PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO NEW FIVE OPTICAL

Penulis

  • Muhammad Nafiu Ayman Universitas Budi Luhur
  • Bruri Trya Sartana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Business Model Canvas, Content Management System, E-Commerce, Search Engine Optimization

Abstrak

Toko Kacamata New Five Optical, didirikan pada tahun 2011, merupakan sebuah bisnis usaha yang berfokus pada penjualan kacamata. Meskipun toko ini telah berhasil beroperasi secara offline, akan tetapi belum terdapat integrasi dengan platform digital atau penjualan online untuk mendukung strategi pemasarannya. Sebagai gantinya, pemasaran dilakukan melalui metode penawaran secara offline, yang sangat disayangkan masih memiliki keterbatasan dalam jangkauannya. Saat ini, industri kacamata dan optik telah menjadi tempat bersaing yang sangat sengit dengan keberadaan beberapa perusahaan  sejenis. Dengan menyadari tantangan yang dihadapi oleh Toko New Five Optical, karena beberapa masalah yang ada, seperti keterbatasan dalam jangkauan pemasaran, ketidakefektifan promosi, dan kesulitan dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Toko New Five Optical untuk lebih mengembangkan usahanya secara luas dan masif dengan memanfaatkan internet sebagai media pemasaran, dengan harapan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan jumlah pelanggan New Five Optical. Mengingat hal tersebut, maka dirancang sebuah situs web e-commerce berbasis Content Management System (CMS) WordPress, yang didukung dengan penggunaan Business Model Canvas (BMC) sebagai metode analisis penelitian dan Search Engine Optimization (SEO) untuk membantu Website New Five Optical berada di halaman pertama mesin pencari google. Hal ini dapat mendukung pemilik Toko New Five Optical dalam meningkatkan penjualan produk New Five Optical secara online, memperluas jangkauan penjualan produk dan memudahkan usaha promosi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Website e-commerce berhasil memperluas jangkauan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan memudahkan transaksi online, mendukung pengelolaan bisnis yang lebih efektif di Toko New Five Optical.

Referensi

A. Z. Mushlih et al., “Sistem Penjualan Berbasis E-commerce Dengan Menggunakan CMS Wordpress Pada Toko Alfiyah Jaya,” J. IDEALIS (Indonesia J. Inf. Syst., vol. 2, no. 6, pp. 252–257, 2019.

Y. D. Arimbi, D. Kartinah, and A. N. W. Della, “Rancangan Sistem Informasi Kost Putri Malika Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel Dan Mysql,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 03, pp. 93–103, 2022, doi: 10.56127/jukim.v1i03.201.

A. Ariesta, S. Informasi, F. T. Informasi, U. B. Luhur, P. Utara, and K. Lama, “Penerapan E-commerce Pada Toko Tri Arga Outdoor Sport Menggunakan CMS Wordpres Untuk,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 109–115, 2020.

Tian Ahmad Setiawan, Wiyanto Wiyanto, and Agus Suwarno, “Penerapan Metode Rad Dalam Implementasi E-commerce Berbasis Web Pada Cv. Tenda Teduh Abadi,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 5, no. 3, pp. 373–382, 2023, doi: 10.51401/jinteks.v5i3.3140.

P. Permata, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) OSCOMMERCE PADA SITUS PENJUALAN (Studi Kasus : Toko Cahaya Komputer),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 58–64, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.159.

Y. Gema, A. Diana, and D. Achadiani, “Penerapan E-commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (CMS) Untuk Memperluas Pemasaran Produk Pada Jtbbekasi,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 49–58, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2870.

S. Santosa and H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan CMS Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2021.

Y. Kurnia and N. Nasarudin, “Perbaikan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Proses Pembuatan Wajan Alumunium Dengan Metode Fishbone Diagram,” J. Ind. Galuh, vol. 5, no. 2, pp. 124–131, 2023, doi: 10.25157/jig.v5i2.3311.

R. A. Setiawan and K. Elwardah, “EVALUASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK CICIL EMAS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DALAM,” vol. 7, 2024.

M. Aseprudin and G. Gata, “Penggunaan Content Management System Wordpress Pada Toko Redsoul Untuk Penerapan Aplikasi E-Commerce,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 322–327, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1730.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Ayman, M. N., & Sartana, B. T. (2024). PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO NEW FIVE OPTICAL. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1394–1403. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1280

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama