IMPLEMENTASI TEKNIK CLUSTERING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PADA SMK YADIKA 3 JAKARTA BERBASIS WEB

Penulis

  • Yogi Ahmad Universitas Budi Luhur
  • Titin Fatimah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Data Mining, K-Means Clustering, Elbow, Siswa, Faktor

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat ketidakhadiran siswa di SMK Yadika 3 Jakarta menggunakan teknik clustering algoritma K-Means. Data penelitian diambil dari siswa kelas 10, 11, dan 12 pada tahun ajaran 2023-2024. Algoritma K-Means digunakan karena keunggulannya dalam mengelompokkan data tanpa label kelas, sehingga dapat mengidentifikasi pola ketidakhadiran yang tidak terlihat sebelumnya. Teknik elbow digunakan untuk menentukan jumlah cluster optimal. Hasil pengujian ini menggunakan data kehadiran siswa dan faktor siswa dengan jumlah 936 baris data. Pada pengujian evaluasi elbow dengan 10 cluster, 9 cluster merupakan cluster paling optimal dengan memiliki nilai selisih elbow SSE sebesar 958.37 yang merupakan nilai selisih terendah pada cluster. Pada setiap anggota cluster, yang memiliki anggota paling sedikit yaitu C1 yang memiliki anggota sebanyak 46 siswa dan anggota cluster terbanyak yaitu C6 yang memiliki anggota sebanyak 194 siswa. Dari hasil pengujian identifikasi faktor siswa kelompok yang memiliki faktor yang buruk, hampir keseluruhan adalah kelompok C9 dan hasil pengujian yang memiliki faktorsedikit yaitu kelompok C4 yang hanya buruk pada faktor motivasi belajar siswa dan kelompok C7 yang hanya buruk pada faktor kesehatan siswa. Penelitian tersebut dapat dikembangkan pada sekolah untuk memberikan arahan serta intervensi kepada siswa dan lingkungan di sekolah SMK Yadika 3 Jakarta seperti membuat kebijakan pada siswa yaitu membuat program motivasi, program kesehatan dan kebersihan, layanan konseling dan menyediakan fasilitas transportasi sekolah guna mencegah penyebab ketidakhadiran pada siswa.

Referensi

P. R. Adella, V. Apriade and R. Taufik, "Penerapan K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Elbow," Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. 6, no. 1, pp. 164-172, 2023.

Y. Aditia and A. Rio, "Pengelompokan Data Nilai Siswa Menggunakan Metode K-Means Clustering," Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI), vol. 1, no. 1, pp. 20-28, 2023.

D. Irwan, r. sholeh, V. A. Sandy, H. H. Nirwana and F. R. Anang, "Implementasi Metode Clustering Pada Data Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Algoritma K–Means (Studi Kasus SMK Darul Falah Kertagena Tengah)," Jurnal Insand Comtech, vol. 7, no. 2, pp. 1-7, 2022.

N. Ismasari, P. Reza and Suherman, "Implementasi Algoritma K-Means Dalam Mengkategorikan Produk Terlaris Dan KurangLaris Pada Toko Alfamart Cikarang," Jurnal Pelita Teknologi, vol. 16, no. 1, pp. 79-87, 2021.

A. K. M, J. Asep and I. A. R, "Pengaruh Pendapatan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Algoritma K-Means Clustering," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 31434-31444, 2023.

B. A. M. Muhammad, M. C. Yusup and E. Ultach, "Penerapan Algoritma K-Means dan Decision Tree Dalam Analisis Prestasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 4, no. 2, p. 355−364, 2022.

S. Muhammad and A. Khurotul, "Perbandingan Evaluasi Metode Davies Bouldin, Elbow Dan Silhouette Pada Model Clustering Dengan Menggunakan Algoritma K Means," STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 8, no. 1, pp. 56-65, 2023.

H. Nirwana, "Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Dalam Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa," Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), vol. 3, no. 1, pp. 46-56, 2024.

I. M. Qorik and S. B. Eko, "Implementasi Algoritma K-Means Clustering Dalam Penilaian Kedisiplinan Siswa," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 4, p. 522−528, 2022.

Rasiban and P. R. M. Samuel, "Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Prestasi Akademik Di SMA Negeri 13 Jakarta Dengan Menggunakan Algoritma Random Forest," INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 4, pp. 10065-10079, 2023.

M. Rifaldie and Z. Hadi, "Penerapan Algoritma K-Means dalam Penentuan Siswa Bermasalah Berdasarkan Running Record (Studi Kasus: SMK Averus Jakarta)," JRIIN: Jurnal Riset Informatika dan Inovasi, vol. 1, no. 7, pp. 720-729, 2024.

D. Sofia and Oktaviawati, "Penerapan Algoritma C4.5 untuk Pehamanan Siswa SMK Pada Pelajaran Kompetensi Keahlian," INTERNAL (Information System Journal), vol. 5, no. 2, pp. 116-125, 2022.

W. Sri and Y. Sonia, "Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Siswa Berprestasi Dengan Menggunakan Algoritma K Nearest Neighbor," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 3, pp. 2598-2611, 2022.

Suryani and Mustakim, "Estimasi Keberhasilan Siswa dalam Pemodelan Data Berbasis Learning," Bulletin of Informatics and Data Science, vol. 1, no. 2, pp. 81-88, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Ahmad, Y., & Fatimah, T. (2024). IMPLEMENTASI TEKNIK CLUSTERING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PADA SMK YADIKA 3 JAKARTA BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 490–498. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1360

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>