Surabaya, 2022.

A. M. Fikri, D. Haryanto, E. Sudarsono and M. Y. Vebriandi, “Desain Dan Implementasi Aplikasi E-Voting Kepala Desa Tanjung Kepayang Menggunakan Framework Laravel 8,” Jurnal Digital Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 24-31, 2022.

“Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua Pondok Pesantren Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” JPIT, vol. 7, no. 2, pp. 104-108, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Ruliah, R., Arry Kusuma, E., & Mina, M. (2023). APLIKASI E-VOTING PEMILIHAN KEPALA DESA BERBASIS WEBSITE . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1678–1687. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1071