SISTEM PENYIRAMAN TANAMAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DENGAN INTEGRASI WEB SERVER UNTUK IOT

Penulis

  • Reyhan Alfianda Universitas Budiluhur
  • Joko Christian Chandra Universitas Budiluhur

Kata Kunci:

Pemantauan, Arduino UNO, NodeMCU, ESP8266

Abstrak

Memelihara tanaman adalah sebuah hobi yang cukup menjanjikan, selain dapat memberi efek asri, tanaman pun bisa di gunakan manfaatnya seperti buah-buahannya dapat digunakan juga untuk obat-obatan. Namun tanaman pun harus cepat diberikan air untuk menjaga ketahanannya jika tanah mengalami kekeringan. Sebaliknya jika tanaman disiram secara berlebihan akan menyebabkan tanaman layu hingga akar yang membusuk. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem untuk menjaga tanaman tetap seimbang tidak kelebihan air maupun tanah kering. Penelitian ini menggunakan metode research and development dalam pengembangan prototipe sistem penyiraman tanaman berbasis arduino dengan perintah dari web server. Pada saat ini telah dibuat sebuah prototipe sistem penyiraman tanaman berbasis arduino menggunakan perintah web server. Sensor pengukur kekeringan tanah pada tanah terhubung ke ArduinoUNO untuk mengirimkan sinyal ke relay yang bertujuan menyalakan dan mematikan pompa air yang nanti digunakan untuk  keperluan penyiraman. Alat tersambung ke internet karena menggunakan NodeMCU ESP8266 agar dapat diperintahkan juga melalui website. Dari hasil pengujian, perancangan dan realisasi dari sistem ini telah bekerja sesuai yang diinginkan. Hasil pengujian menunjukan bagian pengendalian relay dan monitoring tanaman dapat bekerja sesuai fungsi dan tujuan sistem dibuat berbeda dengan penelitian sebelumnya yang hanya terfokus dengan alat IoT-nya saja.

Referensi

N. A. :. M. S. H. &. S. Amelia, “Rancang Bangun Otomatisasi Penyiraman Dan Monitoring Tanaman Kangkung Berbasis Android,” Jurnal IKRA-ITH Informatika, p. 4(3):95–102, 2020.

A. W. Nabil Azzaky, “Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis Arduino Menggunakan Internet Of Things (IOT),” J-Eltrik , p. 2(2):48, 2021.

M. R. E. Aggry Saputra, “Alat Monitoring dan Pemberian Pakan Ikan Otomatis berbasis Arduino Uno R3,” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK), vol. IV, 2022.

C. A, “Rancang Bangun Sistem Kontrol Penyiram Tanaman Berdasarkan Sensor Soil Moisture Dengan Menggunakan Arduino,” Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Informatika, pp. 11(1), 7–12, 2019.

W. R. I. Maiola J, “ Sistem Kontrol dan Monitoring Kadar PH Air pada Sistem Akuaponik Berbasis NodeMCU ESP8266 Menggunakan Telegram,” Jurnal Ilmiah Komputasi, pp. 19(4), 597–604, 2020.

A. k, “Rancang Bangun Smart Garden Berbasis Internet Of Thing(IoT) dengan Bot, Telegram,” pp. 165-169, 2019.

N. N. Ghito R, “Rancang Bangun Smart Garden System Menggunakan Sensor Soil Moisture Dan Arduino Berbasis Android (Studi Kasus : Di Gerai Bibit Narnea Cikijing),” 9th Industrial Research Workshop and National Seminar, p. 166–170.

M. irsyam, “Sistem Otomasi Penyiraman Tanaman Berbasis Telegram.,” Sigma Teknika, pp. 2(1), 81., 2019.

M. Asri and R. K. &. a. I. W. J. Ariawan, “Prototipe Perawatan Tanaman Hias Aglonema Menggunakan Sensor Yl-69 Berbasis IoT,” Jurnal Electrichsan, p. 11(01):01–05. doi: 10.37195, 2022.

S. S. A. W. a. R. P. P. Dwi Sasmita, “Penerapan Iot (Internet of Thing) Smart Flower Container Pada Tanaman Hias Aglaonema Berbasis Arduino,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, p. 5, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Alfianda, R., & Joko Christian Chandra. (2024). SISTEM PENYIRAMAN TANAMAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DENGAN INTEGRASI WEB SERVER UNTUK IOT. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 135–142. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1172

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence