PENERAPAN ALGORITMA APRIORI ASOSIASI PERILAKU PASAR UNTUK MENENTUKAN POLA PENJUALAN PRODUK PAKAIAN BERBASIS WEB PADA ANARCHIVE

Penulis

  • Muhammad Rizky Fadillah Universitas Budi Luhur
  • Noni Juliasari Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Data Mining, Algoritma Apriori, Aturan Asosiasi, Pola Penjualan, Pakaian

Abstrak

Anarchive merupakan toko thrift pakaian bekas import berbagai merk yang berdiri sejak tahun 2021 di masa pandemi. Memiliki jenis pakaian yang terbagi menjadi beberapak kategori, seperti kaos, jaket, hoodie dan celana yang dipasarkan dan dijual setiap harinya. Anarchive harus menemukan tindakan yang tepat untuk menaikkan penjualan dengan memanfaatkan data transaksi penjualan. Pihak Anarchive dapat mengamati tingkat penjualan produknya dengan mengolah data ini menjadi informasi yang berguna. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan sistem informasi data mining dengan menggunakan algoritma apriori yang dapat membantu pihak Anarchive dalam menentukan pola penjualan produknya. Dalam penelitian ini menggunakan 272 total transaksi data penjualan dengan jumlah item sebanyak 27 item, digunakan nilai minimum support 6% dan nilai confidence 12% menghasilkan aturan asosiasi sebanyak 18 dan mencetak 3 aturan asosiasi dengan nilai confidence terbesar, yaitu 43,59%, 40,74%, dan 40,00%.

Referensi

R. Mahmud and A. Hartanto, “Penerapan Data Mining Rekomendasi Laptop Menggunakan Algoritma Apriori,” Juisi, vol. 06, no. 02, pp. 21–30, 2020.

T. Kurniana, A. Lestari, and E. D. Oktaviyani, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Transaksi Penjualan Berbasis Web pada Cafe Sakuyan Side,” Konstelasi Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 13–23, 2023.

A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020.

S. Saefudin and D. Fernando, “Penerapan Data Mining Rekomendasi Buku Menggunakan Algoritma Apriori,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, p. 50, 2020.

S. Sunarti, F. Handayanna, and E. Irfiani, “Analisa Pola Penjualan Makanan Dengan Penerapan Algoritma Apriori,” Techno.Com, vol. 20, no. 4, pp. 478–488, 2021.

E. Nurarofah, R. Herdiana, and N. Dienwati Nuris, “Penerapan Asosiasi Menggunakan Algoritma Fp-Growth Pada Pola Transaksi Penjualan Di Toko Roti,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 353–359, 2023.

R. Sulistiyowati, S. Legis, and D. Y. Krisna, “Strategi Penjualan Dengan Mengetahui Pola Pembelian Pelanggan Terhadap Data Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Informatika dan Komputasi: Media Bahasan, Analisa dan Aplikasi, vol. 17, no. 1, pp. 12-27, 2023.

M. Implementasi Algoritma Apriori Dalam Penentukan Pemesanan Barang Untuk Transaksi Penjualan HandphoneKhanza and R. Toyib, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Penentukan Pemesanan Barang Untuk Transaksi Penjualan Handphone,” J. Sci. Appl. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 221–235, 2021.

I. Darmawan and R. R. Santika, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Penjualan Kendaraan Pada Pt. Solusi Integrasi Pratama (Sitama),” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 2, no. 2, pp. 379–388, 2023.

I. M. D. P. Asana, et al, “Aplikasi Data Mining Asosiasi Barang Menggunakan Algoritma Apriori-TID,” Informal: Informatics Journal, vol. 7, no. 1, pp. 38-45, 2022.

Y. Andini, J. T. Hardinata, and Y. P. Purba, “Penerapan Data Mining Terhadap Tata Letak Buku,” Jurnal Times: Technology Informatics & Computer System, vol. XI, no. 1, pp. 9–15, 2022.

A. Prasetyo, R. Sastra, and N. Musyaffa, “Implementasi Data Mining Untuk Analisis Data Penjualan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Dapoerin’S),” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 94-96, 2020.

P. Iswandi, I. Permana, and F. N. Salisah, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Hypermart Xyz Lampung Untuk Penentuan Tata Letak Barang,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 70-74, 2020.

Calvin Andrew Suwandi, Robi Yanto, Deni Apriadi, “Implementasi Metode Apriori Pada Data Mining Untuk Pola Pembelian Barang,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya Lubuklinggau, vol. 3, no. 1, pp. 15–21, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Fadillah, M. R., & Juliasari, N. (2024). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI ASOSIASI PERILAKU PASAR UNTUK MENENTUKAN POLA PENJUALAN PRODUK PAKAIAN BERBASIS WEB PADA ANARCHIVE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 415–425. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1322

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>