ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KONTEN YOUTUBE KRITIK SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC) DAN TF-IDF

Penulis

  • Dustin Zaki Universitas Budi Luhur
  • Arief Wibowo Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Naïve Bayes Classifier, Text Mining, TF-IDF

Abstrak

Media sosial telah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Menurut data sebanyak 93,8% masyarakat Indonesia menggunakan media sosial Youtube secara rutin untuk berbagai keperluan, seperti mencari informasi, hiburan, dan berita terbaru. Salah satu konten yang sedang menarik perhatian adalah konten “Kuali Merah Putih” oleh Bobon Santoso, yang dimana menyoroti masalah kritik sosial terhadap kelaparan di Papua. Konten “Kuali Merah Putih” mendapatkan berbagai opini dari masyarakat Indonesia, yang dimana mencerminkan beragam sentimen positif, negatif atau netral. Untuk mengevaluasi tanggapan masyarakat terhadap konten akan dilakukan analisis sentimen. Penelitian bertujuan melihat hasil opini masyarakat terhadap konten “Kuali Merah Putih” yang dibuat oleh masyarakat. Metode Naïve Bayes Classifier (NBC) menunjukkan performa akurasi yang bagus dalam analisis sentimen komentar masyarakat mengenai konten “Kuali Merah Putih”,  pada pelabelan berbasis aturan penulis dan divalidasi pakar mendapatkan akurasi sebesar 90%, sedangkan pelabelan lexicon based didapatkan akurasi sebesar 84%. Hasil dari kedua pelabelan menunjukkan masyarakat memberikan komentar positif dan mendukung terhadap konten “Kuali Merah Putih”. pada pelabelan persepsi peneliti dan divalidasi pakar didapatkan 250 berkomentar positif, sedangkan lexicon based didapatkan sebanyak 250 komentar positif. Persepsi dan sentimen publik terhadap isu kritik sosial kelaparan di Papua yang terungkap melalui konten “Kuali Merah Putih” sangat positif.

Referensi

M. I. Ghozali, W. H. Sugiharto, and A. F. Iskandar, “Analisis Sentimen Pinjaman Online Di Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 1340–1348, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.936.

M. N. Muttaqin and I. Kharisudin, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Gojek Menggunakan Metode Support Vector Machine dan K Nearest Neighbor,” UNNES J. Math., vol. 10, no. 2, pp. 22–27, 2021, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm

A. A. Ningtyas, A. Solichin, and R. Pradana, “Analisis Sentimen Komentar Youtube Tentang Prediksi Resesi Ekonomi Tahun 2023 Menggunakan Algoritme Naïve Bayes,” Bit (Fakultas Teknol. Inf. Univ. Budi Luhur), vol. 20, no. 1, p. 9, 2023, doi: 10.36080/bit.v20i1.2317.

Chely Aulia Misrun, E. Haerani, M. Fikry, and E. Budianita, “Analisis sentimen komentar youtube terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024 menggunakan metode naive bayes classifier,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 207–215, Apr. 2023, doi: 10.37859/coscitech.v4i1.4790.

N. Chatrina Siregar, R. Ruli, A. Siregar, ; M Yoga, and D. Sudirman, “Implementasi Metode Naive Bayes Classifier (NBC) Pada Komentar Warga Sekolah Mengenai Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” 2020.

V. R. A. Sejati, Painem, Ferdiansyah, and W. Pramusinto, “Pada Google Play Store Dengan Multinomial Naïve Sentiment Analysis of Ipusnas Application User Reviews on Google Play Store With Multinomial Naïve,” SENAFTI Semin. Nas. Mahsiswa Fak. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 182–190, 2023.

M. I. Ahmadi, D. Gustian, and F. Sembiring, “Analisis Sentiment Masyarakat terhadap Kasus Covid-19 pada Media Sosial Youtube dengan Metode Naive bayes,” 2021.

Baiq Nurul Azmi, Arief Hermawan, and Donny Avianto, “Analisis Pengaruh Komposisi Data Training dan Data Testing pada Penggunaan PCA dan Algoritma Decision Tree untuk Klasifikasi Penderita Penyakit Liver,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 4, no. 4, pp. 281–290, 2023, doi: 10.35746/jtim.v4i4.298.

H. Sari, G. Leonarde Ginting, and T. Zebua, “Penerapan Algoritma Text Mining dan TF-IDF Untuk Pengelompokan Topik Skripsi Pada Aplikasi Repository STMIK Budi Darma,” vol. 2, no. 7, pp. 414–432, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin

S. M. Salsabila, A. Alim Murtopo, and N. Fadhilah, “Analisis Sentimen Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier,” J. Minfo Polgan, vol. 11, no. 2, pp. 30–35, 2022, doi: 10.33395/jmp.v11i2.11640.

F. R. Irawan, A. Jazuli, and T. Khotimah, “Analisis Sentimen Terhadap Pengguna Gojek Menggunakan Metode K-Nearset Neighbors Sentiment Analysis of Gojek Users Using K-Nearest Neighbor,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 62–68, 2022, doi: 10.33387/jiko.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Zaki, D., & Wibowo, A. (2024). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KONTEN YOUTUBE KRITIK SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC) DAN TF-IDF. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 271–280. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1262

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>