PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO RAFA CLOTH

Penulis

  • Arief Fansuri Universitas Budi Luhur
  • Agnes Aryasanti Fakultas Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, Baju anak, Celana anak

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi telah mendorong transformasi digital di berbagai sektor industri, dengan e-commerce sebagai salah satu yang paling terpengaruh. Perkembangan internet, platform e-commerce, dan teknologi pembayaran digital memungkinkan dan memudahkan konsumen untuk membeli barang dan layanan secara nyaman. Rafa Cloth adalah toko yang menjual pakaian untuk anak-anak. Toko ini hanya beroperasi secara offline tanpa menggunakan platform online untuk mempromosikan produknya. Pada tahun ini, ada penurunan omzet sekitar 50% dibandingkan dengan penjualan sebelum pandemi COVID-19. Perubahan dalam perilaku belanja konsumen, kemudahan akses, dan kenyamanan membuat banyak orang beralih dari belanja offline ke online, sehingga toko ini menjadi sepi peminat. Tidak adanya media promosi menyulitkan Rafa Cloth mendapatkan pelanggan baru, dan target pasar hanya berasal dari sekitaran toko. Oleh karena itu, Rafa Cloth harus beradaptasi dengan membuat toko online agar mampu bersaing dengan toko lain yang berjualan secara online. Dari permasalahan tersebut, maka dibuatkanlah toko online berbasis web menggunakan Content Management System Wordpress yang memiliki fitur seperti keranjang belanja, checkout, pengiriman barang, dan laporan penjualan, Mengoptimasi pencarian produk melalui kata kunci menggunakan Yoast SEO, dan Menggunakan media sosial, seperti Facebook Ads untuk mempromosikan produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunjungi langsung proses penjualan di Toko dan wawancara kepada pemilik toko. Menganalisa sistem berjalan pada toko dan menggambarkannya pada activity diagram, membuat Fishbone diagram untuk menganalisis masalah dan membuat Business Model Canvas (BMC) untuk  menganalisis model bisnis yang akan diterapkan. Pemodelan e-commerce menggunakan Use Case Diagram dan pembuatan rancangan User Interface. Hasil penelitian ini dengan mengimplementasikan e-commerce, toko dan pelanggan dapat melakukan transaksi dengan lebih mudah, dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO) untuk pencarian produk melalui kata kunci sehingga produk Rafa Cloth dikenal oleh masyarakat luas, dan fitur Facebook Ads membantu mempromosikan produk dan menargetkan pelanggan baru dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk membantu toko Rafa Cloth dalam meningkatkan omzet, mempromosikan produk, mendapatkan pelanggan baru, penggunaan website e-commerce sebagai alternatif pemasaran produk, dan memudahkan pelanggan berbelanja tanpa harus datang langsung ke toko.

Referensi

J. T. Santoso, E-Commerce Tinjauan Manajerial dan Jejaring Sosial. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2021.

C. Bernadeth, A. Pamukti, and G. Triyono, ‘Penerapan E-Commerce Berbasis Web Menggunakan Cms Untuk Meningkatkan Penjualan’, Jurnal Sekretari & Adminisitrasi (SERASI), vol. 19, no. 2, pp. 128–138, Oct. 2021.

W. Firmandani, A. F. Sya’bania, F. Abdani, and E. Madani, ‘Analysis of Indonesian Consumer Online Shopping Behavior During the Covid-19 Pandemic: A Shopee Case Study’, THE INTERNATIONAL JOURNAL OF BUSINESS REVIEW (THE JOBS REVIEW, vol. 4, no. 2, pp. 191–202, 2021, [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/,

O. T. H. Wijaya, ‘E-Commerce: Perkembangan, Tren, dan Peraturan Perundang-Undangan’, JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS, vol. 16, no. 1, pp. 41–47, Jul. 2023, doi: 10.51903/e-bisnis.v16i1.

M. I. Zamroni, A. Diana, and D. Achadiani, ‘Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Fajar Collection’, BIT (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur), vol. 19, no. 1, pp. 1–8, Apr. 2022.

F. R. Padillah, A. Diana, and A. Ariesta, ‘Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Menggunakan Content Management System (CMS) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys’, Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2022, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/indexFaturRistiaPadillah_AnitaDiana|http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index|

J. Jonathan, I. Rahdiana, and F. Aprilyani, ‘Analysis and Implementation of E-Commerce Website Based on Content Management System (CMS)’, Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, vol. 8, no. 2, pp. 54–60, Aug. 2023.

A. S. Fatin and S. Juanita, ‘Pengembangan Media Penjualan Pada Toko Store Anak Branded Dengan E-Commerce’, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 3, pp. 2335–2350, Sep. 2022.

T. F. Adicandra and M. Rusli, ‘Perancangan Website E-commerce pada Toko Online Alvia Store’, Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, vol. 9, no. 2, pp. 436–454, Jun. 2023.

I. R. Apriyatin, L. Pradita, and F. M. Dewanto, ‘E-Commerce Berbasis Website Menggunakan CMS Prestashop Untuk Ishop Di Kota Tegal’, Science And Engineering National Seminar, vol. 5, pp. 568–574, Dec. 2020.

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, ‘Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code’, Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

S. Aman and M. Anggraeni Putri, ‘Implementasi BMC Dengan Metode Design Thinking Dalam Menghadapi Covid-19 Di Ikm Pati’, Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, vol. 1, no. 2, pp. 6–14, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Fansuri, A., & Aryasanti, A. (2024). PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO RAFA CLOTH . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1434–1443. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1265

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama