ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO HUMAIRA HIJUP

Penulis

  • Gilang Montana Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony Universitas Budi Luhur
  • Yulianawati Yulianawati Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, content management system (cms), business model canvas (bmc), Search Engine Optimization, Kode Referral

Abstrak

Toko Humaira Hijup merupakan usaha penjualan hijab yang menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan dalam operasional bisnisnya, termasuk ketergantungan pada toko fisik dan media sosial. Permasalahan ini menyebabkan keterbatasan dalam pengelolaan pesanan dan pelayanan pelanggan, yang berdampak negatif pada efisiensi operasional serta kualitas layanan yang diberikan. Selain itu, proses bisnis dan pengolahan data di toko ini masih belum terkelola dengan baik, sehingga menghambat pertumbuhan dan daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini dilakukan dengan tujuan merancang sebuah website E-Commerce berbasis Content Management System (CMS) yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional toko. Penelitian ini menggunakan metode yang meliputi identifikasi dan perumusan masalah, pengumpulan data, serta analisis dan perancangan sistem yang tepat. Analisis model bisnis dilakukan dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) guna mengidentifikasi elemen-elemen kunci dalam bisnis, seperti segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran distribusi, serta struktur biaya dan pendapatan. Sistem E-Commerce yang dirancang juga mengintegrasikan strategi promosi menggunakan kode Referral, yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan mendorong pembelian berulang. Selain itu, teknik Search Engine Optimization (SEO) diterapkan sebagai strategi pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas online dan menarik lebih banyak pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website E-Commerce ini dapat memberikan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengelolaan pesanan serta memperluas jangkauan pelanggan toko Humaira Hijup. Implementasi sistem ini diharapkan dapat memberikan solusi berkelanjutan dan signifikan bagi pengembangan bisnis Toko Humaira Hijup di masa depan, serta membantu toko untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan yang dinamis.

Referensi

P. Hendriyati and A. Yusta, “Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web,” JURSIMA (Jurnal Sist. Inf. dan Manajemen), vol. 9, no. 1, pp. 40–48, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stmikgici.ac.id/index.php/jursima/article/view/232

R. Hermiati, A. Asnawati, and I. Kanedi, “Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql,” J. Media Infotama, vol. 17, no. 1, pp. 54–66, 2021, doi: 10.37676/jmi.v17i1.1317.

H. Irawan and M. N. I. Wicaksono, “Merancang Bangun Web E-Commerce Menggunakan Wordpress Studi Kasus Toko Arleuis,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 9–18, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2882.

E. Suwarni, M. Astuti Handayani, Y. Fernando, F. Eko Saputra, F. Fitri, and A. Candra, “Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 187–192, 2022, doi: 10.52436/1.jpmi.570.

Y. Suharya and F. Azhari, “Pembuatan Aplikasi Penjualan Tanaman Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Toko Azrina Flower,” J. Inform., vol. 08, pp. 35–40, 2021.

D. Ramayanti, Y. Jumaryadi, A. Sunandar, and K. Kolidi, “Implementasi Metode Waterfall dalam Pengembangan Sistem Point of Sales dan E-Commerce,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 129–133, 2023, doi: 10.47065/tin.v4i2.4208.

P. Mario Saskara and H. Moch Rizal, “Pengembangan Business Model Canvas untuk Menciptakan Competitive Advantage Seabank Indonesia,” J. Impresi Indones., vol. 2, no. 1, pp. 40–57, 2023, doi: 10.58344/jii.v2i1.1921.

A. K. Julianto and A. Nugroho, “Analisis Kegagalan Rem Kendaraan Penumpang Menggunakan Metode Fishbone Di Bengkel Berkah Mandiri Semarang,” J. Fak. Tek. Univ. Wahid Hasyim, vol. 1, no. 1, pp. 115–121, 2021.

Roys Pakaya, A. R. Tapate, and S. Suleman, “Perancangan Aplikasi Penjualan Hewan Ternak Untuk Qurban Dan Aqiqah Dengan Metode Unified Modeling Language (Uml),” J. TECHNOPRENEUR, vol. Vol 8, 2020.

Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, and Shilka Dina Anwariya, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya,” J. Buana Pengabdi., vol. 3, no. 1, pp. 149–154, 2021, doi: 10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542.

Muhammad Guruh Yuliansyah, Muhammad Adi Bayu Nugraha and Muhammad Trianto, “Lifestyle and Healthy CMS Wordpress,” OSF Prepr., 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Montana, G., Ainur Rony, M., & Yulianawati, Y. (2024). ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO HUMAIRA HIJUP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1609–1618. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1489