IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DENGAN METODE ASSOCIATION RULE DALAM MARKET BASKET ANALYSIS PADA DATA TRANSAKSI REDDOG

Penulis

  • Ahmad Kafabih Universitas Budi Luhur
  • Joko Christian Chandra Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

data mining, association rule, algoritma apriori, reddog

Abstrak

Reddog merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Food and Beverages. Dengan transaksi harian yang tinggi dan basis konsumen yang besar serta beragam, perusahaan ini memiliki potensi data yang signifikan untuk dianalisis. Saat ini, data tersebut hanya digunakan untuk laporan penjualan tanpa analisis lebih lanjut. Untuk meningkatkan penjualan diperlukan teknik untuk menganalisis data tersebut untuk memahami pola pembelian konsumen. Untuk itu, diperlukan metode data mining menggunakan association rule dengan algoritma apriori, yang dapat mengidentifikasi asosiasi antar item dalam transaksi dan membantu dalam memberikan rekomendasi produk yang relevan serta menentukan produk yang paling diminati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola pembelian konsumen dengan menerapkan algoritma apriori pada data transaksi penjualan dari 1 Januari hingga 31 Januari 2024. Metodologi yang digunakan adalah waterfall dan crisp-dm untuk mengembangkan aplikasi berbasis web yang mengimplementasikan algoritma apriori. Hasil analisis dengan batas ambang nilai minimum support 0.03 (3%) serta nilai minimum confidence 0.5 (50%) menghasilkan 13 aturan asosiasi, dengan nilai confidence tertinggi sebesar 66.81% dan nilai lift 1.20 pada kombinasi Choco Uyu & Mozzarella, menunjukkan adanya korelasi positif. Temuan pola asosiasi ini memungkinkan Reddog untuk memberikan rekomendasi produk yang sesuai kepada konsumen sesuai dengan aturan asosiasi yang ditemukan. Selain itu, informasi ini dapat digunakan untuk strategi bisnis, seperti menciptakan menu baru atau paket bundling yang lebih menarik.

Referensi

G. Soepriyono and A. Triayudi, “Implementasi Data Mining dengan,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 7, no. 4, pp. 2087-2096, 2023.

D. Maulana and M. Kiptiyah, “Analisa Pembelian Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Galeri Elzatta Cikarang,” Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, vol. 10, no. 2, pp. 18-26, 2019.

I. Qoni'ah and A. T. Priandika, “Analisis Market Basket Untuk Menentukan Asossiasi Rule Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Tb. Menara),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 2, pp. 26-33, 2020.

F. Amsury, A. Pratama, S. W. S. Ramadhan, I. Kurniawati, M. R. Fahdia and A. R. Kadafi, “Implementasi Association Rulesmenentukan Pola Pemilihan Menu Di The Gade Coffee & Gold Menggunakan Algoritma Apriori,” INFOTECH journal, vol. 9, no. 1, pp. 279-286, 2023.

S. Mardani and S. Subandi, “Implementasi Metode Association Rules Dengan Algoritme Apriori Untuk Pola Pembelian Konsumen Di PT. Sehati Bangunan Abadi,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 2, no. 2, 2023, pp. 453-462.

D. A. Silitonga and A. P. Windarto, “Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Assocation Rule Menerapkan Algoritma FP-Growth,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 3, no. 2, pp. 101-109, 2022.

F. Y. Kurnia, R. Arijanto and Y. Kurnia, “Perancangan Aplikasi Web Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Mining Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen PT Cipta Tunggal Elektronik,” Jurnal Algor, vol. 3, no. 1, pp. 71-82, 2021.

H. F. Dewi, H. H. Handayani and J. Indra, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Market Basket Analysis Pada Data Penjualan Retail,” JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), vol. 4, no. 4, pp. 432-436, 2022.

F. Antho, D. Renaldi, E. Edy, and Y. yaqub, “Penerapan Association Rule Data Mining Untuk Rekomendasi Produk Kosmetik Pada PT. Fabiando Sejahtera Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Algor, vol. 2, no. 1, pp. 1-11, 2020.

A. R. Wibowo and A. Jananto, “Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma FP-Growth Pada Perusahaan Ritel,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 2, pp. 200-212, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Kafabih, A., & Chandra, J. C. (2024). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DENGAN METODE ASSOCIATION RULE DALAM MARKET BASKET ANALYSIS PADA DATA TRANSAKSI REDDOG. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 373–381. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1311

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>