IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MECHIL GARAGE

Penulis

  • M Sigeg Tuwuh Nugroho Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

spare part, e-commerce, content management system, wordpress

Abstrak

Mechil Garage merupakan sebuah bengkel spesialis produk spare part motor, menghadapi sejumlah tantangan operasional yang menghambat efisiensi dan pertumbuhan bisnisnya. Masalah utama termasuk penurunan pendapatan perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, termasuk keterbatasan jam operasional toko, lambatnya proses pengecekan ketersediaan spare part, kurangnya histori percakapan pelanggan, serta media promosi yang kurang informatif. Faktor-faktor ini menyebabkan berkurangnya kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta menghambat efektivitas pengambilan keputusan. Perlu dilakukan perbaikan dalam aspek operasional, promosi, dan manajemen pelanggan untuk meningkatkan pendapatan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan penjualan dengan mengimplementasikan sistem e-commerce menggunakan Content Management System (CMS) WordPress. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur untuk memahami permasalahan yang dihadapi oleh Mechil Garage. Analisis dilakukan menggunakan Fishbone Diagram dan Business Model Canvas (BMC) untuk mengidentifikasi masalah dalam aspek Place, Promotion, Performance, dan Process yang kemudian membantu dalam pengembangan model bisnis terintegrasi dengan sistem e-commerce. Sistem dirancang menggunakan Unified Modeling Languange (UML), dan diimplementasikan dengan WordPress CMS, termasuk fitur seperti WooCommerce serta optimasi Search Engine Optimization (SEO). Strategi pemasaran dikembangkan melalui Instagram untuk promosi, dengan fokus pada pengelompokan produk, penetapan harga, dan fleksibilitas pemesanan melalui platform e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem e-commerce berhasil mengatasi masalah penjualan dan operasional, memperluas akses layanan, dan mengoptimalkan kualitas komunikasi dengan pelanggan. Pemasaran dengan akurat juga dicapai melalui penggunaan media sosial dan distribusi kupon, meningkatkan penjualan. Kesimpulannya sistem e-commerce berbasis CMS WordPress dengan WooCommerce di Mechil Garage telah meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan serta peningkatan pendapatan karena meluasnya jangkauan pemasaran. Sistem ini menyediakan update inventori real-time, menerima pesanan 24/7, dan memfasilitasi komunikasi langsung dengan pelanggan melalui fitur chat box. Promosi melalui media sosial dan distribusi kupon juga efektif meningkatkan kesadaran pelanggan, sementara otomatisasi laporan mempercepat pembuatan laporan penjualan, mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan efisien.

Referensi

F. Baylon Bawo, Y. D. Da, Y. Khwuta, and E. E. Sala, “Aplikasi Penjualan Sparepart Kendaraan Bermotor Berbasis Web Pada Bengkel Orakeri Mbay”, Simtek : Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer, vol. 8, no. 1, pp. 141–147, 2023.

S. L. Kumala, “Perkembangan Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia”, 109 Journal of Economics And Regional Science, vol. 1, no. 2, pp. 109–117, 2021.

C. S. D. Kusuma et al., E-Commerce Suatu Pengantar Bisnis Digital. Eureka Media Aksara, 2024.

M. Yoga Bagaskhara, G. Gata, and A. Widjaja, “Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Wordpress Pada Toko Mainan Koleksi DCR Diecast”, Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 2, no. 1, pp. 809-814, 2023.

E. Revsie Akbar and H. Irawan, “Analisis Dan Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress Pada Queenita Classic”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 107-116, 2021.

J. Jonathan, I. Rahdiana, and F. Aprilyani, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis CMS (Content Management System) Pada Toko Olahraga XYZ”, JSI : Jurnal Sistem Informasi, vol. 12, no. 1, pp. 17-27, 2023

D. Kharisma, “Aplikasi E-Commerce Untuk Pemesanan Sparepart Motor Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter”, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 3, no. 1, pp. 83–89, 2022.

S. Raden, S. Atmaja, and G. Gata, “Penerapan CMS untuk Website E-Commerce pada Chaca Collections”, Prosiding SISFOTEK, vol. 6, no. 1, pp. 53-57, 2022.

Onan Marakali Siregar, Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM. Puspantara, 2020.

T. Ermuda Nugroho, “Penerapan E-Commerce Dengan Strategi Business Model Canvas (BMC) Untuk Penjualan Sparepart Motor”, IDEALIS, vol. 4, no. 2, pp. 177-186, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Tuwuh Nugroho, M. S., & Irawan, H. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MECHIL GARAGE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1374–1383. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1387

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama