IMPLEMENTASI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO BUCKET REZZA FLOWERS

Penulis

  • Dinda Aryani Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahya Putra Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, CMS, Bucket, Toko Rezza Flowers

Abstrak

Toko Rezza Flowers merupakan suatu bisnis yang menjual produk buket, seperti buket snack, buket boneka, buket uang, dan buket bunga palsu. Saat ini proses penjualan hanya dapat dilakukan melalui whatsapp saja, sehingga pesanan pelanggan sering terlewatkan oleh pemilik dan membuat pelanggan kebingungan barang pesanan tidak dikirim karena tidak ada konfirmasi dari pemilik. Adapun media promosi yang digunakan kurang maksimal hanya memanfaatkan fitur stories sehingga pelanggan kesulitan mengetahui informasi produk secara lengkap sebab katalog dan juga promosi hanya berupa foto buket dan harga saja. Maka dari itu, untuk penyelesaian permasalahan tersebut dengan mengimplementasikan sistem E-Commerce. Dalam penelitian ini, menggunakan metode Fishbone Diagram untuk menganalisis permasalahan sistem berjalan, Business Model Canva (BMC) untuk menganalisis proses pengembangan bisnis, Unified Modeling Language (UML) untuk perancangan sistem usulan, Content Management System (CMS) untuk membantu dalam implementasi E-Commmerce dengan penerapan Search Engine Optimization (SEO) dan Strategi Marketing untuk memperluas jangkauan pasar. Hasil akhir pada penelitian ini adalah sebuah website E-Commerce untuk membantu proses penjualan dan promosi produk di Toko Rezza Flowers. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan teknik SEO untuk penyebarluasan jangkauan pasar sehingga calon pelanggan dapat mengetahui informasi produk yang dijual, serta dengan adanya website E-Commerce memberikan kemudahan dalam proses transaksi dan pengelolaan pemesanan.

Referensi

J. Dalle, A. Akrim, and Baharudin, Pengantar Teknologi Informasi, 1st ed. Depok: Rajawali Pers, 2020. [Online]. Available: http: //www.rajagrafindo.co.id

N. Ratama, Munawaroh, and S. Mulyati, “Sosialisasi Penggunaan E-Commerce Dalam Perkembangan Bisnis Di Era Digital,” vol. 1, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/article/view/3

B. B. Perdana et al., “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Outlet Every Mart Bandara Husein Sastranegara Bandung,” Wacadesain, vol. 3, no. 2, pp. 70–80, 2022, doi: https://doi.org/10.51977/wacadesain.v3i2.915.

N. Permatasari and Samsinar, “Pengembangan E-Commerce Menggunakan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Amira Bucket,” J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 20, no. 2, pp. 224–231, 2021, doi: https://doi.org/10.36054/jict-ikmi.v20i2.393.

F. Fenando, P. Studi, S. Informasi, F. Sains, and D. Teknologi, “Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang-Indonesia,” Jusifo J. Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 66–77, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/6532/3382

D. Lesmana and K. Santosa, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Buket Bunga Kain Flanel Pada Toko R-Collection Berbasis Web,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 5, pp. 1192–1201, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2602

A. U. Hamdani and R. L. Mubarak, “Model E-Commerce Dengan Metode Web Engineering Method Untuk Menunjangpemasaran Produk Pada Xyz Pet Shop,” Pros. SENDI_U, pp. 16–24, 2019, [Online]. Available: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7271

Rosida, Minarni, and Mustaqiem, “Penerapan E-Commerce Pada Sistem Informasi Penjualan Bucket Bunga Sampit Menggunakan Rapid Application Development,” Resolusi Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 2, no. 2, pp. 41–47, 2021, doi: https://doi.org/10.30865/resolusi.v2i2.238.

W. Eko Nurazizah, A. Yeyen Purnamasari, and B. Supriatno, “Inovasi Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Microsoft Teams Berbantu Fishbone Diagram,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 15, pp. 654–671, 2023, doi: 10.5281/zenodo.8218325.

R. S. Y. Zebua et al., Bisnis Digital (Strategi Administrasi Bisnis Digital untuk Menghadapi Masa Depan). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Bisnis_Digital_Strategi_Administrasi_Bis/06C9EAAAQBAJ

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Aryani, D., & Cahya Putra, B. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO BUCKET REZZA FLOWERS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1319–1328. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1366

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama