IMPLEMENTASI DAN DESAIN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO SETIA JAYA AUDIO UNTUK MENUNJANG LAYANAN PENJUALAN

Penulis

  • Dwi Istiqomah Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-commerce, CMS, BMC, SEO, WordPress, Toko Setia Jaya Audio

Abstrak

Saat ini teknologi informasi berkembang pesat, begitu pula dengan kebutuhan manusia. Teknologi berperan sangat penting bagi kehidupan manusia. Ini membawa dampak adanya transformasi pelaksanaan taktik bisnis guna memikat pembeli. Transformasi taktik bisnis menyangkut pada UMKM sehingga harus beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang eksternal akibat perkembangan teknologi. Salah satu jenis penerapan teknologi dalam rangka peningkatan persaingan bisnis dan penjualan produk adalah pemanfaatan E-Commerce. Toko Setia jaya audio ialah salah satu UMKM yang berjalan pada bidang penjualan sound system, kabel sound dan aksesoris sound. berdiri pada tahun 2020 daerah Tangerang Selatan dimana toko ini ialah anak usaha dari toko Nusantara audio yang berdiri tahun 2016 hingga kini, berlokasi di Bawen Jawa Tengah, karena memiliki dua toko dengan lokasi yang berbeda owner harus bolak-balik Tangerang - Bawen setiap bulannya guna memantau kedua toko tersebut. Dalam menjalankan usahanya Toko Setia Jaya Audio terus menghadapi permasalahan diantaranya yaitu: kurangnya media promosi, jangkauan pelanggan hanya sekitar toko, tidak adanya detail informasi produk, tidak adanya laporan stok produk, dokumen arsip nota sering hilang bahkan rusak serta sering terjadi kesalahan pencatatan laporan. Guna menangani permasalahan ini terdapat ide untuk menggunakan sistem e-commerce dengan memakai Content Management System (CMS) memakai tools WordPress  dengan plugin WooCommerce untuk mengatasi problem di sistem yang ada saat ini. Penelitian ini memakai metodologi Business Model Canvas (BMC) dalam menganalisis model bisnis dan dibantu dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) dalam penerapannya berguna mendukung website tampak pada halaman mesin pencari. Dengan membuat website e-commerce ini pemasaran menjadi lebih optimal, mempermudah pelanggan mendapat informasi, mempermudah pembuatan laporan yang akurat dan mempermudah pelanggan guna melakukan pemesanan serta menangani masalah yang ada di Toko Setia jaya audio.

Referensi

Pranitasari, Diah, and Ahmad Nurafif Sidqi. 2021. “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality Dan Kartesius.” Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM) 18(02): 12–31.

Anggraeni, Elisabet Yunaeti, and Rita Irviani. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Surya, Permadi. 2017. “PERANCANGAN APLIKASI E-JOURNAL ON-LINE LPPM UNIVERSITAS BOROBUDUR MENGGUNAKAN CMS OJS.” JUPITER-Jurnal Penerapan Ilmu-Ilmu Komputer 3(2): 1–8.

Permatasari, Putri Indah, and Masruchin. 2022. “Analisa Proses Bisnis Dan Model 62 Bisnis Pada Platform E-Commerce Syariah Salamin.Id.” Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 5(1): 171–80.

A. S., Rosa, and M Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur Dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: INFORMATIKA.

Afriansyah, Dhimas Adhinar, Donna Setiawati, and Arief Rais Bahtiar. 2022. “Rancang Bangun Website E-Commerce Di Toko Sean Shoes Menggunakan Metode Rapid Application Development.” JITU : Journal Informatic Technology And Communication 6(1): 1–8.

Permatasari, Putri Indah, and Masruchin. 2022. “Analisa Proses Bisnis Dan Model 62 Bisnis Pada Platform E-Commerce Syariah Salamin.Id.” Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 5(1): 171–80.

Pramudita, Yoga Dwitya, Huzaini, and Firdaus Solihin. 2019. “PENERAPAN METODE SEO ON PAGE DAN OFF PAGE PADA WEB PENJUALAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN RANKING SERP.” Jurnal Ilmiah NERO 4(2): 125–33.

Sunarsasi, and Nanang Rudi Hartono. 2020. “STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH DI KABUPATEN BLITAR (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi).” JURNAL TRANSLITERA 9(1): 22– 31.

Sakti, Yuni Krida, Indah Apriliana Sari W, and Diana Zuhroh. 2020. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terhambatnya Perkembangan Umkm Sentra Ikan Bulak ( SIB ) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram.” Prosiding Seminar Nasional Darmajaya 1: 92–99.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Istiqomah, D., & Suryadi, L. (2024). IMPLEMENTASI DAN DESAIN WEBSITE E-COMMERCE PADA TOKO SETIA JAYA AUDIO UNTUK MENUNJANG LAYANAN PENJUALAN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1349–1357. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1382

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>