ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI ZAHIR PADA USAHA ADE LAUNDRY

Penulis

  • Ade Irma Sapitri Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Zahir Accounting

Abstrak

Bisnis laundry merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa pencucian pakaian dengan menyediakan berbagai jenis layanan seperti : cuci setrika, cuci lipat, dan jasa setrika, adapun waktu penyelesaian pakaian terdiri dari beberapa jenis seperti : regular ( 3 hari ), express ( 1 hari ) dan kilat ( 6 jam ) masingmasing berbeda harga. Perkembangan bisnis jasa laundry pada saat ini mengalami peningkatan pesat karena jasa ini banyak di cari oleh semua kalangan masyarakat mulai dari remaja hingga lansia. Namun saat ini mayoritas usaha laundrymasih menggunakan sistem manual dengan pencatatan data transaksi penjualan menggunakan buku tulis, sehingga akan membuat penumpukan arsip laporan dan proses pencarian data yang lambat. Maka dari itu penulis akan melakukan penelitian terhadap pencatatan data transaksi penjualan dengan menggunakan sebuah aplikasi akuntansi agar mempermudah pemilik usaha dalam menjalankan kegiatan usaha. Tujuan penelitian ini untuk memudahkan pegawai dalam melakukan transaksi secara digital dengan menggunakan sistem akuntansi zahir, dan mengembangkan serta meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha laundry yang tersistem secara akurat. Metode penelitian yang digunakan Wawancara, Observasi, dan Analisa Dokumen pada Usaha Ade laundry. Hasil penelitian sistem transaksi akuntansi manual yang masih dijalankan oleh pemilik laundry kurang cepat dan tepat sehingga membutuhkan suatu sistem akuntansi, Aplikasi Zahir Accounting 5.1 membantu mempercepat proses transaksi penjualan dan pembelian dalam usaha laundry, dan Aplikasi Zahir Accounting 5.1 dapat mengurangi resiko kesalahan dalam suatu proses pengolahan data pada usaha laundry

Referensi

F. Ramadhan, S. Adella Fitri, H. Mas Zulita, H. Nadira, F. Ekonomi Dan Bisnis Islam, And U. Mahmud Yunus Batusangkar, “Penerapan Akuntansi: Tinjauan Pada Usaha Jasa Laundry.”

K. Wahyu Haryanto And M. Wahyu Supriati, “Implementasi Sistem Manajemen Dalam Pengolahan Data Laundry Study Kasus ‘Rica Utami,’” 2019.

A. Usi Laloang Et Al., “Aplikasi Pa’laundry Kota Makassar (Pa’laundry Application Makassar City),” 2022.

Zeinora And Desy Septariani, “Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Serta Kebermanfaatan Menggunakan Software Accurate, Myob, Zahir Accounting Dan Penerapannya Di Universitas Indraprasta Pgri,” Journal Of Applied Business And Economics, Vol. 6, No. 4, Pp. 341–353, 2020.

Mulatua Silalahi, Dimita Purba, And Romeyana Simanjuntak, “Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Dan Penerimaan Kas Pada Usaha Laundry Yorin Fw Medan,” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Methodist, Vol. 3, No. 2, Pp. 165–174, 2020.

Anindya Ikaning Tyas, Maria Lapriska Dian Ela Revita, And Indah Ariyati, “Sistem Informasi Pengolahan Data Akuntansi Perusahaan Menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1,” Fundamental Manajament Journal, Vol. 4, Pp. 53–66, 2019.

K. Wahyu Haryanto And M. Wahyu Supriati, “Implementasi Sistem Manajemen Dalam Pengolahan Data Laundry Study Kasus ‘Rica Utami,’” 2019.

R. L. Riantika And F. K. Rabbani, “Analisis Sistem Akuntansi Pada Operasional Penerimaan Kas Di Yayasan Xyz,” Rahmatan Lil ’Alamin Journal Of Community Services, Pp. 68–77, Dec. 2022, Doi: 10.20885/Rla.Vol2.Iss2.Art2.

A. Heryana, “Teori Dan Jenis Sistem,” 2021, Doi: 10.13140/Rg.2.2.12029.49126.

F. Ramadhan, S. Adella Fitri, H. Mas Zulita, H. Nadira, F. Ekonomi Dan Bisnis Islam, And U. Mahmud Yunus Batusangkar, “Penerapan Akuntansi: Tinjauan Pada Usaha Jasa Laundry,” 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Sapitri, A. I. (2024). ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI ZAHIR PADA USAHA ADE LAUNDRY. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 388–398. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1154