IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI ALGORITMA RSA UNTUK PENGAMANAN DATA ADMINISTRASI PADA KELURAHAN KREO BERBASIS WEB

Penulis

  • Ahmad Sugali Universitas Budi Luhur
  • Pipin Farida Ariyani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Kriptografi, Data, RSA, Web, Keamanan

Abstrak

Keamanan data merupakan aspek penting dalam pengelolaan informasi, terutama dalam lingkungan administrasi publik seperti pada kelurahan. Penerapan kriptografi menjadi solusi penting untuk memastikan kerahasiaan dan integritas data. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma kriptografi Rivest Shamir Adleman (RSA) berbasis web dalam pengamanan data administrasi di Kelurahan Kreo. Algoritma RSA dipilih karena kekuatannya dalam enkripsi dan dekripsi data melalui penggunaan kunci publik dan kunci privat. Metodologi penelitian meliputi perancangan sistem keamanan data berbasis web yang menggunakan algoritma RSA. Sistem ini dirancang untuk mengenkripsi data sensitif administrasi sebelum disimpan dan mendekripsi data saat diakses oleh pihak yang berwenang. Implementasi dilakukan dengan mengintegrasikan RSA dalam framework web yang ada, memastikan bahwa proses enkripsi dan dekripsi berjalan efisien tanpa mengurangi kinerja sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algoritma RSA dalam sistem berbasis web dapat meningkatkan keamanan data administrasi di Kelurahan Kreo. Data yang dienkripsi menjadi sulit diakses oleh pihak yang tidak berwenang, sementara pengguna yang sah tetap dapat mengakses informasi dengan cepat dan akurat melalui proses dekripsi yang efektif. Berdasarkan hasil pengujian dari penerapan proses enkripsi dan proses dekripsi dengan RSA didapatkan hasil yang baik dari hasil enkripsi yang tidak dapat dilihat orang yang tidak berhak dan hasil dekripsi yang tidak beda dengan file asli. Waktu yang di digunakan pada percobaan proses enkripsi dan dekripsi berbeda berdasarkan ukuran file (semakin besar ukuran file semakin lama proses enkripsi dan dekripsinya). 

Referensi

M. Rizky, P. F. Ariyani, “Penerapan Kriptografi Dengan Menggunakan Algoritma RSA Untuk Pengamanan Data Berbasis Dekstop Pada PT Trias Jaya Manunggal,” SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatiak, vol. 4, no. 2, pp. 77-82, 2021.

H. N. Octaviana, A. Rosita, Implementasi Verifikasi Teks Menggunakan Metode Rivest Shamir Adleman (RSA), “Jurnal ilmiah teknologi informasi terapan”, vol. 8, no. 1, pp. 72-77, 2021.

N. Buulolo, A. Sindar, Analisis dan Perancangan Keamanan Data Teks Menggunakan Algoritma Kriptografi DES (Data Encryption Standard), “J. RESPATI Jurnal Teknologi Informasi”, vol. 15, no. 3, pp. 61-65, 2020.

K. Andriani, B. H. Hayadi, Pengamanan Data Penjualan Dengan Kriptografi Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) Pada Toko Baju Family, “Jurnal of Science and Social Research”, vol. 3, pp. 664-670, 2022.

A. Thahara, I. T. Siregar, Implementasi Kriptografi untuk Keamanan Data dan Jaringan Menggunakan Algoritma DES, “J. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi”, vol. 5, no. 1, pp. 31-38, 2021.

H. Wijaya, Implementasi Kriptografi AES-128 Untuk Mengamankan URL (Uniform Resource Locator) Dari SQL Injection, “J. AKADEMIKA”, vol. 7, no. 1, pp. 8-13, 2020.

S. T. Siregar, N. B. Nugroho, H. Sigalingging, Implementasi Algoritma Kriptografi RSA (Rivest Shamir Adleman) Dalam Pengamanan Data Gaji Karyawan Di Kantor BSPJI, “J. SAINTIKOM” vol. 22, no. 2, pp. 528-538, 2023.

Y. Suharya, H. Widia, Implementasi Digital Signature Menggunakan Algoritma Kriptografi RSA Untuk Pengamanan Data Di SMK Wirakarya 1 Ciparay, “J. Computing Jurnal Informatika”, vol 7, no. 1, pp. 20-29, 2020.

I. Radianana, J. Jonathan, Implementasi Kriptografi engan Menggunakan Algoritma 3Des dan Algoritma RC4 Serta Kompresi Huffman Untuk Keamanan File, “J. Technology of Information and Communication”, vol. 10, no. 3, pp. 159-168, 2022.

I. K. Nurhareza, S. Siswanto, Penerapan Algoritma Kriptografi AES 256 Untuk Mengamankan Dokumen Berbasis Web Pada Kelurahan Belendung, “J. SENAFTI”, vol. 1, no. 1, pp. 302-309, 2022.

Yusfrizal, Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper Dan RSA Berbasis Android, “J. Teknik Informatika Kaputama”, vol.3, no. 2, pp. 29-37, 2019.

A. Malvi, Painem, Pengamanan File Gambar pada Media Video dengan Kriptografi Algoritma RSA dan Steganografi Algoritma End of File (EOF), vol. 16, no. 2, pp. 67-74, 2020.

A. S. Joel, F. Abdussalam, Y. Yunengsih, Tata Kelola Rekam Medis Berbasis Teknologi Informasi Dalam Penanganan Kerahasiaan Dan Keamanan Data Pasien Dengan Metode Kriptografi, “J. Manajemen Informatika dan Komunikasi”, vol. 4, no. 3, pp. 837-848, 2023.

M. Dairi, M. S. Asih, Khairunnisa, Implementasi Algoritma Kriptografi RSA Dalam Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaaan, “J. Ilmu Komputer dan Sistem Informasi”, vol. 2, no. 1, pp. 214-223, 2023.

R. Siringoringo, Analisis dan Implementasi Algoritma Rijndael (AES) dan Kriptografi RSA pada Pengamanan File, “J. KAKIFIKOM”, vol. 2, no. 1, pp. 31-42, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Sugali, A., & Pipin Farida Ariyani. (2024). IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI ALGORITMA RSA UNTUK PENGAMANAN DATA ADMINISTRASI PADA KELURAHAN KREO BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 182–189. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1487