IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA TOKO HAFIZD SPORT

Penulis

  • Ilham Firdaus Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian

Kata Kunci:

Website, E-Commerce, Content Management System, Hafizd Sport

Abstrak

Hafizd Sport adalah salah satu dari sekian banyak toko di bidang Olahraga di daerah Cisauk, Kabupaten Tangerang. Permasalahan yang ditemukan pada toko hafizd sport, yaitu masih menggunakan sistem pembelian offline, keterbatasan menjangkau pelanggan karena media promosi yang aktif hanya WhatsApp, sedangkan media Shopee dan Instagram tidak aktif digunakan, serta pembuatan laporan yang masih menggunakan metode manual menyebabkan kesalahan informasi mengenai ketersediaan produk terhadap konsumen. Oleh sebab itu, dalam mengatasi masalah yang ada maka dibuatlah website E-Commerce dengan menggunakan CMS (Content Management System) yang bertujuan untuk memudahkan pemesanan dan pembelian produk, membuat strategi promosi dalam menjangkau pemasaran yang lebih luas, dan membuat laporan stok secara online. Metode yang digunakan peneliti untuk mengembangkan sistem yang dirancang yaitu menggunakan Business Management Canvas (BMC) dan Fishbone untuk memodelkan permasalahan. maka, diperlukan sebuah situs E-Commerce yang memanfaatkan sistem manajemen konten “CMS”. ini akan membantu dalam mengatasi masalah pada Toko Hafizd Sport. Dengan adanya E-Commerce pada Toko Hafizd Sport dapat membantu meningkatkan penjualan produk dan memudahkan konsumen dalam memesan dan membeli secara online. Adanya fitur rekapitulasi laporan membantu dalam membuat laporan stok. Kami melakukan promosi menggunakan strategi optimasi mesin pencari (SEO). Oleh karena itu peneliti membuat judul yaitu “Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress Pada Toko Hafizd Sport”.

Referensi

Hermiati. Reza, Asnawati, and I. Kanedi, “Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Dan Database Mysql,” Jurnal Media Infotama, vol. 17, no. 1, pp. 54–66, 2021.

G. Melisa and I. Anastasia Sitanggang, “PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE INEED.ID,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 1, pp. 19–23, 2022.

A. Nugroho and H. Irawan, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System (CMS) Untuk Memperluas Pemasaran Pada Indah Jaya Sport,” INDONESIA JOURNAL INFORMATION SYSTEM (IDEALIS), vol. 4, no. 4, pp. 137–146, 2021, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/indexAgyNugroho|http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index|

A. N. Kulyubi and H. Patrie, “IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO F2T SPORT BY YOVIS,” Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) Jakarta-Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 1191–1200, 2022.

J. Jonathan, I. Rahdiana, and F. Aprilyani, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis CMS (Content Management System) Pada Toko Olahraga Xyz,” JURNAL SISTEM INFORMASI STMIK ANTAR BANGSA, vol. 12, no. 1, pp. 17–27, 2023.

G. Takbir Febriyanto and L. Li Hin, “Pembangunan E-Commerce Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Toko Bani Ridjin Sport,” Jurnal IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 162–168, 2019.

R. H. Azuri and L. L. Hin, “Penerapan Web E-Commerce Dengan Business Model Canvas Untuk Penjualan Online Pada Hj Sportswear,” Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 3, no. 1, pp. 367–377, 2024.

D. Azharudin, R. Nuansa Ramadhon, and L. ode Amril, “Perancangan Aplikasi CMS Berbasis Web,” Karimah Tauhid, vol. 2, no. 5, pp. 1360–1371, 2023.

I. A. Purwaningsih, A. S. Deky, F. Royhaan, W. H. Ifa, and Y. Riskawati, “Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan UMKM dalam Pembuatan Bisnis Model Canvas,” Jurnal Bina Desa, vol. 4, no. 2, pp. 172–176, 2022.

K. A. Julianto, A. Nugroho, and J. M. Tengah, “Analisis Kegagalan Rem Kendaraan Penumpang Menggunakan Metode Fishbone Di Bengkel Berkah Mandiri Semarang”. 2021.

P. Natasya et al., “Perancangan Dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Menggunakan CMS Wordpress Pada Kafe Kajja Korean Street Food Di Garut,” Applied Business and Administration Journal, vol. 2, no. 1, pp. 91–99, 2023.

R. Yesputra, J. E. Hutagalung, and E. Saputra, “Workshop Pemahaman Search Engine Optimization Untuk Optimalisasi Website Desa Di Kabupaten Batubara,” Jurnal Bangun Abdimas, vol. 1, no. 1, pp. 29–39, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.bangunharapanbangsa.com/index.php/abdimas

A. R. Vildayanti, “Analisis Strategi Marketing Mix (4p) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Jasa Periklanan Bigevo Di Jakarta Selatan Tahun 2019,” Jimek : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, vol. 3, no. 2, pp. 247–272, 2020, [Online]. Available: http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Firdaus, I., & Hasugian, H. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA TOKO HAFIZD SPORT . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1561–1570. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1283

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>