PENERAPAN E-CRM SMA KARTIKA X-1 JAKARTA BERBASIS LARAVEL MENINGKATKAN LAYANAN INFORMASI BAGI WALI MURID

Penulis

  • Hans Christian Marasi Hamonangan Universitas Budi Luhur
  • Goenawan Brotosaputro Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur, Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Customer Relationship Management, UML, PHP, Framework, Laravel

Abstrak

Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan, dalam hal ini orang tua siswa, menjadi faktor kunci dalam keberhasilan sebuah lembaga pendidikan seperti SMA Kartika X-1 Jakarta. Sekolah telah berkomitmen untuk meningkatkan kepuasan orang tua melalui berbagai upaya, salah satunya adalah dengan mengimplementasikan sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis elektronik atau E-CRM. Namun, kendala seperti keterlambatan informasi, minimnya pemantauan perkembangan siswa, dan kurangnya saluran untuk memberikan masukan sehingga wali murid kurang mendapatkan layanan informasi sekolah masih menjadi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan sebuah sistem web berbasis CRM yang efektif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sistem E-CRM yang dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML), bahasa pemrograman PHP dan framework Laravel diharapkan dapat meningkatkan kualitas komunikasi antara sekolah dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem E-CRM yang dikembangkan berhasil dilengkapi dengan fitur-fitur penting seperti pembuatan informasi, penginputan nilai, serta fitur untuk memberikan kritik dan saran. Dengan adanya sistem ini, diharapkan hubungan antara sekolah dan wali murid dapat terjalin lebih baik, sehingga mendukung proses pembelajaran siswa secara optimal. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem E-CRM meningkatkan kualitas layanan sebesar 50%, sehingga berkontribusi signifikan terhadap kepuasan wali murid.

Referensi

G. P. Hafidz and T. Fadilah, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Layanan Purna Jual Kendaraan Bermotor Luxury Brand,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. April, pp. 543–567, 2024.

N. Indasari, S. Asria, M. F. Razak, and N. Hs, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Informasi Penjualan Bucket Berbasis Web di Toko Hadinafa Galery,” Prosiding SISFOTEK, 2023.

S. Lailatus Sa’adah and S. Indriyani, “Penerapan Customer Relationship Management Pada CV. Zam-Zam”. Vol:1, LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, 2021.

P. Prasetya and R. Lubis, “Pembangunan Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Pt. Farhan Surya Indah,” Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER), vol. 1, no. 1, pp. 20–26, 2021.

F. Hidayat, Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan. Deepublish, 2020.

K. Hidayat, A. Deni Wahyudi, and Lathifah, “E-Customer Relationship Management Untuk Peningkatan Mutu Layanan Akademik (Studi Kasus SMK N Unggul Terpadu Lampung Tengah),” JURNAL TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI, vol. 4, no. 1, pp. 89–95, 2023, doi: 10.33365/jtsi.v4i1.2444.

S. Erniwati and Zaeniah, “Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital SMAN 1 Sakra,” EXPLORE, vol. 10, no. 1, pp. 70–78, 2020.

F. Zuhri Muhammad and S. Juanita, “Aplikasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk Meningkatkan Layanan Orang Tua pada Madrasah Aliyah Al-Falah,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 6, no. 1, pp. 62–69, 2024, doi: 10.36499/jinrpl.v6i1.9439.

D. Indah Noor Fitriani and J. Sutrisno, “PENGEMBANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA SMA AL-HASRA KOTA DEPOK,” Idealis: Indonesia Journal Information System, vol. 7, no. 2, pp. 230–239, 2024.

A. Septiyandi, H. Irawan, W. Usino, and I. Novita, “Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang Implementation of E-CRM to Improve Student Parent Services At Islamic Centre High School in Tangerang City,” KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 39–48, 2023.

N. A. A. Anggara, J. Hutahaean, and M. Iqbal, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 3, no. 4, pp. 480–488, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1440.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Christian Marasi Hamonangan, H., & Brotosaputro, G. (2024). PENERAPAN E-CRM SMA KARTIKA X-1 JAKARTA BERBASIS LARAVEL MENINGKATKAN LAYANAN INFORMASI BAGI WALI MURID. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1639–1648. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1495

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama