ANALISA DAN PERENCANAAN E-COMMERCE PADA TOKO DIGICOMP UNTUK MENDUKUNG LAYANAN PENJUALAN

Penulis

  • Gunawan Prasetyo UNIVERSITAS BUDI LUHUR
  • Lis Suryadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-commerce, CMS, BMC, SEO, Toko Digicomp

Abstrak

Digicomp Store, sebuah toko retail berbagai produk perangkat keras komputer, secara konsisten menghadapi tantangan seperti promosi penjualan yang kurang memadai, kesulitan pelanggan untuk mengakses informasi stok, keamanan transaksi yang kurang memadai, dan pelaporan penjualan yang masih tertulis. Untuk mengatasi masalah ini, mengusulkan solusi e-commerce yang menggunakan Content Management System (CMS) dengan alat bantu Wordpress untuk menyempurnakan sistem yang ada saat ini. Penelitian ini menggunakan Business Model Canvas (BMC) untuk analisis model bisnis dan menggabungkan Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari. Hasil dibuat dari penerapan sistem e-commerce.

Referensi

S. Rosa A and M. Salahudin, “Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi,” Bandung Inform., 2018.

Afriansyah, D. Adhinar, D. Setiawati, and A. R. Bahtiar, “Rancang Bangun Website E-Commerce Di Toko Sean Shoes Menggunakan Metode Rapid Application Development.,” JITU J. Inform. Technol. Commun. 6(1) 1–8., 2022.

Anggraeni, E. Yunaeti, and R. Irviani, “Pengantar Sistem Informasi,” Yogyakarta ANDI, 2017.

A. Raharjo, B. Kusnadi, and L. Santoso, “‘The Impact of E-Commerce Adoption on SME Performance: A Case Study in Indonesia,’” J. Bus. Res., vol. 12 no 3, 2022.

I. Setiawan and R. Hartono, “Enhancing Retail Sales through E-Commerce Integration: Challenges and Opportunities,” Int. J. Inf. Syst., vol. 8 no 1, 2021.

A. Mardiyanto and D. Purwanto, “Utilizing Customer Data for Strategic Decisions in E-Commerce Retail,” J. Retail Anal., vol. 15, 2023.

P. Suryadi, T. Lestari, and R. Wijaya, “UI/UX Design and its Effect on E-Commerce Sales Conversion: A Case Study,” Int. J. Hum. Comput. Interact., vol. 6, 2022.

Hendriyati, Penny, and A. Yusta, “Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web,” JURSIMA (Jurnal Sist. Inf. dan Manajemen), vol. 9(1), pp. 40–48, 2021.

Kasmi and A. N. Candra, “PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS BUSINESS TO CONSUMERS UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MAKANAN RINGAN KHAS PRINGSEWU.,” J. Aktual STIE Trisna Negara, vol. 15, pp. 109–16.

Kurnia, Iin, and D. Afriansyah, “KONFIGURASI HOSTING SERVER MENGGUNAKAN CENTOS 7 PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PESAWARAN,” JISN (Jurnal Inform. Softw. dan Network), vol. 01, pp. 26–32, 2020.

Kurniansyah, M. Iqbal, and S. Sinurat, “Sistem Pendukung Keptusan Pemilihan Server Hosting Dan Domain Terbaik Untuk WEB Server Menerapkan Metode VIKOR.,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 2, 2020.

Kurniawan, T. Bayu, and Syarifuddin, “PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA CAFETARIA NO CAFFE DI TANJUNG BALAI KARIMUN MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN MYSQL.,” J. TIKAR, vol. 1, 2020.

Kusumawati, Arie, N. Purwandari, and E. Lumba, “Model Pembelajaran Mind Mapping Menggunakan Microsoft Visio 2007 Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kautsar Cikarang.,” J. Karya untuk Masy., vol. 2, 2021.

Maulana, M. Wandi, T. Uda, and R. Alexandro, “Analisis Peinjualan Produk Perabotan Rumah Tangga Pada Usaha Dagang Meubel SRN Pangkalan Bun.,” J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos., vol. 7, 2017.

S. Mulyani, “Metode Analisis Dan Perancangan Sistem.,” Bandung Abdi Sist., 2017.

Murni and Emilia, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM WEBSITE E-COMMERCE DALAM BISNIS BAKERY UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DAN PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA PABRIK PRIMA SARI BAKERY.,” J. Rekayasa Sist. dan Ind., vol. 7, 2020.

Permatasari, P. Indah, and Masruchin., “Analisa Proses Bisnis Dan Model Bisnis Pada Platform E-Commerce Syariah Salamin.Id.,” J. Rumpun Ekon. Syariah, vol. 5, 2022.

Pramudita, Y. Dwitya, Huzaini, and F. Solihin, “PENERAPAN METODE SEO ON PAGE DAN OFF PAGE PADA WEB PENJUALAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN RANKING SERP.,” J. Ilm. NERO, vol. 4, 2019.

Pranitasari, Diah, and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality Dan Kartesius,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 18, 2021.

Sakti, Y. Krida, I. A. S. W, and D. Zuhroh, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tehambatnya Perkembangan Umkm Sentra Ikan Bulak ( SIB ) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram.,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, 2020.

Santoso, I. Aji, R. Agustina, and F. N. Akmalia., “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Rumah Berbasis Web Pada PT Indah Cemani Raya Balaraja.,” IJAcc, 2021.

Saputra, A. Halim, O. Manuel, V. Sarwoko, and N. Halim, “Asistensi Mengajar Digital Marketing Di SMA Trinitas Bandung.,” J. Strateg., 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Prasetyo, G., & Suryadi, L. (2024). ANALISA DAN PERENCANAAN E-COMMERCE PADA TOKO DIGICOMP UNTUK MENDUKUNG LAYANAN PENJUALAN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1244–1253. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1271

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>