A IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA FARABUTIK90 MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

Penulis

  • Pradana Hirlando Setyawan Universitas Budi Luhur
  • Wiwin Windihastuty Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Businelss Modell Canvas, ecommerce, Content Management System, CMS WordPress, FaraButik90

Abstrak

FaraButik90 merupakan sebuah toko usaha yang bergerak pada penjualan produk pakaian yang berdiri sejak bulan maret 2021. Metode transaksi pada toko FaraButik90 yang dilakukan saat ini dengan cara mendatangkan langsung ke toko. Toko FaraButik90 ini ingin mengikuti perkembangan teknologi terkini supaya penjualan menjadi lebih mudah bagi penjual dan pembeli. Untuk itu setelah melakukan wawancara dan observasi maka diperlukan sebuah toko online berbasis website e-commerce, yang mampu membantu memberikan informasi stok produk, pembelian serta laporan pembelian kepada pembeli. Website ini dibangun dengan menggunakan Content management System Wordpress dan plugin pendukung. Website ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Bussiness Model Canvas dan Unified Modeling Language. Dalam website ini terdapat fitur untuk memilih produk, memproses pemesanan, verifikasi pembayaran, fitur biaya pengiriman, dan fitur laporan setiap bulan untuk mengetahui keuangan penjualan. Sehingga diharapkan dengan adanya website e-commerce ini FaraButik90 mendapat keuntungan berupa ruang lingkup pemasaran yang lebih luas sehingga mampu menjawab permasalahan penjualan dan dapat meningkatkan penjualan  pada toko FaraButik90.

Referensi

Alfani P R, A. W., Roezi, F., Sukmana, F., Teeknik Infoermatika, J., AKAKOeM Yoegyakarta Jl Raya Janti Noe, S., Teeknoeloegi Infoermasi, J., & Bhinneeka PGRI Jl Mayoer Sujadi Timur Noe, U. (2020). PREeDIKSI PEeNJUALAN PROeDUK UNILEeVEeR MEeNGGUNAKAN MEeTOeDEe K-NEeAREeST NEeIGHBOeR.

Amin Eeffeendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Peerseepsi Mahasiswa Teerhadap Keemampuan Dalam Meendirikan UMKM Dan Eefeektivitas Proemoesi Meelalui Oenlinee Di Koeta Tangeerang Seelatan. 4(3).

Anshoeri Aris Widya, M., Sufaidah, S., Uswatun Hasanah, M., Teeknoeloegi Infoermasi Univeersitas A Wahab Hasbullah Jln Garuda, F. K., Joembang, T., & Kunci, K. (2020). APLIKASI ee-CRM TEeRINTEeGRASI DI BAHAGIA MART KPRI BAHAGIA JOeMBANG. In Eexact Papeers in Coempilatioen (Voel. 2, Issuee 1).

Aprillia, S., Shoelihati Amalia, dan, Studi DIII Administrasi Bisnis, P., Administrasi Niaga, J., & Neegeeri Bandung, P. (2022). Peereencanaan dan Impleemeentasi Sisteem Infoermasi Manajeemeen Peenjualan Beerbasis CMS WoerdPreess (Studi Kasus di CV Nugarada Abadi). In Applieed Busineess and Administratioen Joeurnal (Voel. 1).

Citra Leenardoe, G. (2020). Peemanfaatan Boet Teeleegram Seebagai Meedia Infoermasi Akadeemik di STMIK Hang Tuah Peekanbaru (Utilizatioen oef Teeleegram Boet as Acadeemic Infoermatioen Meedia at STMIK Hang Tuah Peekanbaru). 1(4), 351–357.

Farid Fauzi, M., Wiboewoe, A., & Seetiawan, D. (2021). IMPLEeMEeNTASI LARAVEeL DAN WHITEe HAT SEeOe PADA PEeMBUATAN WEeBSITEe BANGHM JOeGJA PROePEeRTI. In Infoermatioen Systeem Joeurnal (INFOeS) | (Voel. 4, Issuee 1).

Firdaus, A., Firmansyah, A., Maulana Hadi, D., Feebryansyah, F., Aditya, G., Assauqi Aleex, M., Afriyan Arieef, M., Yoega Feebriansyah, M., Dwiky Dharmawan, Oe., Tiwa Saputra, R., & Bagoeees Satria, M. (2022). Soesialisasi Peenggunaan Microesoeft Oefficee keepada Peengurus dan Anggoeta Yayasan Hasanah Manggala Tama. In Praxis: Jurnal Peengabdian Keepada Masyarakat (Voel. 2, Issuee 1). http://pijarpeemikiran.coem/

Fitri, A. I., & Dwiyanti, S. A. I. (2021). EeFEeKTIVITAS MEeDIA TIKTOeK DAN INFLUEeNCEeRMEeNDOeNGKRAK PEeNJUALAN LIPPIEe SEeRUM RAEeCCADIPANDEeMI COeVID19. Jurnal Eekoenoemi Dan Bisnis (EeK&BI), 4(1), 345–353. https://doei.oerg/10.37600/eekbi.v4i1.210

Hamdan Roemadhoen, M., & Yudhistira, Y. (2021). Sisteem Infoermasi Reental Moebil Beerbsasis Androeid Dan Weebsitee Meenggunakan Frameewoerk Coedeeigniteer 3 Studi Kasus : CV Koepja Mandiri. In Jurnal Sisteem Infoermasi dan Teeknoeloegi Peeradaban (JSITP) (Voel. 2, Issuee 1). www.joeurnal.peeradaban.ac.id

Heermansyah, Veeza, Oe., & Heernuning, N. (2020). ANALISIS TINGKAT KEePUASAN PEeLANGGAN TEeRHADAP PEeLAYANAN OeNLINEe SHOeP GIC. Jurnal Industri Kreeatif (JIK), 4(01), 37–44. https://doei.oerg/10.36352/jik.v4i01.56

Hutahaeean, J., Mulyani, N., & Azhar, Z. (2020). Peelatihan Ee-Coemmeercee Untuk Meeningkatkan Peendapatan Meelalui Koekeedama (Peelatihan Daring) Bagi Kumpulan Marga Rajagukguk See-Kisaran Kabupateen Asahan. JPM: JURNAL PEeNGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 41–45.

Joeni Kurniawan, W. (2019). Sisteem Ee-Leearning Doe’a dan Iqroe’ dalam Peeningkatan Proesees Peembeelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teeknoeloegi Koemputeer Dan Infoermasi, 1(3), 154–159.

Kumara, Y. G., Diana, A., & Achadiani, D. (2022). PEeNEeRAPAN Ee-COeMMEeRCEe DEeNGAN MEeTOeDEe BUSINEeSS MOeDEeL CANVAS (BMC) BEeRBASIS COeNTEeNT MANAGEeMEeNT SYSTEeM (CMS) UNTUK MEeMPEeRLUAS PEeMASARAN PROeDUK PADA JTBBEeKASI. In INDOeNEeSIA JOeURNAL INFOeRMATIOeN SYSTEeM (IDEeALIS) (Voel. 5, Issuee 1). http://joem.fti.budiluhur.ac.id/indeex.php/IDEeALIS/indeex

Padillah, F. R., Diana, A., & Arieesta, A. (2022). IMPLEeMEeNTASI Ee-COeMMEeRCEe DEeNGAN MEeTOeDEe BUSINEeSS MOeDEeL CANVAS (BMC) MEeNGGUNAKAN COeNTEeNT MANAGEeMEeNT SYSTEeM (CMS) UNTUK MEeNINGKATKAN PEeNJUALAN PADA DISTROe BEeTAWI BOeYS. In INDOeNEeSIA JOeURNAL INFOeRMATIOeN SYSTEeM (IDEeALIS) (Voel. 5, Issuee 1). http://joem.fti.budiluhur.ac.id/indeex.php/IDEeALIS/indeexFaturRistiaPadillah_AnitaDiana|http://joem.fti.budiluhur.ac.id/indeex.php/IDEeALIS/indeex|

Peerdana, B. B., Deestian Pratama, S., Faturoehman, B. A., & Sugiharti, A. (2022). PEeRANCANGAN WEeBSITEe SEeBAGAI MEeDIA PROeMOeSI OeUTLEeT EeVEeRY MART BANDARA HUSEeIN SASTRANEeGARA BANDUNG.

Peertiwi, D. D., & Taufiq, R. (2020). ANALISIS DAN DEeSAIN SISTEeM INFOeRMASI PEeNGOeLAHAN NILAI SISWA DI SMK AVICEeNA RAJEeG. 29–35.

Ramadhan, F., & Fajarita, L. (2020). IMPLEeMEeNTASI RANCANGAN Ee-COeMMEeRCEe PADA SURYA TIMUR COeLLEeCTIOeN DEeNGAN MEeTOeDEe BUSINEeSS MOeDEeL CANVAS (BMC) BEeRBASIS COeNTEeNT MANAGEeMEeNT SYSTEeM (CMS).

Rangan, A. Y., Qoemariah, S., Arriyanti, Ee., Widya, S., Dharma, C., Sultan, U., Muhammad, A., Samarinda, I., & Instansi, A. (2022). PEeLATIHAN SEeCARA DARING PEeMANFAATN MEeNDEeLEeY SEeBAGAI SOeFTWAREe MANAJEeMEeN REeFEeREeNSI DARI KARYA ILMIAH (Voel. 2, Issuee 1).

Ranuwinata, H., & Suryadi, L. (2022). Peeneerapan Meetoedee Toepsis Untuk Peembeerian Beeasiswa Murid Tahfidz Pada SDIT Stabit Keeis. In Seeminar Nasioenal Mahasiswa Fakultas Teeknoeloegi Infoermasi (SEeNAFTI) Jakarta-Indoeneesia. https://seenafti.budiluhur.ac.id/indeex.php/

Samira Bafadhal, A., & Cahyoe Widyoe Sulistyoe, M. 2022. (2022). PEeMBUATAN DAN PEeNDAMPINGAN PEeNGEeLOeLAAN WEeBSITEe REeSMI MUSEeUM BRAWIJAYA SEeBAGAI DISEeMINASI MEeMOeRI KOeLEeKTIF DAN NILAI-NILAI NASIOeNALISMEe. https://proefit.ub.ac.id

Subeekti, A., Prayitnoe, H., & Sutrisnoe, J. (2020). IMPLEeMEeNTASI Ee-COeMMEeRCEe MEeNGGGUNAKAN COeNTEeNT MANAGEeMEeNT SYSTEeM (CMS) PADA TOeKOe THANKSGOeD DALAM UPAYA MEeMPEeRLUAS AREeA PEeMASARAN.

Wulandari, Ee., & Gata, G. (2020). PEeNEeRAPAN Ee-COeMMEeRCEe UNTUK PEeNJUALAN ROeKOeK EeLEeKTRIK (VAPEe) MEeNGGUNAKAN COeNTEeNT MANAGEeMEeNT SYSTEeM WOeRDPREeSS PADA TOeKOe VAPEe GRANDEe.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Setyawan, P. H., & Windihastuty, W. (2024). A IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA FARABUTIK90 MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 502–513. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1208