RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Penulis

  • Khusnul Khotimah SMP YADIKA 3
  • Joko Sutrisno Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Customer Relationship Management, Pelayanan, SMP

Abstrak

SMP Yadika 3 berada di bawah naungan Yayasan Abdi Karya (Yadika) dan memiliki tanggung jawab penting dalam menyediakan layanan pendidikan berkualitas bagi anak-anak. Namun, pelaksanaan layanan tersebut masih belum optimal, khususnya dalam proses pendaftaran siswa baru yang masih harus dilakukan secara langsung di sekolah, yang menunjukkan bahwa penerimaan peserta didik baru masih belum efisien. Sekolah juga belum memiliki sistem untuk mengkonfirmasi pembayaran secara online, sehingga kesulitan dalam mengevaluasi layanannya karena tidak ada umpan balik dari orang tua atau calon siswa mengenai kualitas layanan yang diberikan. Selain itu, belum tersedia tempat untuk ulasan dari alumni, sehingga calon siswa baru tidak dapat mengetahui kondisi sekolah yang sebenarnya. Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan, yang memungkinkan komunikasi yang lebih efektif antara institusi dan pelanggannya. Penelitian ini menghasilkan sistem E-CRM yang dirancang untuk meningkatkan layanan kepada orang tua dan membuat proses penerimaan siswa baru menjadi lebih efisien. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membantu menyelesaikan berbagai masalah di SMP Yadika 3 dengan menyediakan fitur-fitur seperti informasi penerimaan siswa baru, unggahan bukti pembayaran online, kritik dan saran dari orang tua, serta ulasan dari alumni.

Referensi

I. Setiawan, A. Prianto, E. Sukarya, D. Mulyana, I. Komala, and M. Sapruwan, “Pengaruh Promosi, Lokasi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih SMP Presiden Jababeka yang Dimediasi oleh Minat Beli,” J. EMAS Ekon. Manaj. Akunt. Kewirausahaan, vol. 3, no. 1, pp. 7–13, 2023.

M. Layanan, O. Tua, J. S. Informasi, F. T. Informasi, and U. B. Luhur, “Aplikasi Electronic Customer Relationship Management ( E-CRM ) untuk Aplikasi Electronic Customer Relationship Management ( E-CRM ) untuk Meningkatkan Layanan Orang Tua pada Madrasah Aliyah Al-Falah,” no. May, 2024, doi: 10.36499/jinrpl.v6i1.9439.

W. Wiyanto and Muhammad Najmuddin Dwi Miharja, “Penerapan E-Learning Dengan Pendekatan Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Website Pada Sekolah Menengah Pertama,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 148–154, 2023, doi: 10.51401/jinteks.v5i1.2307.

N. A. Septiani and C. R. Mallinda, “Penerapan Customer Relationship Management Penerimaan Siswa Baru Di Era Pandemi Dengan Metode Extreme Programming,” J. Penerapan Sist. Inf. (Komputer Manag., vol. 4, no. 3, pp. 545–555, 2023.

S. Aripin, Hendri Irawan, Wendi Usino, and Ita Novita, “Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang,” KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 39–48, 2023, doi: 10.36080/kresna.v3i1.74.

A. Hasanudin and D. Gustian, “Baitul Huda Dengan Menggunakan Metode Customer Relationship Management ( Crm ),” no. September, 2022.

S. Kasus, Y. Zulaikah, P. M. Mutohar, and A. E. Suijianto, “CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( CRM ) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulullah Tulungagung , Indonesia E - mail : yayukzulaikah75@gmail.com PENDAHULUAN Pada zaman era digital saat ini , membuat teknologi ,” vol. 11, no. 3, pp. 1172–1182, 2024.

A. C. Oktaviana and T. A. Auliandri, “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Meja Dan Kursi Menggunakan Diagram Pareto Dan Fishbone Pada PK. SKM JATI,” INOBIS J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 6, no. 4, pp. 559–572, 2023, doi: 10.31842/jurnalinobis.v6i4.310.

A. L. Kalua, R. Mantiri, C. Rumondor, and E. Mogogibung, “Sistem Informasi Pendaftaran Beasiswa dan Jadwal Legalisir Berbasis Website Responsif (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Sulawesi Utara),” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 58–74, 2024.

t bayu Kurniawan and Syarifuddin, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” J. Tikar, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/121

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Khotimah, K., & Sutrisno, J. (2024). RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1293–1300. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1349

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama