IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGANALISIS DATA PENJUALAN PRODUK PADA PASTI BISA COFFEE & ROASTERY MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI BERBASIS WEB

Penulis

  • Rafly Adie Putranda Universitas Budi Luhur
  • Painem Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Data Mining, Algoritma Apriori, Aturan Asosiasi, Pasti Bisa Coffee & Roastery

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem data mining menggunakan algoritma apriori untuk menganalisa pola pembelian pengunjung pada Pasti Bisa Coffee & Roastery. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data transaksi penjualan pada periode bulan Mei sampai Juni 2024 pada Pasti Bisa Coffee & Roastery. Penelitian ini menggunakan metode aturan asosiasi dengan algoritma apriori untuk menganalisis data transaksi untuk menemukan pola asosiasi antara produk yang sering dipesan oleh pengunjung. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi terkait kebiasaan pengunjung dalam melakukan pemesanan sehingga dapat membantu pemilik usaha dalam meningkatkan penjualan dan memikat pelanggan khususnya gen z yang memiliki preferensi yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur yang komprehensif, studi lapangan yang mendalam, serta analisis data yang cermat untuk merancang dan mengembangkan sistem data mining yang sesuai dengan kebutuhan Pasti Bisa Coffee & Roastery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma apriori dapat diterapkan dengan sukses dalam mengidentifikasi pola pembelian yang signifikan dan memberikan informasi berharga tentang asosiasi antara produk-produk yang ditawarkan. Dengan menggunakan sistem ini, Pasti Bisa Coffee & Roastery dapat meningkatkan strategi pemasaran, mengidentifikasi tren penjualan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti dalam bidang data mining dan analisis bisnis, terutama dalam konteks industri coffee shop. Selain itu, penelitian ini juga membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai penerapan data mining dalam meningkatkan kinerja bisnis dan memahami perilaku pengunjung.

Referensi

F. Shely Amalia dan D. Darwis, “Analisa Data Penjualan Handphone Dan Elektronik Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : CV Rey Gasendra),” Journal of Telematics and Information Technology, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021.

F. D. Ramadani, B. Irawan, dan A. Bahtiar, “Analisis Keranjang Pasar Untuk Peningkatan Penjualan Mengunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 8, no. 3, hlm. 2941–2950, 2024.

I. Darmawan dan R. R. Santika, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Penjualan Kendaraan Pada PT. Solusi Integrasi Pratama (SITAMA),” Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 379–388, 2023.

G. Soepriyono dan A. Triayudi, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Aksesoris Laptop,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 7, no. 4, pp. 2087–2096, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i4.6555.

D. Maulana dan M. Kiptiyah, “Analisa Pembelian Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Galeri Elzatta Cikarang,” Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, vol. 10, no. 2, pp. 18–26, 2019.

A. N. Fuadi, M. H. Bhakti, dan A. Premana, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Di Toko Ritel Dmart Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, pp. 3269–3277, Agu 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4963.

S. Muharni, S. Andriyanto, dan H. Artikel, “Penentuan Pola Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” Digital Transformation Technology, vol. 4, no. 1, pp. 60–71, 2024, doi: 10.47709/digitech.v4i1.3679.

R. Fatahillah dan A. Wibowo, “Analisis Data Transaksi (Market Basket Analysis) Penjualan Vape Menggunakan Algoritma Apriori Berbasis Website,” Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 901–908, 2023.

Saefudin dan S. Dn, “Penerapan Data Mining Dengan Metode Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Pembelian Ikan,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 6, no. 2, pp. 110–114, 2019.

R. Puspa Karina, S. Lestanti, dan F. Febrinita, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Seleksi Penjurusan Calon Peserta Didik Baru Di SMAK Diponogoro Blitar,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 6, no. 2, pp. 716–724, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Adie Putranda, R., & Painem. (2024). IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGANALISIS DATA PENJUALAN PRODUK PADA PASTI BISA COFFEE & ROASTERY MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 621–629. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1415

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence