PENERAPAN TEXT MINING DAN ANALISIS SENTIMEN PADA KOMENTAR YOUTUBE “DIRTY VOTE” MENGGUNAKAN ALGORITMA KLASIFIKASI

Penulis

  • Ahmad Farul Azis Universitas Budi Luhur
  • Mardi Hardjianto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

kecurangan pemilu, Youtube, analisis sentimen, Text Mining, Naive Bayes, k-nearest neighbor, decision tree

Abstrak

Kecurangan dalam pemilu merupakan salah satu masalah yang ada dalam konteks demokrasi karena dapat mengancam integritas proses demokratis dan kedaulatan rakyat. Jenis kecurangan seperti politik uang, politik identitas, intimidasi pemilih, dan manipulasi hasil pemilu dapat merusak kepercayaan masyarakat dan demokrasi secara keseluruhan. Isu kecurangan ini sering kali menjadi perbincangan hangat di masyarakat dan memicu perdebatan yang intens. Pada Februari 2024 lalu terdapat sebuah film yang berjudul “Dirty Vote” yang menjadi perbincangan hangat masyarakat di berbagai platform media sosial terutama YouTube. Komentar terhadap film tersebut berisi pro dan kontra dari masyarakat. Namun, dengan banyaknya komentar masyarakat dan tidak memungkinkan untuk menghitung satu persatu maka diperlukan analisis sentimen menggunakan pendekatan text mining. Tujuan penelitian ini untuk memahami sentimen masyarakat dalam memperoleh gambaran yang jelas berupa positif, negatif atau netral terhadap isu yang diangkat dalam film Dirty Vote menggunakan metode naïve bayes, K-NN dan decision tree sekaligus mengetahui algoritma manakah yang terbaik. lgoritma naïve bayes menghasilkan nilai akurasi sebesar 81% menggunakan pelabelan manual dan akurasi 70% menggunakan pelabelan lexicon. Algoritma K-NN menghasilkan akurasi 80% menggunakan pelabelan manual dan akurasi 61% menggunakan pelabelan lexicon. Algoritma decision tree menghasilkan akurasi 74% menggunakan pelabelan manual dan akurasi 68% menggunakan pelabelan lexicon. Sehingga dari ketiga pengujian tersebut algoritma naïve bayes dengan pelabelan manual menghasilkan tingkat akurasi sebesar 81% dengan presisi sebesar 81%, recall sebesar 100% dan F1-Score sebesar 90% menjadi algoritma terbaik pada penelitian ini.

Referensi

I. Kurniawan, A. Lia Hananto, S. Shofia Hilabi, A. Hananto, B. Priyatna, and A. Yuniar Rahman, “Perbandingan Algoritma Naive Bayes Dan SVM Dalam Sentimen Analisis Marketplace Pada Twitter,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 731–740, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id

S. Styawati, A. R. Isnain, N. Hendrastuty, and L. Andraini, “Comparison of Support Vector Machine and Naïve Bayes on Twitter Data Sentiment Analysis,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 6, no. 1, pp. 56–60, 2021, doi: 10.30591/jpit.v6i1.3245.

A. Prayogo, F. Fauziah, and W. Winarsih, “Perbandingan Algoritma Naïve Bayes Dan K-Nearest Neighbor Pada Klasifikasi Judul Artikel Pada Jurnal Ilmiah,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 8, no. 4, pp. 1327–1338, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i4.4141.

M. Aufar, R. Andreswari, and D. Pramesti, “Sentiment Analysis on Youtube Social Media Using Decision Tree and Random Forest Algorithm: A Case Study,” 2020 Int. Conf. Data Sci. Its Appl. ICoDSA 2020, 2020, doi: 10.1109/ICoDSA50139.2020.9213078.

H. Ashari, D. Arifianto, H. Azizah, and A. Faruq, “Perbandingan Kinerja Algoritma Multinominal Naive Bayes (MNB, Multivariate Bernoulli dan Rocchio Algortihm Dalam Klasifikasi Konten Berita Hoax Berbahasa Indonesia Pada Media Sosial,” Http://Repository.Unmuhjember.Ac.Id, pp. 1–12, 2020.

R. Savira, A. Solichin, I. Imelda, and M/ Syafrullah, “Analisis Sentimen Pada Twitter Terhadap Kenaikan BBM 2022 Dengan Lexicon Dan Support Vector Machine,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Tenologi Informasi (SENAFTI) KE-2, vol. 2, no. 1, April 2023, pp. 211–218. [Online]. Available: https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/564

F. Z. Tala, “A Study of Stemming Effects on Information Retrieval in Bahasa Indonesia,” M.Sc. Thesis, Append. D, vol. pp, pp. 39–46, 2003.

R. D. Wahyuni and A. N. Utomo, “Penggunaan Metode Lexicon Untuk Analisis Sentimen pada Ulasan Aplikasi KAI Access di Google Play Store,” J. Rekayasa Inf., vol. 11, no. 2, pp. 134–145, 2022.

R. Darmawan and S. Amini, “Perbandingan Hasil Sentimen Analysis Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor pada Twitter Comparison of Sentiment Analysis Results Using Naïve Bayes and K-Nearest Neighbor Algorithm on Twitter,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 1, no. 1, September 2022, pp. 495–501. [Online]. Available: https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/210

C. A. Misrun, E. Haerani, M. Fikry, and E. Budianita, “Analisis Sentimen Komentar Youtube Terhadap Anies Baswedan Sebagai Bakal Calon Presiden 2024 Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 207–215, 2023, doi: 10.37859/coscitech.v4i1.4790.

Y. Hariyanti, S. Kacung, and B. Santoso, “Analisis Sentimen Terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Tentang Batasan Umur Capres Dan Cawapres Menggunakan Metode Naïve Bayes,” Multidiscip. Indones. Cent. J., vol. 1, no.1, pp. 517–525, 2024.

C. Cahyaningtyas, Y. Nataliani, and I. R. Widiasari, “Analisis Sentimen Pada Rating Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Decision Tree Berbasis SMOTE,” Aiti, vol. 18, no. 2, pp. 173–184, 2021, doi: 10.24246/aiti.v18i2.173-184.

R. Metivianis, D. E. Ratnawati, and B. Rahayudi, “Analisis Sentimen pengguna Twitter terhadap Vaksinasi Sinovac dan AstraZeneca menggunakan Algoritma CART,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 4, pp. 1913–1920, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Azis, A. F., & Hardjianto, M. (2024). PENERAPAN TEXT MINING DAN ANALISIS SENTIMEN PADA KOMENTAR YOUTUBE “DIRTY VOTE” MENGGUNAKAN ALGORITMA KLASIFIKASI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 499–508. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1355

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>