IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM CMS) WORDPRESS UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA BLOWNIE

Penulis

  • Amanda Suci Ramadani Universitas Budi Luhur
  • Hestya Patrie Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-commerce, Website, Kue Brownies, SEO, Business Model Canvas

Abstrak

Blownie merupakan sebuah toko online yang menjual kue brownies dengan ragam jenis dan variannya, menghadapi sejumlah masalah dalam menjalankan bisnisnya. Beberapa masalah yang dihadapi oleh bisnis ini termasuk keterbatasan promosi yang masih bergantung pada media sosial Instagram, transaski tanpa bukti pemnayaran formal, pencatatan penjualan yang masih konvensional, serta kesulitan dalam mencapai pelanggan selain dari media sosial Instagram. Sebagai upaya mengatasi kendala ini, fokus penelitian ini adalah untuk mengembangkan situs website e-commerce khusus untuk Blownie. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Business Model Canvas (BMC) dan menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO) dalam pembuatan website e-commerce yang berbasis CMS WordPress. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aksebilitas produk dan layanan terhadap pelanggan secara online. Hasil penelitian berupa website e-commerce Blownie menunjukkan bahwa dengan dilakukannya pengembangan website e-commerce dapat meningkatkan penjualan produk, memperluas jangkauan pasar, serta memberikan akses yang luas kepada pelanggan. Dengan dibangunnya website e-commerce ini diharapkan dapat membantu Blownie untuk memperluas pasar, meningkatkan efisiensi penjualan, serta memberi kemudahan akses terhadap pelanggan dalam mendapatkan produk terbaik untuk pelanggan.

Referensi

T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, M. Wulandari, and P. ’ Aisyiyah Pontianak, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN DIAGRAM UML (UNIFIED MODELLING LANGUAGE),” Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2022.

F. Ramdani Rehalat, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT JANTUNG PADA MASYARAKAT MENGGUNKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID (HEART DISEASE DIAGNOSIS EXPERT SYSTEM IN COMMUNITY USING ANDROID-BASED FORWARD CHAINING METHOD),” JURNAL TRANSIT, vol. 9, no. 12, pp. 73–80, 2021.

A. Indrawan, P. #1, and A. Diana, “Perancangan E-Commerce dengan Business Model Canvas untuk Peningkatan Penjualan pada Toko Parfum,” Jurnal Telematika, vol. 15, no. 1, pp. 19–27, 2020.

A. A. Wiguna and A. U. Hamdani, “PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN PRODUK PADA TOKO OSTEN TANTIOUS,” SENAFTI, vol. 2, no. 2, pp. 1410–1419, 2023.

P. Septi Handayani, D. Anubhakti, I. Novita, and L. Li Hin, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV INDOMITRA CIPTA PANGAN DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM,” SENAFTI, vol. 2, no. 1, pp. 908–914, 2023.

S. Ilyasa and A. U. Hamdani, “PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO MBUL FOODIES UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN PEMASARAN,” SENAFTI, vol. 2, no. 1, pp. 863–870, 2023.

P. Natasya et al., “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN COMPANY PROFILE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA KAFE KAJJA KOREAN STREET FOOD DI GARUT,” Applied Business and Administration Journal, vol. 2, no. 1, pp. 91–99, 2023.

M. Alda, “Perancangan E-Commerce Penjualan Kue Dengan Menerapkan Model B2C (Business To Consumer),” 2022.

A. Nurcahyani, A. Budimansyah Purba, L. Setiyani, and H. Sufansa Komara Dewi, “REKAYASA SISTEM INFORMASI PENYEWAAN BAJU KEBAYA MENGGUNAKAN XTREME PROGRAMMING DENGAN UNFIFIED MODELLING LANGUAGE,” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS), vol. 6, no. 2, pp. 273–278, 2024.

F. Sinata, “The Effect Of User Interface Responsive Mobile Website On The Number Of Visitors Of Pandanhouse.Com Website,” Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, vol. VI, no. 2, pp. 595–604, 2023, doi: 10.30813/j-alu.v2i2.4771.

F. Aditya Nur Akbar and H. Patrie, “Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Bundys Cake And Kitchen,” Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) Jakarta-Indonesia, pp. 1904–1912, 2022, [Online]. Available: https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Suci Ramadani, A., & Patrie, H. (2024). IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM CMS) WORDPRESS UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA BLOWNIE . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1483–1492. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1402

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama