PENERAPAN E-CRM PADA SMK 1 BARUNAWATI JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PENERIMAAN SISWA

Penulis

  • Achmad Chairuz Zikry -
  • Goenawan Brotosaputro Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur

Kata Kunci:

e-CRM, PPDB online, kritik dan saran, SMK

Abstrak

Era teknologi saat ini sudah mulai meningkat terutama pada bagian bisnis mulai dari bisnis transportasi, manufaktur, kuliner dan yang tidak kalah penting yaitu bisnis pendidikan. Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting, mulai dari usia dini sudah diberikan pendidikan agar dapat mempelajari norma-norma tentang kehidupan. Pada saat ini SMK 1 Barunawati Jakarta mengalami penurunan siswa yang mendaftar, hal ini dikarenakan belum adanya media promosi bagi sekolah agar meningkatkan minat para pendaftar, sehingga target kuota yang ditetapkan dapat memenuhi target, kemudian belum adanya wadah untuk menampung kritik dan saran bagi para siswa agar siswa bisa memberikan kritik dan saran yang membangun untuk sekolah, dan juga untuk evaluasi bagi para siswa baru yang ingin mendaftar di SMK 1 Barunawati, dengan fitur kritik dan saran para siswa yang ingin mendaftar bisa melihat ulasan-ulasan yang ada di SMK 1 Barunawati Jakarta, serta tanggapan yang diberikan oleh pihak sekolah tentang keluhan yang diberikan oleh para siswa. Maka diperlukan metode yang efektif untuk meningkatkan pelayanan terhadap siswa/i dengan cara menerapkan konsep manajemen hubungan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) yang berfokus pada tahapan Acquire (mendapatkan) dan Retain (mempertahankan). Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemodelan sistem dilakukan menggunakan Unified Modeling Language (UML), yang membantu dalam mendeskripsikan desain sistem secara visual melalui berbagai diagram. Untuk implementasinya, digunakan bahasa pemrograman PHP dengan pendekatan Model-View-Controller (MVC), yang memisahkan logika bisnis, antarmuka pengguna, dan data, sehingga pengembangan dan pemeliharaan sistem menjadi lebih terstruktur dan fleksibel. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem e-CRM berbasis website yang tidak hanya memungkinkan pendaftaran secara online, tetapi juga menyediakan wadah bagi siswa/i untuk memberikan kritik dan saran. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan minat pendaftar dan kualitas interaksi antara sekolah dan siswa, serta membantu sekolah dalam mencapai target kuota siswa dengan memperluas penyebaran brosur dalam website yang dirancang.

Referensi

N. Indasari, S. Asria, M. F. Razak, and N. Hs, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Informasi Penjualan Bucket Berbasis Web di Toko Hadinafa Galery,” Pros. SISFOTEK, 2023, [Online]. Available: http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/388%0Ahttps://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/download/388/320

S. Aripin, Hendri Irawan, Wendi Usino, and Ita Novita, “Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang,” KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 39–48, 2023, doi: 10.36080/kresna.v3i1.74.

N. A. Septiani and C. R. Mallinda, “Penerapan Customer Relationship Management Penerimaan Siswa Baru Di Era Pandemi Dengan Metode Extreme Programming,” J. Penerapan Sist. Inf. (Komputer Manag., vol. 4, no. 3, pp. 545–555, 2023.

F. I. Hamdi and A. U. Hamdani, “Implementasi Sistem E-CRM dalam Penerapan Informasi Terhadap Pelayanan Wali Murid di TK Putra IX,” “Seminar Nas. Mahamurid Fak. Teknol. Inf. (SENAFTI),” vol. 2, no. 2, pp. 1390–1399, 2023.

P. Pada, P. T. Prestasi, and P. Informasi, “Implementasi E-CRM Untuk Layanan Keluhan Implementation Of E-CRM For Customer Complaints Service At PT . INFORMATION TOOLS ACHIEVEMENT,” vol. 2, no. April, pp. 934–942, 2023.

I. Fatoni, “Optimalisasi Penerimaan Santri Baru melalui Pengembangan Customer Relationship Management (CRM) di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri,” Hamalatul Qur’an J. Ilmu Ilmu Alqur’an, vol. 2, no. 1, pp. 19–29, 2021, doi: 10.37985/hq.v2i1.18.

J. Teknologi et al., “Dashboard Interaktif Untuk Sistem Informasi Keuangan Pada Pondok Pesantren Mazroatul ’ Ulum,” vol. 2, no. 2, pp. 116–121, 2021.

Meylisa Dina Fajarwati, M. A. Sunandar, and U. M. Husni Tamyiz, “Implementasi Metode Activity Based Costing Pada Sistem Informasi Laundry Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Web (Studi Kasus : Macan Laundry Purwakarta),” Simtek J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 8, no. 2, pp. 320–326, 2023, doi: 10.51876/simtek.v8i2.280.

L. Setiyani and B. Setiawan, “Analisis Dan Design Manajemen Control Produksi Menggunakan Business Process Improvement Dan Unified Modelling Language (STUDI KASUS: PT. MULTISTRADA),” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 16, no. 1, pp. 27–37, 2021, doi: 10.35969/interkom.v16i1.94.

S. Khoirunnisa, M. Adlan El Fatih, and B. Sadjiwo, “BIIKMA : Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia Perancangan Sistem Informasi Dan Pendaftaran Online Di SMK IQRO Berbasis Web Dengan Metode Agile,” vol. 2, no. 1, pp. 160–174, 2024, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.com/index.php/biikma

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Zikry, A. C., & Brotosaputro, G. (2024). PENERAPAN E-CRM PADA SMK 1 BARUNAWATI JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PENERIMAAN SISWA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1188–1197. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1272

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama