IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS PENJUALAN PADA STARTUP TUKANGBAGUS

Penulis

  • Isfah Alfarisi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Data Mining, Apriori, Market Basket Analysis

Abstrak

Penelitian ini mengimplementasikan Algoritme Apriori dengan Association Rule pada penjualan startup
Tukangbagus. Rumusan masalah meliputi pola penjualan, pola pembelian pelanggan, penggunaan data penjualan, dan
penentuan posisi produk pada produk & jasa. Tujuan penelitian adalah menemukan pola asosiasi antar produk & jasa,
memahami pola pembelian pelanggan, menerapkan data mining untuk pengambilan keputusan, dan meningkatkan penjualan
melalui penempatan produk pada menu. Penulis melakukan studi literatur dan lapangan, wawancara dengan pihak manajemen
Tukangbagus, mengumpulkan data penjualan, dan mengamati penjualan. Data mining digunakan untuk menggali pengetahuan
dari data penjualan yang besar, membantu dalam pengambilan keputusan strategis untuk penempatan produk yang efektif.
Dalam penelitian ini, pengimplementasian pemodelan data menggunakan PHP native. Dengan menggunakan metode ini,
penjual mengetahui kencenderungan kombinasi produk yang sering terjual pada saat bersamaan, sehingga dapat digunakan
sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan penjualan produk. Proses pengujian dalam penelitian ini menggunakan 540 data
yang ditransformasi menjadi 313 records. Penelitian ini menggunakan nilai minimum support sebesar 1 % dan minimum
confidence sebesar 40%, ditemukan sebanyak 13 rules dengan nilai lift ratio melebihi 1.

Referensi

H. Hasanudin, et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Proyek (SiJasPro) Berbasis Mobile”, IT Journal Research and Development, vol. 4, no. 2, 2020.

Muhammad Syafrullah, Ari Hidayatullah, Ena Mudiawati,. “Penerapan Data mining Untuk Memprediksi Minat Nasabah Terhadap Produk Asuransi Meninggal Dunia Dengan Metode Naïve Bayes (Studi Kasus : PT. BNI Life Insurance).” Respati, vol. 16, no. 2, pp. 103-115, 2021. Availabe : https://doi.org/10.35842/jtir.v16i2.406.

Elma Devia, “Aplikasi Sistem Penjualan Menggunakan Teknik Data Mining Dengan Market Basket Analysis Dan Algoritma Apriori (Studi Kasus Pada : Jetlag Coffee),” Jurnal Teknik Informatika dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 28–40, 2021.

Utomo, Dito Putro, and Bister Purba., “Penerapan Datamining Pada Data Gempa Bumi Terhadap Potensi Tsunami Di Indonesia,” Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1 September: 846, 2019. Availabe : https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.91.

N. N. Y. Syahra, dan E. Elfitriani, “Penerapan Metode FP-Growth Untuk Penjualan Produk Seni Ukir Pada Buulolo Galery,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 1, pp. 45-54, 2022, doi: 10.53513/jsk.v5i1.4770.

J. H. F. Sonata, “Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah Asuransi,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, pp. 1187–1194, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3113.

Y. Mardi “Data Mining: Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,” Jurnal Edik Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2019.

Baetulloh, Uci, and Acep Irham Gufroni. “Penerapan Metode Association Rule Mining Pada Data Transaksi Penjualan Produk Kartu Perdana Kuota Internet Menggunakan Algoritma Apriori.” SIMETRIS: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 173–188, 2019.

Setiawan, Aji, and Rizka Mulyanti. “Market Basket Analysis Dengan Algoritma Apriori Pada Ecommerce Toko Busana Muslim Trendy (Market Basket Analysis with Apriori Algorithms in Ecommerce Trendy Muslim Clothing Stores).” JUITA: Jurnal Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 11–18, 2020.

Rusnandi, Suparni dan A. B. Pohan, "Penerapan Data mining untuk Analisis Market Basket dengan Algoritma FP-Growth pada Pasar Tohaga," Janapati: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol. 9, no. 1, pp. 119-133, 2020.

P. Iswandi, I. Permana and F. N. Salisah, "Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Tata Letak Barang," Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 70-74, 2020.

P. H. Simbolon, "Implementasi Data Mining pada Sistem Persediaan Barang Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Srikandi Cash Electronic dan Furniture)," Jurnal Riset Komputer, vol. 6, no. 4, pp. 401-406, 2019.

Ummi, K., Analisa Data mining Dalam Penjualan Sparepart Mobil Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus: Di PT. Idk 1 Medan), CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), vol. 8, no. 3, pp. 145-208, 2016.

Riszky, A. R., & Sadikin, M. “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.

A. P. Putra, F. Adriyanto, K. T. D. M. Harti, and W. Puspita Sari, "Pengujian Aplikasi Point of Scale Berbasis Web Menggunakan Blackbox Testing," Jurnal Bina Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 74-78, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Alfarisi, I. (2024). IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS PENJUALAN PADA STARTUP TUKANGBAGUS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 675–684. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1432

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.