IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA TOKO JOAN COLLECTION

Penulis

  • Bima Arya Pratikto Universitas Budi Luhur
  • Lestari Margatama Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, Wordpress, Business Model Canvas, Search Engine Optimization, Covid-19, Online, Offline

Abstrak

Toko Joan Collection terletak di Pasar Tomang Barat, Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat. Toko ini menjual pakaian seragam sekolah untuk jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan aksesoris, seperti topi, dasi, dan ikat pinggang, serta pakaian muslim pria dan wanita. Kondisi pasar yang di lokasi toko berada sangat kurang bersih, karena berdampingan dengan pasar tradisionalnya. Biasanya ketika pelanggan berbelanja selalu terburu-buru dikarenakan keadaan tempat membuat tidak nyaman. Disebabkan kondisi pasar tersebut membuat pelanggan enggan datang ke toko fisik. Penjualan sebelum periode covid-19 terbilang selalu mengalami peningkatan, tetapi pada saat pandemi covid-19, terjadinya perubahan perilaku belanja konsumen yang cenderung mulai beralih berbelanja secara online yang sebelumnya banyak yang berbelanja secara offline hingga tahun 2024. Sehingga dalam hal ini menyebabkan penurunan penjualan pada toko joan collection. Ditambah lagi dengan tidak adanya kegiatan promosi melalui media sosial maupun di toko fisik sehingga menyebabkan toko joan collection sulit menjangkau target pasar yang luas. Pada proses penjualan produk pada joan collection dilakukan ditoko fisik saja, sehingga hanya pengunjung pasar sekitar toko saja yang dapat membeli produknya. Yang menyebabkan penjualannya menjadi terbatas. Penelitian ini bertujuan menyediakan sistem E-commerce berbasis Content Management System untuk memperluas jangkauan penjualan dan menarik pelanggan baru. Analisis metode penelitian menggunakan Business Model Canvas  dan Search Engine Optimization  untuk membantu website Joan Collection tampil di halaman pertama mesin pencari. Hasil penelitian ini adalah website e-commerce yang dapat meningkatkan penjualan produk Joan Collection secara online, serta memperluas jangkauan penjualan, dan dipadukan dengan media sosial instagram untuk memudahkan upaya promosi.

Referensi

M. D. Firmansyah and H. Herman, “Perancangan Web E- Commerce Berbasis Website pada Toko Ida Shoes,” J. Inf. Syst. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 361–372, 2023, doi: 10.37253/joint.v4i1.6330.

E. Erlinda and dkk, “Perilaku Konsumen: Analisa Deskriptif Pemilihan Tempat Belanja Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan dalam Ekonomi Islam di BT Batik Trusmi Cirebon,” J. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2023.

A. Gustavian and S. Samsinar, “Analisis Dan Implementasi E-commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Studi Kasus: Toko Jade Bag),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 260–266, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1673.

S. A. Saputra and H. Hasugian, “Implementasi E-commerce Berbasis Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Pada Toko Una Baby,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 214–219, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2052.

A. Widyanto and H. Patrie, “Implementasi Penjualan Bebasis E-commerce Pada Toko Synergie Motor,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 92–100, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1593.

E. H. Hermaliani, L. Fatimah, and N. Qomariyyah, “Implementasi Aplikasi E-commerce Untuk Pemberdayaan Home Industri,” INTI Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 111–118, 2020, doi: 10.33480/inti.v15i1.1523.

F. Wigen, “Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis - JTEKSIS,” Prodi Sist. Inf. Univ. Dharma Andalas, vol. 02, pp. 233–240, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis

R. Widyastuti, “Penerapan Sistem Informasi Akademik Di Smk Yaspen Jakarta,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 9, no. 2, pp. 9–24, 2022, doi: 10.30656/prosisko.v9i2.4938.

L. S. Rahmawati, A. Prasetyo, and A. N. Laila, “Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web Pada SD Negeri Blimbing 4 Malang,” J. Janitra Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 63–72, 2022, doi: 10.25008/janitra.v2i2.157.

I. Maghfiroh, Anis Haryanti, Tri Cahyani, “Aplikasi Pemandu Wisata (Tour Guide) Berbasis Android Pada Pariwisata Dieng,” 2024.

W. N. Dewi, F. D. B. Azhar, C. Nas, and A. Sevtiana, “Pembuatan Content Management System Pada Aplikasi Perhitungan Dan Pembagian Hak Waris Berdasarkan Hukum Negara Berbasis Web,” J. Digit, vol. 13, no. 1, p. 53, 2023, doi: 10.51920/jd.v13i1.321.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Pratikto, B. A., & Margatama, L. (2023). IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA TOKO JOAN COLLECTION. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1404–1413. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1329