IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN ADMINISTRASI RAWAT JALAN PADA KLINIK URSILA MEDIKA

Penulis

  • Muhammad Tegar Alghiffari Universitas Budiluhur
  • Goenawa Brotosaputro Universitas Budiluhur

Kata Kunci:

e-CRM, Ursila Medika, Kesehatan

Abstrak

Klinik Ursila Medika didirikan oleh Dr. Shoffy Ursila Baihaqi dan mulai beroperasi pada tanggal 1 Oktober 2017. Berlokasi di Boulevard Graha Raya, Tangerang Selatan, klinik ini menjadi salah satu dari sedikit fasilitas kesehatan yang melayani masyarakat di wilayah tersebut, terutama di Graha Raya. Klinik Ursila Medika sering menangani volume data yang besar, seperti rekam medis, data pasien, dan data resep obat. Oleh karena itu, CRM dapat berperan penting dalam mengotomatisasi berbagai tugas administratif dan manajerial, mengurangi kesalahan manusia, serta meningkatkan efisiensi operasional. Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang ingin mendaftar, diperlukan penerapan prinsip manajemen hubungan pelanggan atau CRM. Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah alat bisnis yang dirancang untuk membantu membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan, baik yang sudah ada maupun calon pelanggan. Tujuan utama pengembangan CRM adalah untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan mempercepat pertumbuhan penjualan. CRM memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data dari berbagai saluran komunikasi , seperti situs web, email , panggilan telepon, ruang obrolan, dan jejaring sosial. Data ini kemudian disimpan dalam database terpusat yang dapat diakses oleh berbagai orang dalam organisasi perusahaan. Melalui integrasi data yang konsisten, CRM solusi bisnis yang mempercepat proses penjualan , efektivitas pemasaran dan mendukung layanan berorientasi solusi.

Referensi

Rifaldy, Sulaeman, B., & Suppa, R. (2022). Sistem Informasi Pelelangan Di Pegadaian Cabang Malili Berbasis Android. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 2(1), 59–72. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/48%0Ahttp://ijoehm.rcipublisher.org/in dex.php/ijoehm/article/download/48/37

Amalia Safira, I., Hendriyani, C., Damayanti, F., Rochmah, Ts., & Sekretari dan Manajemen Taruna Bakti, A. (2021). Implementasi electronic customer relationship management dalam meningkatkan loyalitas pelanggan hotel aston pasteur. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 119–125. https://ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/view/37441/17530

Hafsari, R., Aribe, E., & Maulana, N. (2023). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Inventori Dan Penjualan Pada Perusahaan Pt.Inhutani V. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 10(2), 109–116. https://doi.org/10.30656/prosisko.v10i2.7001

Ariansyah, P. M., & Wijaya, K. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web: Studi Kasus: SD Negeri 18 Tanah Abang. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 2(3), 138–156. https://doi.org/10.47747/jpsii.v2i3.562

Ita Dwiaini. (2019). Peran Tekonologi Informasi Pada Bidang Farmasi . Simtika, 2(3), 32–34.

(Nahariah, 2022) Nahariah, N. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 68–72. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i1.200

Babar, M. P., & Saitakela, M. (2019). Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Pada Klinik Valerie Beauty. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 3(1), 58–63. https://doi.org/10.36596/jitu.v3i1.74

Rizal, C., Zen, M., Maulariqa Insani, T., & Taufiq Rustam, M. (2021). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Rawat Jalan dan Rawat Inap Pada Klinik Zaky Sinar Husada. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 05(01), 91–102.

Senjani, pebria. (2024). Customer Relationship Management Application at Mitra Palembang Cliniudul. 3(10), 4170–4192. https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/1215

Alvionnita, A. N., Firmansyah, A. U., & Maharani, D. (2021). Implementasi Customer Relationship Management Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Klinik Dinda Berbasis Web. JUTSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 1(1), 71–78. https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i1.1047

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Tegar Alghiffari, M., & Brotosaputro, G. (2024). IMPLEMENTASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN ADMINISTRASI RAWAT JALAN PADA KLINIK URSILA MEDIKA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1619–1628. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1390