Implementasi Algoritma K-Means Untuk Klasterisasi Anggota Koperasi Lemdiklat Polri Menggunakan Prepocessing Rfm Berbasis Web

Penulis

  • Euis Watia Universitas Budi Luhur
  • Sri Mulyati Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

clustering, k-means, anggota koperasi

Abstrak

Nasabah yang tergabung dalam Koperasi Lemdiklat Polri merupakan entitas penting yang mempengaruhi perkembangan koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan atau membandingkan metode klasterisasi dengan mengelompokkan anggota koperasi menjadi tiga klaster sesuai dengan karakteristiknya yaitu anggota sangat aktif, anggota aktif, dan anggota tidak aktif. Memungkinkan Anda melihat anggota koperasi mana yang memerlukan pembayaran saat berbelanja, dan siapa yang paling aktif membeli dari koperasi tempat Anda dapat bersaing dengan anggota lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode algoritma K-Means berdasarkan analisis recency, frequency and currency (RFM). Algoritma yang digunakan diimplemntasikan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan berbasis web. K-Means memiliki kelebihan yaitu sangat cepat dalam proses clustering disbanding dengan K-Medoids pada pemilihan data point sebagai pusatnya dan K-Means bisa menghasilkan nilai rasio simpangan baku yang lebih kecil. Lokasi penelitian dilakukan pada Koperasi Lemdiklat Polri, data yang dilakukan klaster sebanyak 16.465 data pembelian dengan 221 anggota yang menghasilkan data sangat aktif, tidak aktif, dan aktif, guna mendukung strategi pemasaran agar semakin banyak anggota koperasi.

Referensi

Andi Cuhwanto, Y. N., & R, D. A. (2021). Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means. Petir, 15(1), 48–56. https://doi.org/10.33322/petir.v15i1.1358.

Chanafi, M. I., Hapsari, D. P., Hapsari, R. K., & Indriyani, T. (2019). Implementasi Algoritma Clustering Untuk Pengelompokan Pelanggan Retail Berdasarkan Skor Recency, Frequency, dan Monetary. In Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII.

Firmansah, R. Y., Dedy Irawan, J., & Vendyansyah, N. (2021). Analisis Rfm (Recency, Frequency And Monetary) Produk Menggunakan Metode K-Means. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1). https://doi.org/10.36040/jati.v5i1.3282.

Fithriyah, M., Yaqin, M. A., & Zaman, S. (2021). K-Means Clustering Untuk Segmentasi Produk Berdasarkan Analisis Recency, Frequency, Monetary (RFM) Pada Data Transaksi Penjualan. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(2).

Hendrawan, R.A., Utamima, A. & Husna, A., 2015. Segmentasi dan Evaluasi Loyalitas Pelanggan Distributor Produk Etikal Farmasi Berdasarkan Nilai Pelanggan. In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. hal.2–3.

J, J., & Yanto, D. (2019). Analisis RFM dan Algoritma K-Means untuk Clustering Loyalitas Customer. Energy - Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 9(1).

Jumadi, B., & USU. (2018). Peningkatan Hasil Evaluasi Clustering Davies Bouldin Dengan Penentuan Titik Pusat Cluster Awal K Means.

Nawrin, S., Rahman, M.R. & Akhter, S. 2017. Exploreing k-means with internal validity indexes for data clustering in traffic management system. International Journal of Advanced Computer Science and Applications 8(3): 264-272.

Normah, N., Nurajizah, S., & Salbinda, A. (2021). Penerapan Data Mining Metode K-Means Clustering Untuk Analisa Penjualan Pada Toko Fashion Hijab Banten. Jurnal Teknik Komputer, 7(2). https://doi.org/10.31294/jtk.v7i2.10553.

Muni, A. (2020). Analisis Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Penjualan Sepeda Motor Studi Kasus PT. Alfa Scorpii. JUTI UNISI, 4(1). https://doi.org/10.32520/juti.v4i1.1087

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Watia, E., & Mulyati, S. (2022). Implementasi Algoritma K-Means Untuk Klasterisasi Anggota Koperasi Lemdiklat Polri Menggunakan Prepocessing Rfm Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 691–698. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/139