RANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MEMPERLUAS PENJUALAN TOKO BAJU NEXT POINT

Penulis

  • Cecep Nuryana Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata
  • Bruri Trya Sartana Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

content management system, e-commerce, SEO, Toko Baju Next Point, website, Woocommerce

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada perancangan sistem penjualan baju secara online berbasis Content Management System (CMS) WooCommerce pada Toko Baju Next Point. Toko Baju Next Point adalah toko yang menjual baju dalam berbagai macam jenis dan model. Dimana proses penjualan masih memakai sistem konvensional yaitu pelanggan harus datang langsung ke toko dan memilih produk yang ingin dibeli sesuai dengan keinginan pelanggan. Media promosi yang dipakai saat ini menggunakan media social seperti WhatsApp sehingga proses transaksi masih dibilang kurang efektif karena promosi di WhatsApp harus menyimpan kontak-kontak yang berhubungan dengan pelanggan, dan ada juga pemilik usaha menggunakan banner yang dipajang di tempat usaha untuk promosinya, pemilik usaha memanfaatkan komuikasi untuk memaksimalkan promosinya.  Berdasarkan kajian tersebut proses pemasaran di Toko Baju Next Point saat ini dianggap belum optimal dalam era teknologi saat ini. Meskipun teknologi terus berkembang Toko Baju Next Point belum memiliki sistem penjualan online (E-Commerce) yang dapat memfasilitasi dan meningkatkan efisiensi proses penjualan untuk bersaing dan menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah platform e-commerce yang dapat meningkatkan efisiensi transaksi, memperluas jangkauan pasar, dan mengoptimalkan pengelolaan bisnis. Metode yang digunakan berupa analisis Businis Model Canvas (BMC). Hasil penelitian menunjuk bahwa penggunaan CMS WooCommerce dapat meningkatkan kemudahan berbelanja bagi pelanggan, mempermudah pengelolaan stok dan laporan keuangan, serta meningkatkan efektivitas strategi pemasaran digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan e-commerce berbasis WooCommerce dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan bisnis Toko Baju Next Point.

Referensi

A. T. Martadinata and I. Zaliman, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi E-Commerce dengan menggunakan Content Management System (CMS), WooCoomerce dan Xendit Pada Koperasi Universitas Bina Insan,” Sigmata J. Manaj. dan Inform., vol. 9, no. 1, pp. 16–21, 2021.

P. Ramadhanti, Vanessa, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM ( CMS ) OSCOMMERCE PADA SITUS PENJUALAN ( Studi Kasus : Toko Cahaya Komputer ),” vol. 1, no. 1, pp. 58–64, 2020.

M. O. Yosepha and M. M. Purba, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web Di PT.Bangun Sinergi Berjaya,” pp. 121–132.

Muliadi, “IMPLEMENTASI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ( SEO ) PADA SITUS TRAFIK TINGGI MENGGUNAKAN METODE ON PAGE DAN OFF PAGE SEO,” vol. 6, no. 2, pp. 482–486, 2022.

S. Nurfadilah, “PERANCANGAN WEBSITE COMPANY PROFILE PADA UMKM ORAZIO MULTIUSAHA INDONESIA,” vol. 1, pp. 1–8, 2022.

B. Mahendratta, P. Studi, S. Informasi, and F. R. Industri, “IMPLEMENTASI WEB PORTAL PARIWISATA INDONESIA MENGGUNAKAN JOOMLA BERBASIS,” pp. 160–165.

R. Pakaya, A. R. Tapate, and S. Suleman, “PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN HEWAN TERNAK UNTUK QURBAN DAN AQIQAH DENGAN METODE UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML ),” vol. 8, no. 1, pp. 31–40.

E. Aristriyana and R. A. Fauzi, “ANALISIS PENYEBAB KECACATAN PRODUK DENGAN METODE FISHBONE DIAGRAM DAN FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS ( FMEA ) PADA PERUSAHAAN ELANG MAS SINDANG KASIH CIAMIS,” vol. 4, no. 2, pp. 75–85, 2022.

N. Yuliani, H. Tunafiah, J. Andriani, and S. R. Sampurnaningsih, “Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas ( BMC ) Pada Komunitas Kuliner STII-OK OCE Untuk Tumbuh Dan Bangkit Lebih Kuat Di Era Digitalisasi,” vol. 5, no. 3, pp. 148–160, 2022.

D. Perina, “Penerapan Plugin Customer Relationship Management Dalam Pengelolaan Bisnis,” Appl. Bus. Adm. J., vol. 1, no. 2, pp. 74–80, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Nuryana, C., Gata, G., Trya Sartana, B., & Ainur Rony, M. (2024). RANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MEMPERLUAS PENJUALAN TOKO BAJU NEXT POINT . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1473–1482. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1431

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama