PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PT JAYA DUTA INDONESIA
Kata Kunci:
Customer Relationship Management (CRM),, Meningkatkan, PelayananAbstrak
PT Jaya Duta Indonesia adalah perusahaan yang beroperasi di bidang Water Treatment, Solar Energy, dan Water Purifier. Perusahaan ini menawarkan berbagai produk dengan kualitas terjamin dan menerapkan sistem quality control yang efektif untuk memastikan setiap produk sampai ke pelanggan dalam kondisi yang baik. Namun saat ini perusahaan masih belum memiliki fasilitas yang memadai untuk mengatur jadwal dan media pengingat jadwal survey sales dan jadwal pemasangan teknisi, sehingga admin kesulitan untuk mengatur jadwal survey dan jadwal pemasangan teknisi. Selain itu dalam menjalankan survey nya, sales mencatat hasil survey nya masih menggunakan media kertas, sehingga mengakibatkan data riwayat survey nya hilang dan datanya tidak terdokumentasi dengan baik. Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, solusi yang dapat diterapkan adalah merancang sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis web dengan fasilitas yang disediakan, sehingga sistem ini akan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.
Referensi
F. Rahayu and H. Irawan, “PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) GUNA MEMBANTU MENINGKATKAN PELAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN STUDI KASUS: LEMBAGA PENDIDIKAN KUMON.”
V. Y. J. Ihramsyah, “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penjualan,” Jurnal Widya, vol. 4, no. 1, pp. 117–139, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/awl
L. Aziz Budiman, A. Rahman Hakim, D. Pratama, I. Elna Tsalatsah, and P. Rosyani, “Perancangan Sistem Informasi Nilai Siswa Berbasis Website,” 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.