PENERAPAN ASSOCIATION RULE DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK PADA TOKO ACIRO BERBASIS WEB

Penulis

  • Muhammad Rizky Universitas Budi Luhur
  • Ferdiansyah
  • Ika Susanti

Kata Kunci:

Data Mining, Association Rule, algoritma fp-growth

Abstrak

Toko Aciro perlu merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk tidak hanya mendapatkan keuntungan, tetapi juga sebagai landasan yang kuat dalam pengambilan keputusan. Toko Aciro harus melakukan pengambilan keputusan yang tepat untuk melihat potensi konsumen dan barang yang disukai konsumen agar dapat membuat prediksi produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Data transaksi penjualan belum dimanfaatkan dengan maksimal dan hanya berfungsi sebagai arsip dan laporan. Oleh karena itu, data transaksi penjualan toko harus dianalisis. Analisis ini akan mencakup pemrosesan data atau data mining menggunakan metode association rule. Algoritma yang digunakan dalam analisis ini adalah FP-Growth. Hasil algoritme tersebut berupa informasi pola pembelian pelanggan, produk yang sering dibeli bersamaan dan hubungan antara produk. Diharapkan bahwa informasi yang dihasilkan dapat membantu manajemen Toko Aciro dalam menentukan strategi pemasaran dan penjualan. Aturan asosiasi yang dihasilkan melalui penerapan Association Rule dan algoritma FP-Growth ini dapat digunakan untuk menentukan kombinasi produk yang dijual di Toko Aciro guna keperluan bundling promo. Hasil dari proses Data Mining ini juga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan lebih lanjut dalam strategi promosi.

Referensi

J. Suntoro, Data mining : algoritma dan implementasi dengan pemrograman PHP. 2019.

M. Arhami dan M. Nasir, Data Mining - Algoritma dan Implementasi. Andi, 2020.

H. D. Ariyantini, D. M. Puspita, and A. Triyono, “Implementasi Algoritma Fp-Growth Untuk Rekomendasi Produk Di Toko Lm Mart,” JULIA: Jurnal Ilmu Komputer An Nuur, vol. 4, no. 1, pp. 1-12, 2024.

A. Ayu, A. P. Windarto, and D. Suhendro, “Implementasi Data Mining Dengan Metode Fp-Growth Terhadap Data Penjualan Barang Sebagai Strategi Penjualan Pada CV. A & A Copier,” RESOLUSI: Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 67-75, 2021.

S. Pracoyo, and E. Seniwati, “Algoritma Apriori Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan SMK Ma’arif 1 Wates,” INFOS Journal-Information System Journal, vol. 1, no. 2, pp. 1-6, 2019.

M. A. Muslim, et al., "Data Mining Algoritma C4.5," 2019.

A. F. Boy, S. Yakub, I. Ishak, and Z. Azmi, “Implementasi Data Mining Pada Pengaturan Distribusi Barang Dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth,” J. Sci. Soc. Res., vol. 5, no. 2, pp. 431, 2022, doi: 10.54314/jssr.v5i2.947.

M. Mariko, “Perbandingan Algoritma Apriori Dan Algoritma FP-Growth Untuk Rekomendasi Item Paket Pada Konten Promosi,” EXPLORE, vol. 11, no. 2, pp. 24-28, 2021.

K. Febiola, and W. Verina, “Penerapan Algoritma Apriori dan FP – Growth Untuk Menentukan Strategi Promosi Pada Universitas Potensi Utama,” JUREKSI: Jurnal Rekayasa Sistem, vol. 2, no. 2, 2024.

P. K. Heatubun, and M. Fansyuri, “Analisa Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Produk Menggunakan Algoritma FP-Growth Berbasis Web Studi Kasus Online Shop Muslim Galeri,” BINER: Jurnal Ilmu Komputer, vol. 1, no. 6, pp. 1376-1382, 2024.

N. Nurahman, A. Maulana, A. Suprianur, and F. U. Faruq, “Algoritma Fp-Growth Untuk Rekomendasi Menu Minuman Di Jingga Coffee,” J. Glob. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 8–17, 2023, doi: 10.55324/jgi.v1i1.2.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Rizky, M., Ferdiansyah, & Susanti, I. (2024). PENERAPAN ASSOCIATION RULE DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK PADA TOKO ACIRO BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 585–593. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1411

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>