SISTEM KONTROL DAN MONITORING LISTRIK RUANGAN MENGGUNAKAN INA219 BERBASIS NODEMCU DAN WEB

Penulis

  • Mochamad Iendra Fahlevi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

NodeMCU, Lampu LED, Sensor INA219, aplikasi website

Abstrak

Sistem kontrol dan monitoring listrik ruangan menjadi hal yang penting dalam pengelolaan energi di lingkungan kerja. PT Mitra Integrasi Informatika menyadari kebutuhan tersebut dan memperkenalkan solusi inovatif dengan mengembangkan sistem kontrol dan monitoring listrik ruangan menggunakan modul sensor INA219 yang terintegrasi dengan NodeMCU dan aplikasi web. Sistem ini dirancang untuk mengukur dan memantau konsumsi daya listrik ruangan secara real- time. Modul sensor INA219 berfungsi sebagai pengukur arus dan tegangan listrik yang terhubung ke panel listrik ruangan. Data yang diperoleh dari modul sensor INA219 dikirim ke NodeMCU melalui komunikasi serial, dan NodeMCU bertugas sebagai pengontrol dan pengirim data ke aplikasi web. Aplikasi web yang dikembangkan oleh PT Mitra Integrasi Informatika memberikan antarmuka pengguna yang intuitif dan informatif untuk melihat dan mengontrol arus dan tegangan listrik ruangan. Pengguna dapat memonitor arus dan tegangan listrik yang digunakan disetiap ruangan. Selain itu, sistem ini juga menyediakan fitur kontrol yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol peralatan listrik secara jarak jauh. Pengguna dapat menyalakan atau mematikan peralatan listrik ruangan melalui aplikasi web, sehingga memungkinkan penghematan energi yang lebih efisien dan pemantauan yang lebih baik. Sistem kontrol dan monitoring listrik ruangan ini memberikan manfaat yang signifikan bagi PT Mitra Integrasi Informatika. kesimpulan dari sistem kontrol dan monitoring listrik ruangan menggunakan ina219 berbasis nodemcu dan web pada pt mitra integrasi informatika, yaitu sistem yang dibuat dengan bentuk prototype alat yang dikendalikan melalui mikrokontroler mampu menyalakan lampu listrik secara otomatis maupun manual karena berdasarkan cara kerja yang sesuai dengan hasil rancangan yang sudah ditentukan dan sensor INA219 dapat melakukan pembacaan nilai arus dan tegangan pada setiap ruangan yang lalu di tampilkan di halaman web dengan tingkat keberhasilan 100%.

Referensi

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, pp. 54–61, 2018.

Fitriandi, A., Komalasar, E., & Gusmedi, H. (2016). Rancang Bangun Alat Monitoring Arus dan Tegangan Berbasis Mikrokontroler dengan SMS Gateway. ELECTRICIAN – Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro.

Wijayanto, D. (2022). Rancang Bangun Monitoring Arus dan Tegangan Pada PLTS Sistem On Grid Berbasis Internet of Things (IoT) MenggunakanAplikasiTelegram. Jurnal Teknik Elektro.

Arnold J. Kastanja, L. H. (2022). Rancang Bangun Sistem Monitoring Arus Dan Tegangan. Jurnal Simetrik Vol 12, No. 2.

Muhammad Zaini, S. M. (2020). Perancangan Sistem Monitoring Tegangan, Arus Dan. Tesla Vol. 22 No. 2.

Muhammad Umar Abdillah, B. S. (2022). Rancang Bangun Sistem Monitoring Daya Listrik dan. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar.

Aldiansyah, Y. A. (2021). Monitoring Arus Dan Tegangan Pembangkit Listrik. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi ISSN.

Sirojul Hadi, A. S. (2022). Rancang Bangun Sistem Monitoring Penggunaan Daya. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro.

Akhiruddin, Y. F. (2023). Sistem Monitoring Arus Listrik Menggunakan. Journal of Electrical Technology, Vol. 8, No.1.

Edi Kurniawan, D. S. (2022). Perancangan Sistem Monitoring Konsumsi Daya Listrik Berbasis Android. Cyclotron : Jurnal Teknik Elektro.

Ardiansyah Rizal Tama, S. W. (2022). Monitoring Arus Listrik Dan Kontrol Circuit Breaker Untuk Arus Lebih Berbasis Internet Of Things (Iot). Jurnal Penelitian Teknik Informatika Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Fahlevi, M. I. (2023). SISTEM KONTROL DAN MONITORING LISTRIK RUANGAN MENGGUNAKAN INA219 BERBASIS NODEMCU DAN WEB . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1994–2002. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1103