PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA ANITA LAUNDRY

Penulis

  • Aditya Adi Putra Rajab Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Electronic Relationship Management (E-CRM), hubungan dengan pelanggan, kepuasan pelanggan

Abstrak

Anita Laundry ialah langkah inovatif dalam mengoptimalkan hubungan pelanggan melalui platform digital. Era teknologi saat ini sudah mulai mendapatkan momentum khususnya pada sektor korporasi. Persaingan bisnis semakin meningkat dan teknologi menjadi alasan untuk mengubah pola pikir tradisional yang berorientasi pada keuntungan dan merupakan faktor potensial untuk meningkatkan layanan bisnis kepada pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan kebersihan memanfaatkan teknologi untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggannya dan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mencapai tujuan ini. Metode penelitian yang digunakan meliputi kuesioner, wawancara, dan tinjauan pustaka. Anita Laundry diselidiki dan ditemukan tidak mampu meningkatkan layanan pelanggan. Metode dari penelitian ini yang digunakan adalah wawancara dengan pemilik dan karyawan Anita Laundry, observasi, serta tinjauan literatur dari majalah dan dokumen Anita Laundry sebelumnya. Masalah Anita Laundry adalah kurangnya sistem untuk melayani pelanggannya dengan lebih baik. Oleh karena itu, Layanan tidak menerima kritik, saran, keluhan, atau iklan melalui satu media. Maka membuat sistem laundry dengan E-CRM dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML serta MySQL untuk databasenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan E-CRM di industri laundry, dengan fokus pada manfaat, tantangan, dan peluang terkait. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem E-CRM yang dapat membantu untuk mendokumentasikan seluruh tingkat kepuasan pelanggan pada Anita Laundry ini.

Referensi

E. P. Maulidiah, S. Survival, and B. Budiantono, “Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan,” J. Econ., vol. 2, no. 3, pp. 727–737, 2023.

R. Syabania and N. Rosmawarni, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” vol. 10, no. 1, pp. 44-49, 2021.

R. W. Witjaksono, W. Puspitasari, and M. Saputra, “Implementasi Crm Di Umkm Kota Bandung Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan,” Pros. Konf. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. dan Corp. Soc. Responsib., vol. 6, 2023, pp. 1-8.

A. V. Didi Shaldy Rahma, “Penerapan Customer Relationship Management ( CRM ) Pada Penjualan Produk Pertanian Berbasis Web Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 6, pp. 570–578, 2023.

A. B. Masrina, M. Amin, and P. Putri, “Implementasi E-CRM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Di Toko Matrix Celluler Berbasis Web,” JUTSI J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 77–84, 2022.

A. P. H. Tampubolon, E. Rajagukguk, and A. Gea, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Toko Urban Traffic,” Methosisfo, vol. 2, no. 1, pp. 18–27, 2022.

A. S. Millah, et al, “Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas,” Jurnal Kreativitas Mahasiswa., vol. 1, no. 2, pp. 140–153, 2023.

A. S. Devi, et al, “Mewawancarai Kandidat: Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas,” MASMAN: Master Manajemen, vol. 2, no. 2, pp. 66–78, 2022.

N. Ariyanti, M. Marleni, and M. Prasrihamni, “Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 1450–1455, 2022.

V. V. Bawuno, K. A. Erika, and Y. Syam, “Dampak Penggunaan Dokumentasi Keperawatan Elektronik Terhadap Keselamatan Pasien: A Literature Review,” Jurnal Keperawatan, vol. 15, no. 2, pp. 661–670, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Rajab, A. A. P., & Samsinar, S. (2024). PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA ANITA LAUNDRY. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1533–1542. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1442

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>