ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA PABRIK DIMSUM ENAK SRM

Penulis

  • Riefky Adnan Saputra Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System, WordPress, SEO

Abstrak

Pabrik Dimsum Enak SRM adalah sebuah toko yang menjual berbagai makanan frozen food yang terletak di daerah Pamulang, Tangerang Selatan. Toko ini memiliki beberapa permasalahan dalam proses penjualannya dikarenakan media promosi yang dipakai melalui sosial media seperti Tiktok, Instagram, dan Whatsapp masih belum dapat mendatangkan keuntungan yang sesuai dengan target toko dikarenakan kurang diterapkannya strategi promosi yang relevan. Permasalahan yang juga dihadapi Toko Pabrik Dimsum Enak SRM yaitu dalam manajemen penjualan seperti melihat penjualan produk serta ketersediaan stok produk karena proses pencatatan laporan dan stok produk yang masih dilakukan dengan tulis tangan sehingga memunculkan resiko ketidakakuratan. Permasalahan – permasalahan tersebut membuat Pabrik Dimsum Enak SRM mengalami penurunan pada hasil penjualannya. Diperparah juga pasca Covid-19 perilaku pelanggan banyak yang berubah dimana lebih beralih ke toko online. Persaingan pada usaha sejenis yang semakin ketat pula mengharuskan Toko Pabrik Dimsum Enak SRM untuk mencari strategi baru dalam penjualannya. Solusi yang ingin diberikan dalam penelitian ini adalah dengan membuatkan website e-commerce. Dengan website e-commerce pencatatan stok dan laporan sudah akurat karena terotomatisasi oleh sistem. Toko Pabrik Dimsum Enak SRM juga dapat merambah ke dunia bisnis digital yang dimana hal tersebut dapat memperluas cakupan pelanggan. Dengan memiliki website e-commerce Toko Pabrik Dimsum Enak SRM mendapatkan kontrol penuh atas semua aktivitas yang terjadi dalam website sehingga dapat memaksimalkan performa website untuk menaikkan angka penjualan. Website e-commerce yang dibuat akan menggunakan Content Management System (CMS) WordPress serta plugin-plugin yang dapat melengkapi fitur dalam website. Dalam penelitian ini menggunakan Business model canvas (BMC) untuk menjelaskan model bisnis yang dijalankan pada toko Pabrik Dimsum Enak SRM. Penelitian ini menerapkan teknik pencarian kata kunci dengan menggunakan pendekatan Search Engine Optimization (SEO). Hasil dari penelitian ini adalah website e-commerce yang dapat memperluas cakupan pelanggan serta dapat meningkatkan penjualan toko.

Referensi

F. Ramadhan and L. Fajarita, “IMPLEMENTASI RANCANGAN E-COMMERCE PADA SURYA TIMUR COLLECTION DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS),” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 1, Jan. 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1508.

M. Dody Firmansyah, “Perancangan Web E-commerce Berbasis Website pada Toko Ida Shoes,” Journal of Information System and Technology, vol. 04, no. 01, pp. 361–372, 2023.

S. Santosa and H. Ismaya, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA TOKO IMPORTIR LAPTOP BANDUNG,” Jurnal. Bandung: Politeknik Pos Indonesia, vol. 11, no. 1, 2021.

V. Ramadhanti, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) OSCOMMERCE PADA SITUS PENJUALAN (Studi Kasus : Toko Cahaya Komputer),” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 1, no. 1, pp. 58–64, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

F. Alfiah, R. Tarmizi, and A. A. Junidar, “PERANCANGAN SISTEM E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN PAKAIAN PADA TOKO A&S,” Innovative Creative and Information Technology, vol. 6, 2020.

N. Musthofa and M. A. Adiguna, “Perancangan Aplikasi E-commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Ccomputer Kota Tangerang,” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. 1, no. 03, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

N. Maisari, Musbikhin, and Karmuji, “MODEL PENGEMBANGAN BISNIS TOSERBA SUNAN DRAJAT MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS,” Al-Muzdahir : Jurnal Ekonomi Syariah, vol. 05, no. 01, 2023, doi: 10.55352/ekis.

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

A. T. Arsanto, “PERANCANGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA LABORATORIUM FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN DENGAN FRAMEWORK CakePHP,” JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika, vol. 5, no. 02, pp. 1–9, Dec. 2021, doi: 10.36352/jr.v5i02.273.

S. Sukri and Z. Zulfikar, “Mendapatkan Peringkat Terbaik Website Pada Search Engine Dengan Metode Search Engine Optimization (SEO),” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 3, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Adnan Saputra, R., & Ainur Rony, M. (2024). ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS PADA PABRIK DIMSUM ENAK SRM. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1414–1423. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1406

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.