PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DENGAN METODE ASSOCIATION RULE PADA DATA PENJUALAN KEDAI KACASAKA UNTUK ANALISIS POLA TRANSAKSI

Penulis

  • Viero Julio Frissi Universitas Budi Luhur
  • Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Data Mining, Algoritma Apriori, Pola Pembelian Pelanggan, Strategi Penjualan, Kedai Kacasaka, Association Rules

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan strategi penjualan di Kedai Kacasaka, sebuah perusahaan makanan dan minuman yang berlokasi di Tangerang. Jumlah data transaksi penjualan kedai ini terus bertambah, tetapi belum digunakan sepenuhnya. Tujuan dari analisis adalah membuat sistem yang memiliki kemampuan untuk menganalisis data penjualan dengan data mining dan algoritme Apriori. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengidentifikasi pola pembelian pelanggan yang dapat membantu mereka membuat keputusan tentang strategi bisnis mereka. Proses penelitian mencakup pengumpulan data dari transaksi pada bulan Februari sampai April 2023, pre-processing data, penggunaan algoritme Apriori, dan pengujian sistem. Informasi yang di gunakan termasuk data tentang tanggal dan barang yang dijual. Diharapkan bahwa hasil analisis data akan memberikan informasi baru yang akan membantu strategi penjualan seperti penjualan ulang dan mempromosikan menu paket. Pada hasil analisis menunjukkan bahwa metode data mining dapat menemukan pola unik dalam cara pelanggan melakukan pembelian. Pelanggan dapat menerima rekomendasi produk yang tepat berdasarkan data ini. Oleh karena itu, diharapkan bahwa algoritma Apriori akan meningkatkan hasil dan efisiensi untuk strategi penjualan Kedai Kacasaka. Selain itu, analisis ini menyelidiki berbagai komponen teknikal dan prosedur yang menggunakan, seperti rencana pada database, konsep antarmuka user, dan pengujian sistem dan validasi yang dibuat hasil tes ditunjukkan bahwa pada sistem yang dibuat beroperasi dengan sangat baik dan mampu memberikan analisis yang relevan dan akurat untuk membantu strategi perusahaan membuat keputusan.

Referensi

A. A. C. Putra, H. Haryanto, and E. Dolphina, “Implementasi Metode Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promo Barang,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 10, no. 2, p. 93, 2021, doi: 10.22303/csrid.10.2.2018.90-100.

C. A. Suwandi, R.Yanto, and Deni Apriadi, “Implementasi Metode Apriori Pada Data Mining Untuk Pola Pembelian Barang,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya Lubuklinggau, vol. 3, no. 1, pp. 15–21, 2021, doi: 10.52303/jb.v3i1.42.

S. Styawati, A. Nurkholis, and K. N. Anjumi, “Analisis Pola Transaksi Pelanggan Menggunakan Algoritme Apriori,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 619–626, 2021.

A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.

F. A. K. Wardani and T. Kristiana, “Implementasi Data Mining Penjualan Produk Kosmetik Pada PT. Natural Nusantara Menggunakan Algoritma Apriori,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 22, no. 1, pp. 85–90, 2020, doi: 10.31294/p.v22i1.6520.

R. Takdirillah, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2020, doi: 10.29408/edumatic.v4i1.2081.

M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, p. 118, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.202.

A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.

M. A. Hanapiyah, Y. Syahtra, and S. Yakub, “Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Pola Penjualan Barang Sejahtera Mart Aceh Tenggara Menggunakan Algoritma Frequen Pattern Growth (FP-Growth),” J. Cyber Tech, vol. x. No.x, no. x, pp. 1–08, 2019.

Z. Abidin, A. K. Amartya, and A. Nurdin, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Kendaraan Roda Dua (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo),” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, pp. 225-232, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.1459.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Frissi, V. J., & Shaka Yudha Sakti, D. V. (2024). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DENGAN METODE ASSOCIATION RULE PADA DATA PENJUALAN KEDAI KACASAKA UNTUK ANALISIS POLA TRANSAKSI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 789–796. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1486

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence