Penerapan Metode Waterfall Untuk Sistem Kontrol Lampu Otomatis Berbasis Web Di Universitas Budi Luhur

Penulis

  • Meydi Raka Sunil Putra Universitas Budi Luhur
  • Sri Mulyati Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

nodemcu, lampu led, sensor ldr, aplikasi website

Abstrak

Lampu adalah salah satu benda teknologi yang sangat berdampak bagi seluruh makhluk hidup dan dapat digunakan di tempat mana saja, termasuk Universitas Budi Luhur yang sudah memasangkan lampunya di sekitar kampus tersebut. Namun, sebagian besar orang yang ada di kampus tersebut seringkali lupa mematikan lampu di ruang kelas, baik saat kuliah sudah selesai digunakan maupun saat kampus ditutup di waktu tengah malam. Hal inilah yang membuat para petugas merasa kesulitan saat sedang memeriksa keadaan lampu yang terlewat. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan menerapkan alat prototype untuk sistem kendali otomatis pada lampu LED di ruang kelas dengan menggunakan NodeMCU dan aplikasi berbasis web untuk memantau keadaan lampu berdasarkan penjadwalan kelas. Adapun juga dilengkapi sensor LDR untuk mendeteksi keadaan lampu yang dijadikan sebagai data status pada status lampu di aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode waterfall untuk menjalankan pengembangan sistem tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengujian aplikasi pemantauan dengan meliputi 4 macam mata kuliah yang diberi jatah waktu tiap 2 sesi untuk sebanyak 8 kali berturut-turut, pengujian tersebut dinyatakan dapat bekerja sesuai rencana berdasarkan cara kerja sistem dari alat prototype dan menampilkan hasil data jadwal mata kuliah dari aplikasi tersebut. Kontribusi penelitian ini adalah hasil pengujian yang diharapkan sebagai bahan pertimbangan untuk dapat menerapkan sistem kendali lampu otomatis dalam bentuk alat prototype yang bermanfaat supaya mempermudah dalam kegiatan pemeriksaan keadaan lampu bagi para petugas dan meningkatkan proses pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan kuliah di kampus tersebut bagi para staf.

Referensi

Sujono dan M. W. Ramadhan, “Controlling Lampu Rumah Berbasis IoT,” Exact Papers in Compilation, vol. 3, no. 2, pp. 353–360, 2021.

H. Setiawan, F. Abdaoe, dan K. Perdana, “Sistem Kendali Lampu Otomatis Berbasis Iot (Internet Of Things) Menggunakan Node Mcu,” Jurnal Bangkit Indonesia, vol. 9, no. 1, pp. 76–91, 2020.

Samsuddin, Sismanto, Munawir, T. Hidayat, dan M. Reza, “Perancangan Lampu Otomatis Menggunakan Bluetooth Module Berbasis Arduino Pada CV. Nusa Inti Utama,” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi, vol. 1, no. 2, pp. 258–268, 2020.

B. I. Naufal, A. Suhendi, dan E. Rosdiana, “Rancang Bangun Sistem Pengendali Lampu Otomatis Menggunakan Skema Time Delay Berbasis Fuzzy,” Jurnal TELKATIKA, vol. 1, no. 1, pp. 9–19, 2021.

D. B. Rizki, Sumarno, M. R. Lubis, S. R. Andani, dan I. P. Sari, “Rancang Bangun Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya Berbasis Arduino Di Polres Pematangsiantar,” Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2022.

M. Hudori dan Y. Paisal, “Perancangan Sistem Kendali Otomatis Lampu Penerangan pada Rumah Tinggal untuk Meningkatkan Efisiensi Pemakaian Listrik,” Industrial Engineering Journal, vol. 8, no. 1, pp. 10–15, 2019.

M. Ma’mur dan K. Al Mubarokallah, “Sistem Kendali Lampu Jarak Jauh Berbasis Web,” Jurnal Cendikia, vol. 16, no. 2, pp. 140–145, 2018.

F. Hamdi dan Thamrin, “Perancangan dan Pembuatan Alat Kontrol Lampu Rumah Otomatis Menggunakan NODEMCU 8266 Berbasis Internet Of Things (IoT),” Jurnal Voteteknika, vol. 9, no. 1, pp. 1–7, 2021.

N. Imamah dan D. S. Andika, “Perancangan Sistem Monitoring Dan Pengendalian Lampu Menggunakan Sensor Gerak Dan Sensor Cahaya Dilengkapi Internet Of Things (IOT),” COMPUTING | Jurnal Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 14–21, 2021.

D. Susilo, C. Sari, dan G. W. Krisna, “Sistem Kendali Lampu Pada Smart Home Berbasis IoT (Internet of Things),” ELECTRA : Electrical Engineering Articles, vol. 2, no. 1, pp. 23–30, 2021.

M. H. Abdullah, “Rancang Bangun Sistem Kontrol Lampu Listrik Menggunakan Remote Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535,” Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 40–47, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Putra, M. R. S., & Mulyati, S. (2022). Penerapan Metode Waterfall Untuk Sistem Kontrol Lampu Otomatis Berbasis Web Di Universitas Budi Luhur. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 885–894. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/129

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>