ANALISIS QUALITY OF EXPERIENCE JARINGAN INTERNET PADA PT SAMCO FARMA

Penulis

  • Rosalia Amanda Putri Universitas Budi Luhur
  • Iman Permana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

QoE, QoS, Internet, SPSS

Abstrak

Quality of Service (QoS) adalah kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang ideal sesuai tolak ukur yang berkaitan dengan kinerja jaringan, serta menangani delay ,jitter,throughput dan packet loss. QoS diperlukan guna menguji kumpulan kelengkapan kinerja yang ditentukan serta dikaitkan dengan layanan. Penelitian ini berfokus pada QoE (Quality of Experience). QoE (Quality of Experience) adalah tingkat kesenangan atau kepuasan pengguna terhadap suatu layanan, digunakan untuk memperoleh umpan balik dari pihak pengguna, atau diartikan sebagai evaluasi terhadap pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan teknologi komunikasi. Penelitian yang digunakan QoE adalah penelitian kuantitatif deskriptif yakni meliputi pengumpulan data kuesioner dari pengguna internet. Perangkat dan tools yang digunakan untuk menunjang penelitian tersebut yaitu berupa laptop dan software SPSS version 20. Setelah dilakukan penelitian, adapun hasil yang diperoleh dari persepsi pengguna terhadap kualitas jaringan internet dalam Mean Opinion Score yaitu skor berada pada kategori baik atau dalam kata lain memuaskan.

Referensi

AG, Gani, “Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya”,. (JSI) Jurnal Sistem Informasi, pp. 72-73, 2019.

Karim, S., He, H., Laghari, A.A. et al. “Quality of service (QoS): measurements of image formats in social cloud computing”. Multimed Tools Appl 80, 4507–4532. 2021.

Safri, Mhd, “Analisa Faktor Kualitas Layanan Wi-fi Di Universitas Abdurab Menggunakan Variabel Quality Of Experience (QoE)”. Other thesis, Universitas Islam Riau. 2021

Purwanti, Erni, “Analisis Quality of Experience (QOE) Dalam Pemanfaatan Video Conference Pada Pembelajaran Dalam Jaringan”, Universitas Mercu Buana Jakarta. 2022

A. Anhar and S. M. Putri. “QoE Analysis of Open Access Network at the University of Riau”, IJEEPSE, vol. 6, no. 3, pp. 183-188, 2023.

Amin, Mukhllis. “Pengukuran Quality of Experiences (QoE) Layanan Telekomunikasi Bergerak di Sulawesi Selatan”. SNKI. 2019

Putri, R. R. Q. Y., Ery Safrianti, Salpiana, Jesica Amanda Putri, Sucahyo Grianto, & Aji Noor Hakim, “Analisa Pengukuran Parameter Quality of Service dan Quality of Experience pada Layanan HbbTV”. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 22(2), 122–133, 2023.

Maidiana, “Penelitian Survey”, ALACRITY: Journal Of Education, pp. 21-22, 2021.

Ostaszewska, A., Żebrowska-Łucyk, “The Method of Increasing the Accuracy of Mean Opinion Score Estimation in Subjective Quality Evaluation” Lecture Notes in Electrical Engineering, vol 75, 2010.

NM Janna, H Herianto, “Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS”. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Amanda Putri, R., & Permana, I. (2024). ANALISIS QUALITY OF EXPERIENCE JARINGAN INTERNET PADA PT SAMCO FARMA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 451–460. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1182