IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO JALILAH COLLECTION

Penulis

  • Andi Rafsanjani Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, pakaian muslim, Content Management System, Search Engine Optimization, Strategi Mix Marketing

Abstrak

Toko Jalilah Collection merupakan sebuah jenis wirausaha yang menjual perlengkapan pakaian muslim pria maupun wanita dan pakaian sekolah mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas yang berada di daerah Kalideres Jakarta Barat. Proses Penjualan saat ini masih banyak kekurangan, karena proses penjualan masih menggunakan model jual beli secara tradisional dimana penjual menunggu orang yang datang ke toko atau bisa dikatakan toko offline. Pemilik toko saat ini mengalami kendala persaingan pasar yang sangat pesat sehingga omset tidak stabil bahkan cenderung menurun. Selain itu, Toko Jalilah Collection juga belum mampu menjangkau pangsa sektor pasar yang lebih luas, dikarenakan keterbatasan media promosi yang digunakan dan keterbatasan pengetahuan pemilik tentang sistem penjualan berbasis online. Berdasarkan kondisi diatas, maka penulis melakukan penelitian untuk menganalisa masalah dan membuat aplikasi penjualan berbasis Elekronik (E-Commerce) guna membantu pemilik usaha untuk melakukan manajemen pada sistem penjualan. Pendekatan yang dilakukan  membangun aplikasi E-Commerce berbasis Content Management System (CMS) yang disertai dengan fitur pencarian kata kunci menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) On Page dan fitur promosi produk dengan menggunakan strategi Mix Marketing. Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototype E-Commerce berupa website yang dapat membantu aktivitas Penjualan dan promosi produk yang dijual oleh Toko Jalilah Collection.

Referensi

Faisal, F., Diana, A. and Utari, D.R. (2021) ‘Implementasi Website E-commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman’, IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 5(3), pp. 121–131.

Zamroni, M.I. et al. (2022) ‘Penerapan E-commerce Berbasis Content Management System (CMS) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Fajar Collection’, Bit (Fakultas Teknol. Inf. Univ. Budi Luhur), 19(1), pp. 1–8.

Santosa, S. and Ismaya, H. (2021) ‘Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung’, Pro Mark, 11(1), p. 8.

Sukma, A.D. (2021) ‘Implementasi E-commerce Menggunakan CMS Wordpress Pada UMK Organik Hebat’, Jurnal Teknologi dan Bisnis, 3(1), pp. 98–109.

Martadinata, A.T. and Zaliman, I. (2021a) ‘Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi E-commerce Dengan Menggunakan Cms, Woocoomerce Dan Xendit’, Sigmata: Jurnal Manajemen Dan Informatika, 9(1), pp. 16–21.

Ahmad, N. et al. (2022) Analisa & Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. Penerbit Widina.

Aripin, Z. (2021) E-Business strategi, model, dan penerapannya. Deepublish.

Coyanda, J.R. (2020) ‘Model Technopreneur IT Mahasiswa Pada Masa Pandemic Covid 19 dengan Metode Business Model Canvas’, Jurnal Ilmiah Informatika Global, 11(1).

Rahman, S. (2018) Buku Sakti SEO WordPress dan Joomla. Elex Media Komputindo.

Rahman, S. (2019) Buku Pintar Web Desain dan SEO WordPress 5 PLUS. Elex Media Komputindo.

Risald, R. (2021) ‘Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall’, Journal of Information and Technology, 1(1), pp. 37–42. Available at: https://doi.org/10.32938/jitu.v1i1.1393.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Rafsanjani, A., & Hamdadi, A. U. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO JALILAH COLLECTION. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 335–345. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1136