SENTIMENT ANALYSIS ON SOCIAL MEDIA X ON ELECTRIC VEHICLES IN INDONESIA USING NAÏVE BAYES CLASSIFIER METHOD

Penulis

  • Azka Prawira Ardhana Universitas Budi Luhur
  • Reva Ragam Santika Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifier, Twitter, Text Mining

Abstrak

Kendaraan listrik mulai berkembang pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Banyaknya perusahaan asing yang mulai mempromosikan produk kendaraan listriknya di Indonesia bisa dibilang cukup banyak dan bervariasi. Di sisi lain banyaknya pendapat yang berbeda mengenai kendaraan listrik tersebut, banyak orang yang menerima kedatangan inovasi kendaraan listrik di Indonesia, namun tidak sedikit juga yang kurang setuju dengan itu, mulai dari regulasi sampai sikap berkendara pengemudi di Indonesia. Penelitian ini memiliki maksud guna mencari tahu seberapa besar minat orang Indonesia terhadap kendaraan listrik, mengingat banyaknya penjualan dan promosi produk tersebut di Indonesia serta permasalahan polusi yang tidak ada habisnya. Data yang akan digunakan merupakan postingan dan reply yang berada di aplikasi X. Data yang sudah diperoleh nantinya akan diproses sedemikian rupa sehingga kompatibel dengan metode klasifikasi yang akan diterapkan, yaitu algoritama Naïve Bayes. Metode Naïve Bayes merupakan metode yang paling sering digunakan dalam penambangan teks atau yang biasa disebut text mining, metode ini mengolah kemungkinan munculnya suatu kata yang memiliki nilai dalam suatu dataset. Pada penelitian ini, hasil dari pengujian sentiment mengimplementasikan Naïve Bayes mendapat nilai akurasi sebesar 0.7076923076923077 dari 214 data yang telah melalui tahapa seleksi data, pra proses, penerjemahan dan pelabelan sentiment. Dari seluruh pengujian yang sudah dilaksanakan menciptakan kesimpulan bahwa metode Naïve Bayes mampu melakukan kalkulasi analisis sentiment pada tweet dengan cukup baik serta proses penerjemahan teks dapat menambah nilai akurasi pada metode tersebut

Referensi

Y. Akbar and T. Sugiharto, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter di Indonesia Terhadap ChatGPT Menggunakan Algoritma C4.5 dan Naïve Bayes,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 115–122, 2023

N. Dwitiyanti and N. Selvia, “Analisis Sentimen Twitter Kebiasaan New Normal,” Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 823-836, 2021.

S. Multi Fani, R. Santoso, and Suparti, “Penerapan Text Mining Untuk Melakukan Clustering Data Tweet Akun Blibli Pada Media Sosial Twitter Menggunakan K-Means Clustering,” Jurnal Gaussian, vol. 10, no. 4, pp. 583–593, 2021, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/gaussian/

D. Rifaldi, F. Abdul, and Herman, “Teknik Preprocessing Pada Text Mining Menggunakan Data Tweet ‘Mental Health,’” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 161–171, 2023, doi: 10.51454/decode.v3i2.131.

M. Afdal, L. Rahma Elita, “Penerapan Text Mining Pada Aplikasi Tokopedia Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor,” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 79-87, 2022.

S. K. Wardani, Y. A. Sari, and I. Indriati “Analisis Sentimen Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier terhadap Review Produk Perawatan Kulit Wajah Menggunakan Seleksi Fitur N-Gram dan Document Frequency Thresholding,” JPTIIK, vol. 5, no. 12, pp. 5582-5590, 2021.

A. Fathiarahma, A. Voutama, T. Ridwan, and N. Heryana, “Analisis Text Mining Klasifikasi Kegiatan Keluarga menggunakan Orange dengan Metode Naive Bayes,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 9, no. 1, pp. 35–41, 2023.

D. Septiani and I. Isabela, “Analisis Term Frequency Inverse Document Frequency (Tf-Idf) Dalam Temu Kembali Informasi Pada Dokumen Teks,” SINTESIA: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 81–88, 2022.

D. A. Efraim, “Analisis Sentimen Pada Sosial Media Instagram Menggunakan Algoritma Naive Bayes (Studi Kasus : Timnas Futsal Indonesia),” Prosiding SENAMIKA: Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya, vol. 4, no. 2, pp. 498-509, 2023.

A. Hermawan, I. Jowensen, J. Junaedi, and Edy, “Implementasi Text-Mining untuk Analisis Sentimen pada Twitter dengan Algoritma Support Vector Machine,” JST (Jurnal Sains dan Teknologi), vol. 12, no. 1, pp. 129–137, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Prawira Ardhana, A., & Ragam Santika, R. (2024). SENTIMENT ANALYSIS ON SOCIAL MEDIA X ON ELECTRIC VEHICLES IN INDONESIA USING NAÏVE BAYES CLASSIFIER METHOD. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 435–442. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1338

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama