IMPLEMENTASI MODEL RFM DAN ALGORITMA K-MEANS DALAM SEGMENTASI PELANGGAN PADA GALERI MAGRAN LIVING

Penulis

  • Fabio Rayhan Universitas Budi Luhur
  • Gandung Triyono

Kata Kunci:

Segmentasi Pelanggan, Model RFM, Algoritma K-Means, Elbow Method

Abstrak

Selama sebelas tahun berdiri, Galeri Magran Living belum menerapkan sebuah metode segmentasi pelanggan yang mendalam untuk mengetahui karakteristik pelanggan dari data yang ada. Kondisi ini dapat mengakibatkan pemasaran produk yang kurang tepat sasaran, dan dapat mengurangi kecenderungan pelanggan untuk berbelanja kembali di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada berapa jumlah kelompok pelanggan dan bagaimana karakteristik pelanggan di tiap-tiap kelompoknya. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk membantu pihak Galeri Magran Living khususnya bagian pemasaran untuk dapat merumuskan sebuah strategi pemasaran secara tepat agar dapat meningkatkan kecenderungan pelanggan dalam kembali berbelanja dan meningkatkan keuntungan. Penelitian ini menggunakan model RFM dan algoritma K-Means. Model RFM digunakan untuk bisa mengetahui skor dari kebiasaan pelanggan yang meliputi recency, frequency, dan monetary. Algoritma K-Means dipilih karena memiliki hasil klastering yang lebih baik dibanding algoritma lain khusunya pada segmentasi pelanggan. Hasil dari penelitian ini mendapatkan 4 buah klaster berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan elbow method untuk mencari jumlah klaster terbaik. Klaster 0 terdapat 193 pelanggan dengan persentase 24%, karakteristiknya berupa skor frequency dengan rata-rata 5,585 dan monetary dengan rata-rata 6,617 yang cukup tinggi tetapi skor recency dengan rata-rata 3,456 yang cukup rendah. Klaster 1 terdapat 177 pelanggan dengan persentase 22% yang merupakan klaster terbaik, karakteristiknya berupa ketiga skor recency, frequency, dan monetary yang tinggi dengan rata-rata recency 7,994, frequency 7,232, dan monetary 7,582. Klaster 2 terdapat 216 pelanggan dengan persentase 28% yang merupakan klaster terburuk, karakteristiknya berupa ketiga skor recency, frequency, dan monetary yang sangat rendah dengan rata-rata recency 2,852, frequency 0,556, dan monetary 1,769. Klaster 3 terdapat 203 pelanggan dengan persentase 26%, karakteristiknya berupa skor recency yang sangat tinggi dengan rata-rata 8,074 tetapi skor frequency dan monetary yang sangat rendah dengan rata-rata 1,571 dan 2,729.

Referensi

I. Maskanah, “Segmentasi Pelanggan Toko Purnama dengan Algoritma K-Means dan Model RFM untuk Perancangan Strategi Pemasaran,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 2, pp. 218-288, , 2020, doi: 10.35314/isi.v5i2.1443.

S. Jun Lee and K. Siau, “A review of data mining techniques,” Ind. Manag. Data Syst., vol. 101, no. 1, pp. 41–46, 2001.

A. Satriawan, R. Andreswari, and O. N. Pratiwi, “Segmentasi Pelanggan Telkomsel Menggunakan Metode Clustering Dengan RFM Model dan Algoritma K-Means,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 2, pp. 2876–2883, 2021, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/14687

K. Z. Wijaya, A. Djunaidi, and F. Mahananto, “Segmentasi Pelanggan Menggunakan Algoritma K-Means dan Analisis RFM di Ova Gaming E-Sports Arena Kediri,” J. Tek. ITS, vol. 10, no. 2, pp. 230- 237, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v10i2.67707.

A. T. Widiyanto and A. Witanti, “Segmentasi Pelanggan Berdasarkan Analisis RFM Menggunakan Algoritma K-Means Sebagai Dasar Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT Coversuper Indonesia Global),” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 204–215, 2021, doi: 10.24002/konstelasi.v1i1.4293.

D. Zheng, “Application of silence customer segmentation in securities industry based on fuzzy cluster algorithm,” J. Inf. &COMPUTATIONAL Sci., vol. 10, no. 13, pp. 4337–4347, 2013.

E. Barannikova, “Digital Marketing Strategy Bachelor of Business Administration,” 2023.

E. Umargono, J. E. Suseno, and V. G. S. K, “K-Means Clustering Optimization Using the Elbow Method and Early Centroid Determination Based on Mean and Median Formula,” Proceedings of the 2nd International Seminar on Science and Technology (ISSTEC 2019), vol. 474, 2019, pp. 121–129, 2020.

R. H. Zakariyya, “Customer Segmentation by using RFM Model and K-Mean Clustering in PT XYZ,” Telkom Univ, pp. 1–10, 2020.

S. Sajidah, R. Herdiana, and D. Solihudin, “Segmentasi Pelanggan Salon Nuii Beauty Glow Menggunakan K-Means Clustering,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 558–566, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6333.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Rayhan, F., & Triyono, G. (2024). IMPLEMENTASI MODEL RFM DAN ALGORITMA K-MEANS DALAM SEGMENTASI PELANGGAN PADA GALERI MAGRAN LIVING . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 811–520. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1515

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>