ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TIKTOKSHOP MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Penulis

  • Fadhlan Ahmad Ghiffary Universitas Budi Luhur
  • Mohammad Syafrullah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Analisis Sentimen, TikTokShop, Naive Bayes, Support Vector Machine, Support Vector Machine (SVM), Klasifikasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen tanggapan masyarakat terhadap aplikasi TikTokShop menggunakan metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM). Kontribusi unik dari penelitian ini adalah memberikan perbandingan empiris antara dua metode machine learning dalam konteks e-commerce yang belum banyak dieksplorasi dalam penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang lebih baik dalam memahami persepsi pengguna serta meningkatkan strategi pemasaran dan keamanan di platform TikTokShop. Data yang digunakan berasal dari berbagai sumber seperti review, komentar, dan postingan di media sosial yang relevan dengan TikTokShop. Fokus analisis diarahkan pada klasifikasi menjadi positif atau negatif, serta kemungkinan untuk mempertimbangkan subkategori atau nuansa yang lebih halus. Studi ini membandingkan efektivitas dua metode pembelajaran mesin, yaitu Naïve Bayes dan SVM, untuk mengidentifikasi metode yang lebih optimal dalam klasifikasi sentimen pengguna TikTokShop. Metode Naïve Bayes adalah pendekatan sederhana yang mengasumsikan independensi fitur, cocok untuk klasifikasi sentimen berdasarkan tokenisasi, penghapusan stopwords, dan perhitungan probabilitas kelas sentimen. SVM, sebagai metode supervised learning, memanfaatkan hyperplane optimal untuk memisahkan data menjadi kelas sentimen positif dan negatif. Kedua metode dievaluasi dengan metrik seperti akurasi, presisi, recall, dan F1-score menggunakan dataset terbagi 80:20 untuk data latih dan data uji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode Naïve Bayes memperoleh akurasi 63.08%, presisi 82.35%, recall 40%, dan skor F1 53.84%. Sementara hasil pengujian SVM menunjukkan akurasi 92.30%, presisi 89.47%, recall sebesar 97.14% dan skor F1 95.58%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode Support Vector Machine (SVM) lebih cocok untuk klasifikasi sentimen pada ulasan pengguna TikTokShop. Penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pengembang aplikasi TikTokShop dalam memahami persepsi dan tanggapan masyarakat, serta sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya dalam analisis sentimen menggunakan metode machine learning.

Referensi

Rahel Lina Simanjuntak, Theresia Romauli Siagian, Vina Anggriani, and Arnita Arnita, “Analisis Sentimen Ulasan Pada Aplikasi E-Commerce Shopee Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, pp. 23–39, 2023, doi: 10.55606/teknik.v3i3.2411.

C. Dwi Angelina, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Classifier Pada Analisis Sentimen Masyarakat Indonesia Terhadap Childfree Pada Twitter,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) Ke-3, 30 Agustus 2023-Jakarta, vol.2, no. 2, 2023, pp. 398-407.

S. Fide, S. Suparti, and S. Sudarno, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Tiktok Di Google Play Menggunakan Metode Support Vector Machine (Svm) Dan Asosiasi,” Jurnal Gaussian, vol. 10, no. 3, pp. 346–358, 2021, doi: 10.14710/j.gauss.v10i3.32786.

J. Alfiah Zulqornain and P. Pandu Adikara, “Analisis Sentimen Tanggapan Masyarakat Aplikasi Tiktok Menggunakan Metode Naïve Bayes dan Categorial Propotional Difference (CPD),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 7, pp. 2886–2890, 2021.

B. A. Maulana, M. J. Fahmi, A. M. Imran, and N. Hidayati, “Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Pluang Menggunakan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine (SVM),” MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 4, no. 2, pp. 375–384, 2024, doi: 10.57152/malcom.v4i2.1206.

R. Sanjaya, E. Tohidi, E. Wahyudi, and K. Kaslani, “Analisis Sentimen Terhadap Berhentinya Tiktokshop Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 8, no. 1, pp. 507–514, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i1.8443.

S. S. Hasibuan, Angraini, E. Saputra, and Megawati, “Jurnal Media Informatika Budidarma Sentimen Analisis Terhadap Fitur Tiktok Shop Menggunakan Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 8, no. 1, pp. 303–311, 2024, doi: 10.30865/mib.v8i1.7238.

Friska Aditia Indriyani, Ahmad Fauzi, and Sutan Faisal, “Analisis sentimen aplikasi tiktok menggunakan algoritma naïve bayes dan support vector machine,” TEKNOSAINS: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika, vol. 10, no. 2, pp. 176–184, 2023, doi: 10.37373/tekno.v10i2.419.

S. Berliani and S. Lestari, “Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Isu Pecat Sri Mulyani Pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Dan Support Vector Machine,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 3, pp. 951–960, 2024, doi: 10.55338/saintek.v5i3.2746.

T. T. Widowati and M. Sadikin, “Analisis Sentimen Twitter terhadap Tokoh Publik dengan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 11, no. 2, pp. 626–636, 2021, doi: 10.24176/simet.v11i2.4568.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Ghiffary, F. A., & Syafrullah, M. (2024). ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TIKTOKSHOP MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 461–468. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1346

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>