PENERAPAN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO G7PROJECT MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)

Penulis

  • Sinta Raya Lestari Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-commerce,, Buket, Content Management System (CMS), Search Engine Optimization (SEO)

Abstrak

G7Project, sebuah bisnis yang fokus pada penjualan produk buket, menghadapi berbagai tantangan yang signifikan, seperti visibilitas toko yang rendah, kurangnya informasi produk yang jelas pada instagram, serta kesulitan dalam pembuatan laporan dan analisis kinerja bisnis. Untuk mengatasi masalah-masalah ini, penelitian ini mengusulkan penerapan website e-commerce berbasis Content Management System (CMS) WordPress. WordPress dipilih karena fleksibilitasnya, kemudahan penggunaannya, serta kemampuan untuk disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis, sehingga memungkinkan G7Project untuk mengelola toko online dengan lebih efisien. Dengan memanfaatkan plugin e-commerce seperti WooCommerce, G7Project dapat mengelola berbagai aspek penting dari toko online, termasuk manajemen inventaris, pemrosesan pembayaran, pelacakan pesanan, serta pengelolaan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penerapan e-commerce dalam meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, serta meningkatkan visibilitas online melalui strategi Search Engine Optimization (SEO). Metode penelitian yang digunakan mencakup analisis kebutuhan untuk mengidentifikasi kekurangan dan kebutuhan khusus G7Project, serta perancangan dan implementasi strategi SEO guna meningkatkan visibilitas online. Implementasi dilakukan melalui instalasi dan konfigurasi CMS WordPress, termasuk integrasi plugin e-commerce yang relevan serta pengaturan fitur SEO untuk mengoptimalkan performa situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan website e-commerce ini berhasil meningkatkan visibilitas online, mempermudah pelanggan dalam mencari produk, meningkatkan efisiensi pengelolaan transaksi, serta memperluas jangkauan pasar G7Project. Kesimpulannya, penerapan website e-commerce berbasis CMS WordPress memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi G7Project, sehingga meningkatkan kinerja dan daya saing bisnis di pasar yang lebih luas.

Referensi

A. E. Budianto, Analisis Bisnis E-Commerce. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=fPNIEAAAQBAJ

F. Ristia, A. Diana, and A. Ariesta, “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2867.

D. Fauziyyah, “Pembuatan Website Company Profile pada Konoba Coffee Menggunakan CMS Wordpress,” Appl. Bus. Adm. J., vol. 2, no. 3, pp. 80–98, 2023, doi: 10.62201/abaj.v2i3.67.

M. Farwati and T. Sutabri, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Fun’s Bouqet Balloon,” JEBIMAN J. Ekon. Bisnis, Manaj. dan Akunt., vol. 1, no. 4, pp. 215–226, 2023.

F. D. Nugroho, L. L. Hin, and H. Irawan, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Plugin Woocommerce Pada Toko Lovebouquet. Tng,” SENAFTI - (Prosiding Semin. Nas. Mhs. Fak. Teknol. Informasi), vol. 2, pp. 889–898, 2023.

P. E. Yulyastuti and A. Wahab, “Analisa dan Perancangan E-Commerce Bouquet pada Toko Nissa Florist Berbasis Web,” Jukomika - (Jurnal Ilmu Komput. Dan Inform., vol. 2, no. 3, pp. 115–121, 2019, doi: 10.54650/jukomika.v2i3.119.

F. A. Harista, “Sistem Informasi E-Commerce Gulderose Bunga Flanel Kendal,” pp. 1–15, 2020, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/82449/3/Naskah Publikasi - Firza.pdf

F. Handoyo and N. Anwar, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Buket Bunga Berbasis Web,” IKRA-ITH Inform. J. Komput. dan Inform., vol. 7, no. 3, pp. 40–46, 2023, doi: 10.37817/ikraith-informatika.v7i3.3054.

F. eka Supriatin et al., Metodologi Penelitian. Cendekia Publisher, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=VMZzEAAAQBAJ

D. Khairani, Manajemen Proyek Dalam Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Deepublish, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=QoS2EAAAQBAJ

L. H. Annisa, S. F. A. S. Ningrum, and Z. E. Wulansari, “Analisis Desain Pengembangan Model Bisnis pada Perusahaan Pengalengan Ikan dengan Metode Bussiness Model Canvas (BMC) pada PT. ABC,” J. Agribus. Sci. Rural Dev., vol. 3, no. 1, pp. 20–35, 2023, doi: 10.32639/jasrd.v3i1.741.

D. Aldo and N. Putra, Sistem Pendukung Keputusan (SPK) (Kupas Tuntas Metode Multifaktor Evaluation Process). SINT Publishing, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=iP1vEAAAQBAJ

H. Syahputra, “Implementasi Metode SEO (Search Engine Optimization) Untuk Optimasi E-Commerce Penjualan Barang Outdoor Berbasis Web,” J. Pustaka AI (Pusat Akses Kaji. Teknol. Artif. Intell., vol. 3, no. 2, pp. 70–74, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Raya Lestari, S., & Irawan, H. (2024). PENERAPAN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO G7PROJECT MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1207–1216. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1266

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama