ANALISIS SENTIMEN PUTUSAN MK SENGKETA PILPRES 2024 PADA YOUTUBE BERBASIS WEB DENGAN NAIVE BAYES

Penulis

  • Fakhri Setiawan Universitas Budi Luhur
  • Pipin Farida Ariyani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Youtube, Analisis Sentimen, Mahkamah Konstitusi, Naïve Bayes

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi telah memberikan dampak yang besar dalam mengubah media sosial menjadi platform utama bagi masyarakat untuk berbagi informasi,pandangan, dan opini mereka. Beragam platform media sosial yang ada seperti YouTube yang menjadi salah satu yang populer di Indonesia. Baru-baru ini, YouTube Indonesia sempat disibukkan karena pada tahun 2024, Indonesia menyelenggarakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, sebuah pesta demokrasi yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Namun, seperti halnya dalam demokrasi di negara mana pun, pemilihan ini tidak lepas dari sengketa dan kontroversi dikarenakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Tanggapan publik terhadap hasil putusan tersebut juga beragam,  sebagian mendukung, sebagian netral, dan sebagian lagi menunjukkan ketidakpuasan atau ketidaksenangan. Dengan demikian, dibutuhkannya penelitian yang bertujuan untuk menganalisis sentimen terhadap komentar-komentar di YouTube khususnya pada saluran KompasTV dan CNN Indonesia yang menayangkan putusan MK terkait gugatan sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2024 di Indonesia. Melalui penelitian ini, dengan menggunakan metode Naïve Bayes untuk menganalisis sentimen terhadap komentar tersebut, dapat diperoleh pemahaman yang lebih baik tentang respons/opini masyarakat terhadap keputusan politik. Hasil dari analisis sentimen dengan rasio data latih 10% dan data uji 90% menunjukkan bahwa 63,8% masyarakat sentimen positif terhadap hasil putusan tersebut, 13,3% bersifat netral, dan 22,8% mengekspresikan sentimen negatif. Selain itu, penggunaan Naive Bayes menunjukkan akurasi mencapai 65%, presisi mencapai 62%, recall mencapai 73%, dan f1-score mencapai 61%.

Referensi

V. R. A. Sejati, et al, “Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Ipusnas Pada Google Play Store Dengan Multinomial Naïve Bayes,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) 21 Maret 2023, vol. 2, no. 1, 2023, , pp. 182-190.

We are social, “DIGITAL 2024,” we are social. https://datareportal-com.translate.goog/reports/digital-2024-indonesia?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

R. A. Firsttama, A. A. Arifiyanti, and D. S. Y. Kartika, “Analisis Sentimen Komentar Youtube Konferensi Tingkat Tinggi G20 Menggunakan Metode Naive Bayes,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 282–285, 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i2.1263.

C. A. Misrun, E. Haerani, M. Fikry, and E. Budianita, “Analisis Sentimen Komentar Youtube Terhadap Anies Baswedan Sebagai Bakal Calon Presiden 2024 Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 4, no. 1, pp. 207–215, 2023, doi: 10.37859/coscitech.v4i1.4790.

R. A. Fauzan, and M. Mufti, “Analisis Sentimen Komentar Youtube Tentang Program Kampus Merdeka Berbasis Web Menggunakan Algoritma Multinomial Naïve Bayes,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 2, no. 2, September 2023, pp.864-871.

A. Karimah and G. Dwilestari, “Analisis Sentimen Komentar Video Mobil Listrik Di Platform Youtube Dengan Metode Naive Bayes,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik informatika), vol. 8, no. 1, pp. 767-773, 2024.

P. A. Permatasari, L. Linawati, and L. Jasa, “Survei Tentang Analisis Sentimen Pada Media Sosial,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 20, no. 2, pp. 177-186, 2021, doi: 10.24843/mite.2021.v20i02.p01.

N. Ferdyansyah and A. Solichin, “Analisis Sentimen Terhadap Pembelajaran Dosen Berdasarkan Data Kritik Saran Mahasiswa Menggunakan Metode Naive Bayes,” Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universits Budi Luhur), vol. 19, no. 2, pp. 104-111, 2022.

A. A. Ningtyas, A. Solichin, and R. Pradana, “Analisis Sentimen Komentar Youtube Tentang Prediksi Resesi Ekonomi Tahun 2023 Menggunakan Algoritme Naïve Bayes,” Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universits Budi Luhur), vol. 20, no. 1, pp. 9-16, 2023.

M. I. Maulana, E. Budianita, M. Fikry, and F. Yanto, “Klasifikasi Sentiment Ulasan Aplikasi Sausage Man Menggunakan VADER Lexicon dan Naïve Bayes Classifier,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 4, no. 3, pp. 485-492, 2023, doi: 10.30865/json.v4i3.5854.

R. Y. Lesmana, R. Andarsyah, “Model Klasifikasi Multinomial Naïve Bayes Untuk Analisis Sentiment Terkait Non-Fungible Token,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 1, no. 3, pp. 135-139, 2022.

E. F. Saputra and M. R. Pribadi, “Analisis Sentimen Komentar Pada Kanal Youtube The Lazy Monday Menggunakan Algoritma Naïve Bayes” MDP Student Conference (Msc) 2023 Universitas Multi Data Palembang, pp. 17-23, 2023.

D. Juhaeni and A. Wibowo, “Penerapan Metode Naïve Bayes Untuk Wacana Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur Pada Twitter,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) 6 September 2022, vol. 1, no. 1, 2022, pp. 683-690.

R. Safri Irawansyah, L. A. Syamsul Irfan A, and G. Wahyu Wiriasto, “Analisis Sentimen Terhadap Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier (NBC),” JTIKA: Jurnal Teknologi Informasi, Komputer dan Aplikasinya, vol. 5, no. 2, pp. 237-244, 2023.

H. A. R. Harpizon et al., “Analisis Sentimen Komentar Di YouTube Tentang Ceramah Ustadz Abdul Somad Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 131-140, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Setiawan, F., & Ariyani, P. F. (2024). ANALISIS SENTIMEN PUTUSAN MK SENGKETA PILPRES 2024 PADA YOUTUBE BERBASIS WEB DENGAN NAIVE BAYES. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 769–778. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1295

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>