IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-256) UNTUK MENGAMANKAN FILE DOKUMEN BERBASIS WEB PADA PT. DAMAI ELOK

Penulis

  • Achmad Choirul Imamudin Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

kriptografi, AES-256, enkripsi berkas, dekripsi berkas, modifikasi

Abstrak

Banyak ahli membuat algoritma, terutama pengembangan algoritma kriptografi yang semakin pesat, sehingga teknologi komputer kontemporer dapat mempertahankan keamanan data. Bagian akuntansi PT Damai Elok sering membuat file atau data seperti kontrak kerja, data pelanggan, dan gaji karyawan. Oleh karena itu, data atau file ini tidak aman; orang yang tidak bertanggung jawab dapat melihatnya jika disimpan di folder komputer atau flash disk. Penulis membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk enkripsi dan dekripsi file ini untuk memastikan bahwa informasi dan file perusahaan tetap aman. Algoritma AES-256 digunakan untuk kriptografi dalam penelitian ini. Algoritma ini menjamin bahwa keamanan file tetap aman dan tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak dapat mengaksesnya. Program yang dapat melihat database aplikasi yang dienkripsi dan kemudian mendekripsi file akan memastikan bahwa file tersebut aman karena kata sandi atau tombol juga dienkripsi.

Proses enkripsi dan dekripsi sistem menggunakan algoritma enkripsi standar lanjutan AES-256 telah diubah dengan menambahkan Randomize karakter. Jumlah waktu yang diperlukan untuk enkripsi dan dekripsi file akan meningkat karena data asli file tidak dapat dibaca setelah dienkripsi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa ukuran file tidak berubah, sehingga algoritma kriptografi AES-256 dapat digunakan untuk melindungi isi file.

Referensi

Andriyanto, R., Khairijal, D. S., Prodi, T., Informatika, S., Tinggi, T., Dumai, J., Utama, K., Bukit, B. I. K., & Dumai, I. Penerapan Kriptografi AES Class Untuk Pengamanan URL WEBSITE Dari Serangan SQL INJECTION, Jurnal Teknik Informatika, 13(1), pp. 61-64, 2020.

Asih, I., Simbolon, R., Gunawan, I., Kirana, I. O., Dewi, R., & Solikhun, S. Penerapan Algoritma AES 128-Bit dalam Pengamanan Data Kependudukan pada Dinas Dukcapil Kota Pematangsiantar, Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 1(2), pp. 54-60, 2020.

Azhari, M., Perwitosari, J., & Ali, F. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, Implementasi Pengamanan Data pada Dokumen Menggunakan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES), 2(1), pp. 2809–476, 2022.

Cristy, N., & Riandari, F, Niolinda Cristy 1 , Fristi Riandari. Implementasi Metode Advanced Encryption Standard (AES 128 Bit) Untuk Mengamankan Data Keuangan, Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 4(2), pp. 75, 2021.

Eka Putri, A., Kartikadewi, A., & Abdul Rosyid, L. A. Implementasi Kriptografi dengan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Bit dan Steganografi menggunakan Metode End of File (EOF) Berbasis Java Desktop pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang. Applied Information System and Management (AISM), 3(2), pp. 69– 78, 2021.

Hulu, D., Nadeak, B., & Aripin, S. Implementasi Algoritma AES (Advanced Encryption Standard) Untuk Keamanan File Hasil Radiologi di RSU Imelda Medan, Konferensi Nasional Teknologi Infomasi dan Komputer, 4(1), pp. 78-86, 2020.

Sihombing, B., Patresia, D., Manrung, S., Ahadi, E., & Gunawan, I. Pengamanan Pesan Teks Menggunakan Kriptofrafi Algoritma Vigenere Chiper Dari Serangan Eavesdropping. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 4(1), pp. 89-94, 2020.

Susanto, E., & Rizki, S. N. Perangkat Lunak Keamanan Berbasis File Menggunakan Algoritma Kriptografi Vigenere Cipher. Jurnal Comasie, 4(6), pp. 66-74, 2021.

Widyawan & Imelda. Pengamanan File Menggunakan Kriptografi Dengan Metode Aes-128 Berbasis Web Di Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 4(1), pp. 15-22, 2021.

Zalukhu, K., Kom, S., Kom, M., & Murniyanti, S. Implementasi Sistem Keamanan Database Data Pelanggaran Hukum Disiplin Prajurit Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard 128 Bit Pada Pengadilan Militer I-02 Medan, Jurnal Sistem Informasi, 2(1), pp. 88-93, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Imamudin, A. C. (2024). IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-256) UNTUK MENGAMANKAN FILE DOKUMEN BERBASIS WEB PADA PT. DAMAI ELOK. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 58–65. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1319