KLASTERISASI DATA SISWA BERDASARKAN NILAI AKADEMIK DAN PERILAKU MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING BERBASIS WEB DI SDN CIPONDOH 2

Penulis

  • Farah Dyah Salsabila Universitas Budi Luhur
  • Imelda Imelda Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

K-Means Clustering, Pengelompokan Siswa, Kualitas Pembelajaran

Abstrak

Variasi kemampuan akademik dan perilaku siswa di SDN Cipondoh 2 merupakan tantangan dalam menyediakan layanan pendidikan yang merata. Guru sering kesulitan memberikan perhatian yang seimbang kepada semua siswa, sehingga menghambat perkembangan mereka. Untuk mengatasi hal ini, metode K-Means Clustering digunakan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan nilai akademik dan perilaku. Metode ini membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik serupa, memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan setiap kelompok. Penelitian ini melibatkan analisis data akademik dan perilaku siswa yang diolah menggunakan K-Means Clustering melalui aplikasi berbasis web. Aplikasi ini membantu guru dan pengelola sekolah dalam memahami data untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Evaluasi pengelompokan dilakukan dengan Davies-Bouldin Index (DBI), yang menunjukkan efektivitas metode ini dalam membentuk kelompok siswa dengan karakteristik yang mirip dan terpisah dengan baik. Implementasi K-Means Clustering di SDN Cipondoh 2 terbukti meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat diterapkan di sekolah lain yang menghadapi tantangan serupa, menawarkan solusi inovatif untuk peningkatan pendidikan.

Referensi

H. Syukron, “Perbandingan K-Means K-Medoids dan Fuzzy C-Means untuk Pengelompokan Data Pelanggan dengan Model LRFM”, MALCON: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 2, no. 2, pp. 76-83, 2022.

N. Hendrastuty, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Dalam Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (Jima-Ilkom), vol. 3, no. 1, pp. 46-56, 2024, doi: 10.58602/jima-ilkom.v3i1.26.

S. Nurdiani, S. Linawati, R. Ade Safitri, E. Panca Saputra, and S. Nusa Mandiri Jakarta, “Pengelompokan Perilaku Mahasiswa Pada Perkuliahan E-Learning dengan K-Means Clustering,” Generation Journal, vol. 19, no. 2, pp. 81-92, 2019.

E. A. Saputra and Y. Nataliani, “Analisis Pengelompokan Data Nilai Siswa untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Clustering K-Means,” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 3, no. 3, pp. 429-439, 2021, [Online]. Available: http://journal-isi.org/index.php/isi

J. Hutagalung, Y. H. Syahputra, Z. Pertiwi Tanjung, “Pemetaan Siswa Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,” JATISI: Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, pp. 606-620, 2022.

I. T. Umagapi, et al, “Uji Kinerja K-Means Clustering Menggunakan Davies-Bouldin Index Pada Pengelompokan Data Prestasi Siswa,” Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) VIII, vol. 7, no. 1, 2023, pp. 303-308.

I. R. Mahartika and A. Wibowo, “Data Mining Klasterisasi dengan Algoritme K-Means untuk Pengelompokkan Provinsi Berdasarkan Konsumsi Bahan Bakar Minyak Nasional,” Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK), 2019, vol. 3, no. 1, pp. 87-91.

S. D. G. W. N. Weri Sirait, “Algoritma K-Means Untuk Klasterisasi Tugas Akhir Mahasiswa Berdasarkan Keahlian,” Jurnal Sistem Infromasi dan Teknologi, vol. 1, no. 3, pp. 24-29, 2019.

M. K. Anam, B. Burhanuddin, S. Hadisaputra, and M. Muntari, “Analisis Hubungan Antara Sikap dan Prestasi Belajar Kuliah Online pada Mata Kuliah Pemisahan Analitik Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram,” Chemistry Education Practice, vol. 6, no. 1, pp. 52–56, 2023, doi: 10.29303/cep.v6i1.2927.

S. Kurniawan, A. M. Siregar, and H. Y. Novita, “Penerapan Algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means Dalam Mengelompokan Prestasi Siswa Berdasarkan Nilai Akademik,” Scientific Student Journal for Information, Technology and Science, vol. 4, no. 1, pp.73-81, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Dyah Salsabila, F., & Imelda, I. (2024). KLASTERISASI DATA SISWA BERDASARKAN NILAI AKADEMIK DAN PERILAKU MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING BERBASIS WEB DI SDN CIPONDOH 2. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 334–343. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1310

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama